x

Iklan

Ulfah

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Senin, 13 Januari 2020 12:11 WIB

Sertifikasi Kompetensi BNSP Sama Pentingnya Seperti Ijazah Pendidikan

Sertifikasi Kompetensi Berlisensi BNSP sama pentingnya seperti Ijazah pendidikan, karena sertifikasi ini mencantumkan kompetensi-kompetensi seseorang yang terbukti dan diakui secara Nasional.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Di jaman Globalisasi ini perlombaan kerja kian hari kian meningkat dan banyak kompetisi baik itu terjadi dari dalam negeri maupun luar negeri. Agar dapat berlomba-lomba dalam bisnis serta mendapatkan kedudukan yang unggul pada persaingan ekonomi dunia pada sekarang ini, untuk masing-masing SDM dituntut untuk mampu mendapatkan keterampilan dan keahlian yang terakreditasi secara hukum.

sertifikasi BNSP

Bagi setiap individu apabila dapat mendalami banyak materi dan keahlian yang ada di profesi yang digelutinya, dan dengan adanya penilaian yang absah secara hukum kalau benar-benar tenaga kerja itu kompeten, bisa jadi tenaga kerja tersebut berkesempatan menemukan posisi di dunia kerja yang lebih baik, terlebih untuk profesi yang digelutinya untuk ke depannya pun bisa dipastikan akan semakin berkembang.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Untuk mewujudkan rencana tersebut, maka negara menciptakan program dan membentuk Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) untuk melaksanakan program sertifikasi profesi BNSP. Sertifikat BNSP ini nantinya dapat dimanfaatkan menjadi rekomendasi dan aktualitas bahwa yang bersangkutan memang memiliki kemampuan dan keahlian di bidangnya, yang kemudian juga sertifikasi profesi BNSP tersebut sah secara hukum dan bersifat nasional.

Sertifikasi profesi tidak hanya dapat digunakan untuk beberapa pekerjaan di suatu daerah saja, akan tetapi bisa dimanfaatkan untuk mencari kesempatan berkarier hingga ke mancanegara, karena sudah diakui juga oleh negara-negara lainnya.

BNSP dibentuk dengan fungsi untuk meningkatkan dan mengembangkan rekognisi daya saing tenaga kerja di dunia perindustrian. Sertifikasi profesi BNSP hanya memiliki dua ketetapan, yaitu Kompeten atau Belum Kompeten.

Prosedur yang mesti dilewati untuk memperoleh sertifikasi profesi BNSP pun tidak sesederhana memperoleh sertifikasi seperti yang lain, proses untuk memiliki sertifikasi profesi BNSP ini tenaga kerja yang bersangkutan akan diuji dengan melewati bermacam-macam tahapan-tahapan. Apabila orang yang terkait mendapatkan hasil nilai yang baik dan memenuhi dari ketentuan, setelah itu akan ditetapkan lulus selanjutnya akan diberi sertifikat BNSP.

Ikuti tulisan menarik Ulfah lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler