x

Iklan

tuluswijanarko

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Jumat, 8 November 2019 08:35 WIB

Kencang Bersafari Politik, Apa yang Kau Cari Surya Paloh?

Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh, seperti ingin menunjukkan kepiwaiannya berselancar di gelombang dunia politik yang dinamis. Dalam empat bulan terakhir, dia melakukan safari politik bertemu dengan beberapa tokoh nasional.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh, seperti ingin menunjukkan kepiwaiannya berselancar di gelombang dunia politik yang dinamis. Dalam empat bulan terakhir, dia melakukan safari politik bertemu dengan beberapa tokoh nasional, termasuk ketua umum partai poliitk di luar koalisi pemerintah.

Koran Tempo, edisi Jum’at, 8 November mendata, setidaknya Surya Palon bertemu dengan lima tokoh sejak bulan Juli.  Berikut ini orang-orang yang bertemu dengan Surya Paloh.

 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sohibul Iman

Surya dan bertemua  Presiden Partai Keadilan Sejahtera Sohibul Iman pada Rabu, 30 Oktober 2019 di Kantor DPP PKS di Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan.  Dalam pertemuan ini Paloh mengklaim belum membicarakan peluang koalisi NasDem dan PKS. Ketua DPP Partai Nasional Demokrat (NasDem) Willy Aditya menggunakan istilah taaruf atau perkenalan untuk menggambarkan pertemuan itu. "Ini istilahnya kami masih taaruf," ujar Willy dalam sebuah diskusi di Jakarta, Sabtu, 2 November.

Usai taaruf itu. Paloh dan Sohibul mengekspresikan kedekatannya dengan berangkulan erat.

Prabowo Subianto

Surya Paloh mengundang Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo ke kediamannya di kawasan Permata Hijau. Dalam pertemuan bertarikh 13 Oktober 2019 itu, Paloh memberi karpet merah jika Partai Gerindra, yang diketuai Prabowo, bisa bergabung dengan koalisi pendukung pemerintah.

Paloh tak lepas-lepas tersenyum seusai bertemu Prabowo Subianto. Pertemuan dua ketua umum partai itu berlangsung sekitar dua.

 

Pertemuan Ketua Umum PKB, PPP, NasDem, dan Golkar

Pada 25 Juli 2019, Paloh menginisiasi pertemuan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa Muhaimin, Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan Suharso Monoarfa, dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. Persamuhan digelar tanpa kehadiran perwakilan Koalisi Indonesia Maju lainnya: Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Partai Hanura, Partai Bulan Bintang, Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia, serta Partai Solidaritas Indonesia.

Anies Baswedan

Pertemuan Paloh dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terlaksana pada 24 Juli. Paloh menyatakan Anies masih menyimpan banyak potensi untuk mengabdi kepada masyarakat. Paloh mendukung Anies jika maju menjadi calon presiden pada 2024. Surya menilai Anies salah satu tokoh yang memenuhi kapasitas dan kapabel. “Insya Allah (mendukung Anies) semuanya sejalan dengan arah partai,” kata Paloh dalam konferensi pers seusai pertemuan itu, di DPP Partai NasDem, Jalan Suroso, Gondangdia, Jakarta, Rabu 24 Juli 2019.

Muhaimin Iskandar

Surya Paloh mengundang Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa Muhaimin Iskandar ke kantornya, di Jakarta Pusat, pada 22 Juli lalu. Muhaimin mengatakan tujuannya untuk mempersolid koalisi partai pendukung pemerintah.

Apa makna semua pertemuan itu? Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno menilai, NasDem sedang mencari teman baru di luar koalisi guna menjaga keseimbangan politik. "Karena sejak awal pembentukan kabinet, Koalisi Jokowi mulai menampakkan gejala tak solid," ujar Adi Senin, 4 November 2019.

Selain itu, manuver partai itu dinilai untuk membangun jembatan untuk kebutuhan politik jangka pendek dan panjang. Jangka pendek, kata Adi, merujuk pada Pilkada Serentak 2020. Sementara jangka panjang, menuju pemilu 2024.

Adapun Peneliti Departemen Politik dan Hubungan Internasional Center for Strategic and International Studies (CSIS), Arya Fernandes, menilai manuver Surya Paloh tengah membangun koalisi anyar. Poros politik baru, kata dia, akan dibentuk demi kepentingan pemilihan presiden lima tahun mendatang. “Surya Paloh dan NasDem sedang mencari pasar pemilih baru,” kata Arya, kemarin.

Ikuti tulisan menarik tuluswijanarko lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler