x

Iklan

Eh.iwann Cc

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 13 Desember 2019

Jumat, 13 Desember 2019 12:48 WIB

Tarik ulur APBD Kuansing 2020

TARIK ULUR APBD KUANSING 2020 Baru saja reda hiruk pikuk tentang APBD perubahan 2019, kabupaten kuansing ini akan dihadapkan lagi pada kemelut APBD 2020. Tampaknya kemelut APBD 2020 ini tidak akan kalah serunya dari kemelut APBD Perubahan 2019

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Baru saja reda hiruk pikuk tentang APBD perubahan 2019, Kabupaten Kuansing ini akan dihadapkan lagi pada kemelut APBD 2020. Tampaknya kemelut APBD 2020 ini tidak akan kalah serunya dari kemelut APBD Perubahan 2019.

Kemelut yang terjadi, yaitu eksekutif sudah memasukan rancangan KUA dan rancangan PPAS sejak 12 juli 2019, tapi sampai akhir jabatan DPRD periode 2014-2019 rancangan KUA-PPAS ini tidak pernah dibahas, bahkan tahapannya tidak pernah dijadwalkan. Padahal rancangan KUA-PPAS itu dimasukan eksekutif sudah sesuai dengan tahapan yang diatur dalam Permendagri 33 tahun 2019 tentang pedoman penusunan APBD 2020 dan PP nomor 12 tahun 2019 tentang pengelolaan keungan daerah yakni minggu kedua bulan juni

Dalam pasal 91 PP nomor 12 tahun 2019 secara sangat jelas disebutkan rancangan KUA-PPAS yang tidak disepakati terhitung enam minggu sejak rancangan KUA-PPAS itu disampaikan ke DPRD, maka kepala daerah diharuskan menyampaikan rancangan Perda APBD. Artinya bedasarkan pasal 91 PP nomo 12 tahun 2019 secara implisit sudah disebutkan bahwa rancangan KUA-PPAS yang tidak disepakati terhitung enam minggu sejak disampaikan ke DPRD sudah ditetapkan sebagai KUA-PPAS yang bisa dijadikan dasar penyusunan RKA.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Karena waktu enam minggu itu sudah terlewati, eksekutif sudah menyampaikan rancangan Perda ke DPRD untuk dibahas. Herannya lagi , sampai akhir masa jabatan DPRD periode 2014-2019, rancangan KUA-PPAS dan rancangan Perda APBD 2020 tidak pernah dibahas.

Kini DPRD mulai menjadwalkan pembahasan APBD 2020, bahkan disejumlah media masa Ssekwan Mastur menyebutkan pembahasan akan dimulai dari pembahasan KUA-PPAS, imi tentu akan menimbulkan polemik karena KUA-PPAS yang akan dibahas itu sudah memiliki kekuatan hukum.
KUA-PPAS itu sudah bisa dijadikan dasar bagi OPD untuk menyusun RKA yang akan dijadikan draft rancangan Perda APBD 2020. Bahkan draft rancangan Perda APBD 2020 sudah disampaikan pula ke DPRD, namun selama ini tidak pernah pula dibahas.

Kalaulah alasan DPRD untuk membahas KUA-PPAS ini karena pergantian periode ini tentulah sangat tidak tepat dan tidak memiliki dasar hukum. Sebab tahapan-tahapan pembahasan dan pelaksanaan APBD bukan mengacu pada periodeisasi.

Dicontohkan ketika psangan Mursini-Halim dilantik 1 Juni 2016, pasangan yang dilantik sebagai kepala daerah dan wakil kepala daerah ini diharuskan melaksankan APBD 2016 yang disusun melalui tahapan pada perode pemerintah sebelumnya.

Begitu pula anggota DPRD yang dilantik 9 September 2019 lalu, mereka tidak perlu mengulang tahapan pembahasan APBD yang sudah dilewati pada periode sebelumnya. Mereka tinggal melanjutkan tahapan pembahasan yang belum dilalui. Pembahasan dan pelaksanaan APBD tidak tergantung pada periodeisasi.

Kalaulah alasan DPRD karena pergantian periode, sudah disebutkan tadi, sangatlah tidak tepat dan tidak memiliki dasar hukum. Bagaimana kalau pergantian periode anggota DPRD itu berlangsung dipenghujung November, tentu tidak ada lagi pembahasannya.

KUA-PPAS itu sudah memiliki kekuatan hukum apa perlu dibahas lagi? Namun demkian, tentulah tidak ada kusut yang tidak bisa diselesaikan. Disinilah nanti diminta komunikasi yang baik antara legislatif dan eksekutif agar eksekutif bersedia membahas ulang KUA-PPAS.

Dengan membangun komunikasi untuk sebuah iktikad yang baik tentulah semua pihak akan bisa menerima. Namun demikian, tentu perlu pula kita beri catatan agar kedepan DPRD menjadwalkan tahapan pembahasan APBD itu harus mengacu pada peraturan perundang-undangan.

Tahapan pembahasan APBD sudah diatur dalam Permendagri 33 tahun 2019 tentang Pedoman penyusunan APBD 2020 dan PP nomor 12 tahun 2019 tentang pengelolaan keungan daerah. Disitu jelas sekali tahapannya dan tahapan-tahapan itu harus dipatuhi serta dijadikan acuan untuk menyusun jadwal pembahsan.

Ikuti tulisan menarik Eh.iwann Cc lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler