x

Iklan

Bella Julianti

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Cara Membuat Ketupat Lebaran yang Tahan Lama dan Kenyal

Buat sendiri hidangan ketupat lebaran di rumah dengan cara membuat ketupat lebaran kali ini. Penasaran seperti apa? Mari simak informasinya di bawah ini.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Buat sendiri hidangan ketupat lebaran di rumah dengan cara membuat ketupat lebaran kali ini. Penasaran seperti apa? Mari simak informasinya di bawah ini.

Bahan-Bahan:

  • 1 kg beras (sesuai kebutuhan)
  • Air putih secukupnya
  • 15 buah bungkus ketupat
  • 2 lembar Daun pandan
  • Garam secukupnya
  • 1 sdm kapur sirih

Cara Membuat Ketupat Lebaran yang Tahan Lama dan Kenyal:

1. Langkah pertama yang akan dapat anda lakukan untuk membuat sajian ketupat lebaran kali ini adalah dengan terlebih dahulu mempersiapkan beras dan sebuah baskom dengan bagian yang carang.

2. Masukkan beras ke dalamnya lalu bersihkan berat dengan cara mengaduk-aduknya dengan merata. Lakukan pencucian beras selama beberapa kali guna memastikan jika air cucian beras sudah bening dan jernih. Ini menandakan jika beras sudah bersih dan siap diangkat.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

3. Siapkan sebuah baskom dengan ukuran yang sedang lalu masukkan beras ke dalamnya. Siram dengan air dan rendam sajian ini selama kurang lebih 30 menit agar beras menjadi lebih mengembang dengan merata.

4. Masukkan garam dan aduk-aduk merata lalu sisihkan beras dengan rendaman air tersebut selama beberapa saat.

5. Buang air rendaman beras dan tunggu sementara sampai beras agak kering. Baru setelah itu, campur dengan kapur sirih dan aduk merata lalu diamkan sementara.

6. Ambil bungkus ketupat kemudian anda akan dapat mengisikan beras ke dalamnya secukupnya saja. Lakukan cara yang sama pada bungkus ketupat yang masih ada dan sisihkan sementara.

7. Siapkan panci dengan ukuran yang besar dan masukkan ketupat ke dalamnya. Rendam dengan air dan rebus sajian ini selama kurang lebih 4 sampai dengan 5 jam sampai matang. Bila anda mendapati air sudah surut sebelum waktu matang tiba maka jangan sungkan menambahkan lebih banyak air ke dalamnya sampai ketupat benar-benar matang dengan merata.

8. Nah, setelah matang maka angkat sajian ini tiriskan sementara baru kemudian sisihkan. Nantinya anda akan dapat mengambil ketupat pada saat akan digunakan. Sisanya sebaiknya disimpan dengan baik agar ketupat lebih tahan lama.

Cara Menyimpan Ketupat Agar Tahan Lama

Tidak sedikit orang yang kebingungan mendapati ketupat mereka mudah sekali basi padahal baru dibuat kemarin malam atau sore tadi. Penyimpanan ketupat supaya tidak mudah basi memang ada tehniknya. Mari simak di bawah ini.

Simpan di Tempat Kering

Cara pertama yang dapat anda lakukan dalam menyimpan ketupat adalah memilih alas atau wadah yang kering. Cara ini dilakukan agar ketupat tidak mudah basi karena berada pada suhu yang lembab atau basah. Simpan ketupat dalam wadah yang carang dan terkena udara.

Simpan dengan Cara Digantung

Cara lain yang dapat anda lakukan pada saat menyimpan ketupat adalah dengan menggantungnya. Lewat cara ini ketupat akan berada di tempat yang aman dengan suhu ruangan yang pas. Menggantung ketupat akan tentu menghindarkannya dari tempat yang berair atau basah. Dengan begini maka ketupat akan tentu lebih tahan lama.

Jangan Masukkan ke Lemari Es

Meski lemari es berfungsi sebagai tempat menyimpan dan mengawetkan makanan akan tetapi untuk menyimpan ketupat tempat ini bukanlah tempat yang ideal. Udara dingin pada lemari es akan membuat ketupat menjadi lembab dan berair dan pada saat digunakan akan cenderung keras teksturnya. Maka dari itu, sebaiknya hindari meletakkan ketupat di dalam lemari es. 

Ikuti tulisan menarik Bella Julianti lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Epigenesis

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Epigenesis

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu