Memahami Jam Kerja Organ Tubuh Manusia - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

Pudentiana Rr Reno Enggarwati

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 4 Juli 2019

Senin, 7 Oktober 2019 15:49 WIB
  • Gaya Hidup
  • Pilihan
  • Memahami Jam Kerja Organ Tubuh Manusia

    Dibaca : 205 kali

    Pudentiana Rr R.E 1 Siti Nurbayani 2

     

    1. Hati atau Liver

    Waktu aktif organ ini bekerja adalah pada pukul 23.00 sampai dengan pukul 03.00. Selama periode tersebut organ hati melakukan aktivitas pembuangan racun hasil metabolisme dan terjadi proses regenerasi sel-sel organ hati.

    “Sangat disarankan pada jam – jam tersebut setiap orang memperhatikan agar sudah berhenti dari semua aktivitas termasuk menonton televisi. Menurut  Antony Kiro, herbalis dari daun hijau Mediabetea bahwa pada jam – jam tersebut sudah harus beristirahat tidur

    2. Paru-paru

    Pukul 03.00 sampai dengan pukul 05.00 merupakan jam kerja organ paru-paru dalam melakukan detoksifikasi yang mana umumnya di rentang waktu tersebut akan timbul batuk-batuk ataupun bersin-bersin, walaupun hal ini tidak terjadi pada setiap manusia, tergantung kondisi tubuh manusia tersebut.

    3. Usus besar

    Pukul 05.00 sampai dengan pukul 07.00 adalah  rentang waktu bagi organ usus besar sedang melakukan pekerjaannya yaitu membuang racun. Sedapatnya di antara waktu–waktu tersebut  melakukan aktifitas BAB (Buang Air Besar)

    4. Lambung

    Pukul 07.00 sampai dengan pukul 09.00 merupakan aktifitas kerja organ lambung dalam penyerapan makanan. Oleh sebab itu sebaiknya lambung jangan kosong atau mengkonsumsi menu sarapan penuh gizi dan serat alami sehingga aktifitas sepanjang hari lebih optimal

    5. Limpa

    Pukul 09.00 sampai dengan pukul 11.00 merupakan jam kerja organ limpa untuk mengirimkan hasil penyerapan lambung sebelumnya sehingga biasanya di rentang waktu tersebut raga terasa lesu dan mengantuk. Pada pukul 21.00 sampai dengan pukul 23.00 organ limpa juga sedang bekerja untuk melakukan pembuangan racun dan sedang melakukan proses regenerasi sel limpa

    6. Jantung

    Pukul 11.00 sampai dengan pukul 13.00 merupakan jam kerja organ jantung maka sebaiknya pada rentang waktu tersebut disarankan untuk mengurangi segala aktifitas fisik yang berat dan terik panas berlebihan disebabkan juga karena sifat jantung yang panas

    7. Usus kecil

    Pukul 13.00 sampai dengan pukul 15.00 merupakan jam kerja organ usus kecil dalam hal memelihara keseimbangan cairan di dalam tubuh, terutama untuk penyaluran dan pengaturan cairan

    8. Kandung kemih

    Pukul 15.00 sampai dengan pukul 17.00 merupakan  jam kerja  organ kandung kemih yaitu menerima cairan sisa dari usus kecil yang harus dikeluarkan dari dalam tubuh

    9. Ginjal

    Pukul 17.00 sampai dengan pukul 19.00 merupakan jam kerja organ ginjal dan secara teori Traditional Chinese Medicine yaitu memiliki hubungan yang sangat erat pertumbuhan dan perkembangan otak dengan sum-sum tulang belakang manusia. Pada rentang waktu tersebut apabila digunakan untuk kegiatan belajar putra–putri usia sekolah akan sangat baik sekali terutama anak usia balita apabila tidur pada waktu jam- jam tersebut maka akan sangat baik bagi pertumbuhan dan perkembangan otaknya

    10. Selaput jantung

    Pukul 19.00 sampai dengan pukul 21.00 adalah jam kerja selaput jantung (pericardium) maka disarankan untuk tidak lagi mengkonsumsi makanan apa pun karena pada jam ini organ lambung tidak melakukan aktifitasnya dalam mengolah makanan.

    Apabila dalam rentang waktu detoks tersebut dilewati, misalnya karena sering begadang memang pada awalnya tidak akan terjadi gangguan yang berarti namun  dampaknya baru akan terlihat dalam periode jangka panjang.

    Pada rentang waktu tersebut misalkan pukul 11 malam seharusnya sudah tidur namun masih saja beraktifitas/ bekerja bahkan masih memasukkan makanan ke dalam tubuh maka yang dapat terjadi adalah gangguan pada fungsi kerja hati dan mengacaukan metabolisme tubuh karena waktu kerja hati sedang mengeluarkan racun, justru memasukkan makanan dan membuat organ hati bekerja memecah gula untuk dijadikan energi. Terjadilah kekacauan sistem kerja organ hati, terlebih bagi orang yang rentan mengalami gangguan hati adalah mereka yang sering begadang dan mengonsumsi alkohol.

    Organ hati berperan penting dalam pelepasan racun sisa metabolisme, apabila  terganggu tubuh akan keracunan dan mengganggu kerja organ yang lain serta raga manusia tidak hanya ditopang oleh satu organ saja. Alam telah menyediakan berbagai bahan pangan yang mampu merawat keremajaan tubuh. Sebaiknya yang sudah menginjak usia 30-an mulai memerhatikan makanan dan minuman yang  dikonsumsi demi proses penuaan sehat dan alami

     Simak berbagai jenis makanan anti-aging berikut ini ;

    1. Alpukat

    Buah yang lezat ini ternyata sangat berkhasiat untuk mencegah penuaan dini. Kandungan lemak tak jenuh dan serat dalam alpukat baik untuk menjaga kesehatan jantung serta mencegah kanker. Rutin mengonsumsi alpukat akan membantu menurunkan kolesterol Anda. Selain itu, alpukat juga kaya akan vitamin E yang mampu merangsang produksi kolagen agar kulit tetap kenyal dan cerah, jauh dari keriput.

     

    1. Delima merah (pomegranate)

    Tak perlu khawatir dengan kulit keriput dan munculnya garis-garis halus pada wajah jika Anda sering makan buah delima merah. Polifenol yang terdapat dalam buah ini mampu melawan radikal bebas dan vitamin C yang tinggi mampu melindungi kulit dari sengatan sinar matahari. Sementara itu, senyawa pulicanagin akan membantu tubuh menyimpan kolagen dan menjaga kesehatan jaringan kulit

     

    1. Blueberry, raspberry, blackberry

    Selain rasanya nikmat, buah-buahan ini juga bisa membantu meremajakan tubuh karena tingginya kandungan antioksidan. Antioksidan akan melawan radikal bebas yang menyerang Anda lewat polusi, sinar matahari, dan berbagai bahan-bahan kimia berbahaya. Selain itu, berbagai vitamin dan nutrisi yang terdapat pada buah-buahan ini ampuh untuk mencegah kerusakan sel dalam tubuh

     

    1. Semangka

    Kandungan vitamin A, C, dan E yang tinggi dalam semangka menjadikan buah ini efektif untuk mencegah kulit keriput. Tak hanya merawat kulit, semangka pun bisa menjadi jawaban untuk masalah seksual pasangan yang tengah melalui proses penuaan. Buah ini mengandung asam amino yang mampu melancarkan peredaran darah dengan melebarkan pembuluh darah. Fungsi ini sangat berguna bagi Anda yang mengalami kesulitan mencapai ereksi atau ejakulasi karena usia

     

    1. Kacang-kacangan

    Berbagai jenis kacang-kacangan seperti kacang merah, kacang almond, kacang tanah, dan kacang mete adalah pilihan yang tepat untuk mencegah penuaan dini. Kacang kaya akan protein, serat, dan omega-3 namun bebas dari lemak jenuh. Untuk menjaga fungsi otak dan melawan radikal bebas, ganti camilan asin Anda jadi kacang-kacangan yang lebih sehat

     

    1. Jamur

    Jamur kaya akan berbagai mineral seperti kalium dan selenium yang berkhasiat untuk mencegah penuaan dini, terutama pada saraf otak Anda. Selain itu, jamur juga berfungsi sebagai antikanker berkat kemampuannya membunuh serta memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak. Untuk mencegah berbagai penyakit, jamur juga bisa mendorong sistem kekebalan tubuh Anda untuk melawan berbagai jenis virus dan bakteri

     

    1. Bayam

    Jenis sayuran hijau tua, terutama bayam, memiliki segudang manfaat untuk menjaga keremajaan tubuh. Kandungan fitonutrien pada sayur ini akan membantu melindungi kulit dari sinar UV matahari. Bayam juga kaya akan beta-karoten dan lutein yang efektif untuk menjaga kekenyalan serta kelembapan alami kulit

     

     

    1. Ikan

    Ikan yang hidup di air bersuhu dingin seperti salmon dan sarden ampuh untuk mencegah penyakit jantung dan stroke berkat kandungan asam lemak omega-3. Anda juga bisa menjaga keremajaan kulit karena ikan juga bisa memperkuat membran-membran sel pada kulit. Kulit Anda pun senantiasa lembap dan lembut meski sudah bertambah usia

     

    1. Cokelat

    Usahakan untuk memilih cokelat pahit atau dark chocolate daripada milk chocolate atau white chocolate yang mengandung berbagai bahan tambahan seperti gula dan lemak. Camilan sehat yang satu ini kaya akan antioksidan. Anda pun tak perlu lagi merasa bersalah kalau sedang ingin ngemil sesuatu. Pasalnya, makan cokelat ternyata bisa bikin awet muda

     

    1. Yogurt

    Seiring bertambahnya usia, kepadatan tulang Anda akan semakin berkurang. Untuk menyiasatinya, Anda bisa mengonsumsi yogurt yang rendah lemak dan bebas gula secara rutin. Yogurt kaya akan kalsium dan berbagai nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh agar tetap bugar di usia tua.

     


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.