x

Iklan

Bella Julianti

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Makanan Buka Puasa Bagi Ibu Hamil yang Wajib Ada

apa saja si makanan buka puasa bagi ibu hamil yang wajib ada? Mari simak di bawah ini.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Puasa adalah hal yang baik untuk kesehatan jasmani dan rohani tak terkecuali mereka yang sedang hamil. Bagi anda perempuan hamil tak perlu khawatir ikut menjalani ibadah puasa selama anda sudah berkonsultasi dengan dokter dan dokter menyatakan anda aman untuk menjalani ibadah yang satu ini. Maka tidak ada halangan untuk anda tetap menjalani kewajiban anda sebagai seorang Muslimah yang baik.

Namun satu hal yang perlu diingat dalam menjalani ibadah puasa saat hamil adalah asupan gizi seimbang dengan konsumsi makanan buka puasa bagi ibu hamil tetap perlu anda prioritaskan.

Hal ini dikarenakan saat hamil tubuh anda sedang sangat membutuhkan asupan gizi dan nutrisi guna mendukung tumbuh kembang janin di dalam kandungan anda. Lantas apa saja si makanan buka puasa bagi ibu hamil yang wajib ada? Mari simak di bawah ini.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Awali Buka Puasa dengan Air Putih

Hal penting pertama dalam mengawali makanan buka puasa bagi ibu hamil adalah dengan segelas air putih. Tak hanya berlaku untuk wanita hamil, anjuran ini sebagaimana disampaikan oleh Rasulullah SAW. Dan rupanya, air putih sebagai pembuka menu puasa punya segudang manfaat dan alasan medis yang baik.

Tubuh kehilangan banyak cairan selama anda menjalani ibadah puasa. Maka dari itu, salah satu hal yang penting diutamakan adalah berusaha mengganti kehilangan cairan tersebut lewat air putih yang anda konsumsi saat berbuka puasa. Asupan air putih yang cukup akan menghindarkan kita dari dehidrasi.

Minimal selama berpuasa penuhi kebutuhan cairan sebanyak 8 gelas setiap harinya. Dimana pembagian kebutuhan tersebut bisa anda bagi dalam beberapa waktu makan yakni pada saat sahur dan berbuka. Jangan pula terburu mengkonsumsi minuman dingin karena hal ini akan mengakibatkan produksi asam lambung yang meningkat.

Konsumsi Makanan Manis dan Hangat

Selesai memenuhi kebutuhan cairan di dalam tubuh anda bisa melanjutkannya dengan konsumsi makanan manis yang hangat. Makanan manis amat direkomendasikan dan sudah terbukti khasiatnya bagi ibu hamil dan kesehatan janin yang ada di dalamnya.

Menurunnya takaran gula darah selama puasa akan membuat makanan manis menjadi penawar dari kondisi ini. Maka dari itu, santaplah makanan manis dan hangat hanya saja hindari makanan bersantan seperti kolak.

Jenis makanan manis yang disarankan adalah kurma anda bisa menyantap kurma bersama dengan susu yang dihangatkan. Kandungan vitamin B1 kompleks di dalam kurma akan baik dalam membantu gerak rahim menjadi lebih baik.

Jangan Terburu Makan Besar

Setelah selesai menyantap hidangan pembuka di atas sebaiknya jangan terburu menyedokkan nasi dan makanan besar lainnya dalam piring anda untuk disantap. Bagaimanapun lambung dan sistem pencernaan anda akan butuh waktu untuk mencerna makanan secara bertahap.

Maka dari itu, berikan jeda sementara dengan menunaikan ibadah shalat maghrib terlebih dahulu. Biarkan makanan yang anda konsumsi sebelumnya menjadi sinyal bagi sistem pencernaan bahwa waktu makan telah tiba dan bagian pencernaan perlu bersiaga.

Nah, baru selesai shalat silahkan santap makanan yang sudah anda hidangkan. Makanlah dengan perlahan dan hindari makan terlalu kenyang apalagi untuk anda yang sedang hamil besar karena mungkin kekenyangan akan semakin memberikan tekanan berupa engap pada bagian diafragma dan sistem pencernaan anda.

Nah, itulah dia beberapa menu makanan buka puasa bagi ibu hamil semoga ibadah puasa yang anda jalani selama hamil dapat berjalan dengan lancar dan menjadi pahala yang berlipat ganda. 

Ikuti tulisan menarik Bella Julianti lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Penumbra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu

Terpopuler

Penumbra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu