x

Iklan

Yusuf Kurnia

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 20 Februari 2020

Kamis, 20 Februari 2020 16:17 WIB

Pengertian Bahasa Program dan Fungsinya

Ketika Anda ingin menjalan sebuah program, tentu untuk menjalankan perintah diperlukan bahasa pemograman. Karena sebuah program tentu terdapat  bahasa pemrograman yang menjadi bagian instruksi standar yang mana untuk memerintah komputer dalam menjalan programnya. Akan tetapi sebenarnya apa pengertian bahasa program ini? untuk lebih jelasnya simak uraian berikut ini.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Ketika Anda ingin menjalan sebuah program, tentu untuk menjalankan perintah diperlukan bahasa pemograman. Karena sebuah program tentu terdapat  bahasa pemrograman yang menjadi bagian instruksi standar yang mana untuk memerintah komputer dalam menjalan programnya. Akan tetapi sebenarnya apa pengertian bahasa program ini? untuk lebih jelasnya simak uraian berikut ini.

Apa itu bahasa program?

Ketika berinteraksi dengan manusia tentu Anda menggunakan bahasa yang dapat dipahami oleh keduanya agar obrolan yang nyambung bisa diciptakan. Karena jika bahasa Anda gunakan tidak dimengerti oleh lawan bicara tentu suasana obrolan yang tidak nyambung mungkin akan Anda rasakan. Untuk berkomunikasi dengan komputer juga diperlukan suatu sarana agar perintah bisa dijalankan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Bahasa program adalah sebuah perintah yang mana berguna untuk dapat menjalankan perintah pada komputer aga dapat berfungsi pada suatu keadaan tertentu. Dalam hal ini bahasa program hanya berkutat perintah standar saja. Mendefinisikan suatu program yang ada merupakan bagian dari fungsi bahasa program. banyak macam-macam bahasa program yang ada.

Bagi Anda yang mengerti tentang seluk beluk bahasa program maka akan dapat memilah data dengan baik. Seperti misalnya memilah data mana yang seharusnya di simpan. Selain itu jika Anda juga akan mengetahui data yang perlu diproduksi. Kemudian, dengan mengetahui bahasa program ini pada setiap situasi Anda dapat mengetahui langkah apa yang sebaiknya dilakukan.

Pada suatu aplikasi tentu memerlukan suatu pengembangan agar aplikasi tersebut nyaman ketika dipakai oleh penggunanya. Dalam mengembangkan suatu aplikasi, bahasa program merupakan bagian dari cara seseorang berinteraksi dengan mesin. Dengan bahasa program ini pula mesin akan dapat menerjemahkan fungsi tertentu.

 

Fungsi dari bahasa program

Setelah mengetahui pengertian bahasa program, Anda juga perlu mengetahui fungsinya. Mengingat bahasa program ini sangat dibutuhkan oleh seseorang agar bisa menghasilkan aplikasi yang nyaman ketika digunakan oleh pengguna. Biasanya orang yang mengerti dan memahami seputar bahasa program disebut sebagai programmer.

Progammer inilah yang memiliki kuasa untuk mengembangkan aplikasi yang sedang dirintis agar bisa bermanfaat untuk banyak orang. Maka dari itu, seorang programmer harus mengetahui dengan baik hal-hal tentang bahasa program. Contohnya ketika Anda ingin mengembangkan aplikasi belanja online maka setiap tools yang ada di dalamnya harus benar-benar diperhatikan untuk meminimalisir error.

Bahasa program ini memiliki fungsi yang beragam. Untuk lebih jelasnya Anda bisa menyimak ulasan berikut ini.

Sarana untuk mengembangkan suatu sistem

Di zaman yang serba canggih ini, beberapa aplikasi telah banyak Anda temui. Hampir semua orang yang mempunyai smartphone memiliki aplikasi yang berguna untuk memudahkannya dalam menjalankan kegiatan tertentu. Misalnya seperti whatsapp yang dapat digunakan sebagai media komunikasi agar lebih mudah. Anda bisa mengirim pesan suara, tulisan, atau video.

Selain whatsapp terdapat juga aplikasi lainnya yang tak asing di kalangan masyarakat. Seperti dalam hal belanja online tentu Anda mengenal Tokopedia, Shopee, Lazada, dan lain sebagainya. Kemudian dalam hal transportasi ada Gojek dan Grab yang telah beredar di luas di berbagai wilayah di Indonesia.

Sebagai sarana komunikasi dengan developer

Untuk menjalin komunikasi yang baik, tentu penggunaan bahasa yang dapat dipahami kedua belah pihak sangat dibutuhkan. Untuk menjalin interaksi dengan mesin memerlukan bahasa program agar dapat menjalankan perintah tertentu. Akan tetapi perlu diketahui bahwa untuk berinteraksi dengan mesin tentu terdapat bahasa tersendiri berbeda dengan bahasa manusia.

Itulah ulasan tentang pengertian bahasa program dan fungsinya. Selain fungsi yang disebutkan diatas masih banyak fungsi yang lain dari bahasa program. Semoga tulisan ini dapat memberikan manfaat bagi Anda yang ingin mengetahui hal-hal yang berkenaan tentang bahasa program.

 

Ikuti tulisan menarik Yusuf Kurnia lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler