x

Dandim 0815 Letkol Inf Dwi Mawan Sutanto, SH., saat menijau Rehab Rutilahu di wilayah Kutorejo

Iklan

Anan Alkarawangi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Senin, 16 Desember 2019 14:08 WIB

Tingkatkan Standar Hidup Layak, Kodim 0815 Mojokerto Renovasi 432 Unit Rutilahu

Mojokerto, - Kodim 0815 Mojokerto mengerahkan ratusan personelnya di seluruh Koramil jajaran untuk menuntaskan pengerjaan 432 unit rumah tinggal layak huni (Rutilahu) di 20 kecamatan se-wilayah Kabupaten dan Kota Mojokerto. Program Rutilahu ini merupakan kerja sama Kodam V/Brawijaya dan Pemerintah Propinsi Jawa Timur pada tahun 2019 ini bertujuan untuk membantu masyarakat dalam mencapai standar hidup yang layak terutama dalam pemenuhan kebutuhan papan (perumahan).

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Mojokerto, - Kodim 0815 Mojokerto mengerahkan ratusan personelnya di seluruh Koramil jajaran untuk menuntaskan pengerjaan 432 unit rumah tinggal layak huni (Rutilahu) di 20 kecamatan se-wilayah Kabupaten dan Kota Mojokerto.

Program Rutilahu ini merupakan kerja sama Kodam V/Brawijaya dan Pemerintah Propinsi Jawa Timur pada tahun 2019 ini, Tujuan program adalah membantu masyarakat dalam mencapai standar hidup yang layak terutama dalam pemenuhan kebutuhan papan (perumahan).

Demikian diungkapkan Dandim 0815 Mojokerto Letkol Inf Dwi Mawan Sutanto, SH., saat meninjau pengerjaan Rutilahu di Desa Karangdiyeng Kecamatan Kutorejo Kabupaten Mojokerto, Minggu (15/12/2019).

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Program Rutilahu ini juga bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat sehingga kualitas hidup masyarakat semakin meningkat. “Ini program strategis karena rumah merupakan kebutuhan dasar bagi semua manusia termasuk kaum fakir,” kata dia. 

Lebih lanjut Dandim menegaskan, untuk tahun 2019 ini Kodim 0815 Mojokerto mendapat alokasi 430 unit yang tersebar di 19 Koramil dan 1 Pos Ramil serta 2 unit over prestasi. Dengan alokasi tersebut, dalam setiap hari sedikitnya kita mengerahkan 500-an personel untuk mengerjakannya.

“Namun tentunya dengan keterbatasan personel tersebut, dalam pelaksanaanya dilakukan bersama-sama masyarakat, minimal tetangga dan warga penerima bantuan,” ungkapnya.

Masih lanjut Dandim, dari alokasi tersebut, wilayah Koramil yang paling banyak menerima Rutilahu yaitu Koramil 18/Gondang dengan jumlah 35 unit dan paling sedikit Koramil 01/Prajurit Kulon sejumlah 4 unit, untuk wilayah Koramil lainnya rata-rata antara 5 unit sampai dengan 28 unit.  

Dandim 0815 Letkol Inf Dwi Mawan Sutanto, SH., berbincang dengan warga saat meninjau Rehab Rutilahu di wilayah Koramil Kutorejo

“Untuk penerima bantuan Rutilahu sendiri ada sejumlah kriteria yang dipersyaratkan, diantaranya pendapatan di bawah UMK daerah setempat, lantai rumah beralaskan tanah, tidak ada ventilasi dan sejumlah persyaratan lainnya, dan ini juga melalui survey Babinsa dan perangkat desa”, jelas Dandim.  

Ketika disinggung progress report program tersebut, Dandim mengatakan, kemajuan fisik dari Rutilahu hingga saat ini sudah hampir 100% meskipun saat ini di wilayah Mojokerto sudah memasuki musim penghujan.

Pada kesempatan tersebut, Letkol Inf Dwi Mawan Sutanto, SH., sempat bercengkerama dengan sejumlah penerima bantuan Rutilahu di Dusun Jaringansari, Pak Markali dan Ibu Paining di Dusun/Desa Karangdiyeng.

Turut serta mendampingi Dandim 0815 yakni Plh. Danramil 0815/13 Kutorejo, Kapten Inf Benny Irawan, A.Md., Pasiter Kodim 0815 Kapten Inf Herman Hidayat beserta Staf, Anggota Koramil Kutorejo, Babinsa, Bhabinkamtibamas dan Kades setempat.

Ikuti tulisan menarik Anan Alkarawangi lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu