x

Iklan

Walter P

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

5 Pelajaran Tentang Karir dan Keuangan Dari Atlet Maraton

Sebuah perumpaan dan gambaran yang bisa kita pelajari dari atlet marathon dan kaitannya dengan keuangan pribadi maupun perkembangan karir.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Atlet maraton adalah mereka dengan daya tahan tubuh yang sangat kuat. Bagaimana tidak, saat berkompetisi mereka diharuskan untuk berlari dalam jarak yang sangat jauh mencapai puluhan kilometer.

Untuk menjadi juara, tentu harus ada proses persiapan panjang dan matang, belum lagi dalam mengimplementasikan teknik maupun strategi dalam berkompetisi.

Ternyata, ada pelajaran penting tentang keuangan dan karir yang bisa diambil dari seorang atlet maraton. Berikut ini 5 hal penting yang bisa Anda pelajari.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

1. Memiliki Komitmen Pada Tujuan Besar

Atlet maraton menetapkan tujuan besar dan mengejar kemenangan dengan tekad dan keberanian. Mereka tidak malas dan menunda sesuatu, tetapi membiasakan diri disiplin untuk menjadi yang terbaik.

Ingatlah bahwa yang terbaik tidak akan memberikan 50% atau 75% usaha, tetapi mereka mampu memberikan 100%.

Oleh karena itu, komitmen pada tujuan besar akan memperkuat keputusan dalam hal keuangan dan karir. Misal dalam hal keuangan, mampu membiasakan diri berinvestasi untuk keuangan masa depan secara rutin juga perlu komitmen agar benar-benar bisa konsisten dengannya.

2. Sukses Tidak Ada yang Instan

Semua kesuksesan dan keberhasilan dimulai dari langkah kecil yang dilakukan secara konsisten.

Para juara sejati tidak mengenal yang namanya sukses secara instan. Para juara akan berlatih setiap hari, bekerja lebih keras, berusaha lebih keras dari orang lain dan menolak untuk berhenti.

Hal ini tercermin dari bagaimana seseorang harus berjuang keras dari memulai hingga sukses, sehingga hasil kesuksesannya pun kemudian bisa dinikmati.

Dalam sebuah proses menuju kesuksesan, memang tidak akan ada yang instan. Bos besar Facebook harus memulai dari kamar asramanya hingga meninggalkan perkuliahan bergengsi di Harvard agar kemudian sukses dengan Facebook.

Begitu pun blogger ternama yang mampu meraup pendapatan pasif dari blognya sebesar ratusan juta setiap bulannya, dari membuat blog hingga menikmati hasilnya secara konsisten setiap bulan.

3. Mencari Pelatih Terbaik

Jalan paling efektif untuk menuju kesuksesan adalah menemukan seseorang yang sudah menguasai apa yang ingin Anda capai. Oleh karena itulah, para juara akan memilih pelatih atau mentor yang telah lebih dahulu sukses dan meraih apa yang mereka inginkan.

Mentor yang baik akan menyampaikan apa yang mereka ketahui untuk membantu siswa tetap berkomitmen meskipun ada kesulitan dan rintangan dalam prosesnya.

4. Bangkit Lagi Ketika Anda Terjatuh

John Maxwell adalah seorang penulis buku yang berjudul Failing Forward dan menekankan tentang pentingnya memaafkan kesalahan yang pernah dilakukan dan menemukan cara untuk meningkatkan kinerja di masa depan.

Dalam proses meraih kekayaan atau tujuan keuangan maupun karir, Anda pasti akan dihadapi dengan berbagai masalah dan kendala. Kegagalan dan kesalahan yang pernah dilakukan jangan dijadikan alasan untuk berhenti meraih impian.

5. Melakukan Usaha yang Lebih

Juara biasanya bersedia melakukan hal-hal kecil yang tidak mau dilakukan oleh banyak orang. Para atlet maraton juga demikian, mereka akan menyelesaikan latihan harian dalam kondisi cuaca apapun, mereka tetap berlari meskipun tidak menyukai rutinitas latihan, dan mereka sangat yakin bahwa rasa sakit yang diderita saat ini akan menghasilkan keuntungan dalam jangka panjang.

Bagaimana dengan Anda?

Langkah apa saja yang telah dilakukan untuk meraih tujuan keuangan di masa depan atau pun karir yang baik? Apakah proses mencapai tujuan tersebut telah dilakukan secara konsisten dan berkelanjutan? Masing-masing dari kita tentu harus menjawabnya dengan sangat hati-hati sembari berkaca ke diri sendiri dengan kondisi terkini.

Jika belum, dalam hal keuangan, maka mulai saat ini Anda harus membiasakan diri mengelola tujuan keuangan dengan benar. Misalnya dengan menabung, tidak belanja secara berlebihan, tidak berlebihan menggunakan kartu kredit, dan membiasakan diri berinvestasi.

Untuk investasi sendiri, Anda bisa mencoba saham, emas, obligasi pemerintah, reksa dana, hingga peer to peer lending. Dalam hal berinvestasi, Anda juga tentu perlu menerapkan 5 pelajaran penting yang telah dijabarkan di atas.

Bila memang saat ini modal investasi Anda terbatas, Anda bisa mencoba berinvestasi di peer to peer lending KoinWorks. Mulai dari Rp100.000, Anda sudah bisa memulai sembari mempelajari fundamental investasi.

Atau, Anda juga bisa mencoba berinvestasi di reksa dana dengan nominal yang lebih rendah. Oleh karena itu, dengan konsisten dan berkelanjutan, Anda lama-kelamaan akan sangat terbiasa untuk berinvestasi sehingga dapat mencapai tujuan keuangan dalam jangka panjang.

Dalam hal karir, Anda bisa terus belajar meningkatkan keahlian atau pun kemampuan, baik berupa soft skill maupun hard skill. Ada banyak sekali sumber daya yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kemampuan.

Mulai dari pemanfaatan teknologi informasi hingga mencari mentor seperti yang dijabarkan pada poin nomor 5 di atas. Atau, pelajari hal-hal baru di luar sana dengan cara traveling ke tempat-tempat baru, bertemu dengan orang baru, serta mengenal budaya baru juga akan sangat penting dalam membentuk pola pikir baru demi karir yang baik.

Yang paling penting, tetap saja adalah belajar melatihnya secara konsisten dan berkelanjutan, sama halnya seperti atlet maraton.

Nah, itulah 5 pelajaran keuangan dan karir dari atlet maraton yang bisa diterapkan dalam rangka mencapai tujuan keuangan dan karir yang telah ditetapkan. Semoga pembahasan di atas bisa memberikan banyak manfaat dan inspirasi.

Ikuti tulisan menarik Walter P lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler