x

Iklan

Elvanius Brilliant

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 20 Februari 2020

Rabu, 26 Februari 2020 06:00 WIB

3 Tip Public Speaking agar Anak Anda Makin Percaya Diri

Tanpa Skill Public Speaking, akan lebih sulit menaiki tangga kesuksesan, apapun bidangnya.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Kalau Anda search di Google tip meningkatkan skill public speaking anak, Anda akan temukan cukup banyak artikel yang membahas bagaimana cara meningkatkan skill itu pada anak sehingga lebih percaya diri. Sampai terkadang banyak orang tua yang bingung mana yang benar-benar efektif dan terbukti.

Public Speaking merupakan sebuah ketrampilan yang sangat penting. Tanpa hal itu, akan lebih sulit menaiki tangga kesuksesan, apapun bidangnya.

Seorang siswa dituntut untuk mampu membawakan presentasi di depan kelas. Seorang karyawan dituntut mampu berkomunikasi dengan tim atau atasan. Seorang tokoh agama dituntut untuk mampu membawakan cerama/khotbah. Sampai di sini, kita bisa melihat dengan jelas bahwa kemampuan public speaking sangat menentukan kesuksesan kita.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Nah, melalui artikel ini, saya telah meringkasnya menjadi 3 tip public speaking yang diajarkan oleh Miss Merry Riana (Entrepreneur, Influencer, Educator) yang bisa anak Anda terapkan. Ya, cukup dengan 3 tip ini saja, kalau Anda ajarkan kepada anak Anda dan dipraktekan, akan membuahkan hasil!

Ada 3 ‘P’ yang perlu anak Anda ingat dan praktekan untuk meningkatkan skill public speaking. Apa saja? Simak selengkapnya!

 

  1. PREPARE

Sebelum tampil, anak Anda harus memiliki persiapan mental yang baik. Selain itu, anak Anda harus menguasai topik yang akan dibawakan. Bukan sekedar menghapal materi, tapi betul-betul paham. Sehingga ketika berada di depan panggung, anak bisa membawakan materi dengan luwes dan baik. Jadi, selalu persiapkan diri sebaik mungkin sebelum tampil di depan panggung.

 

  1. PRACTICE

Setelah memahami materi dengan baik, anak harus mulai mempraktekannya. Cara paling mudah dan terbukti ampuh adalah dengan berdiri di depan kaca sambil melakukan presentasi. Lakukan ini berulang-ulang, niscaya anak Anda akan mampu membawakan presentasi dengan baik.

 

  1. PERFORM

Setelah memiliki persiapan yang matang dan telah berlatih melalui praktek, tips terakhir untuk meningkatkan skill public speaking anak adalah perform. Tetapi di sinilah masalahnya, kebanyakan anak takut untuk mencoba. Betul?

Takut salah, takut di-bully, takut gak bisa, takut nge-blank, takut kehabisan kata-kata.

Padahal, tanpa perform anak tidak akan pernah bisa menguasai public speaking. Karena public speaking adalah skill. Sama seperti renang. Anak tidak akan bisa meningkatkan ketrampilan hanya dengan membaca buku dan menguasai teori saja, tetapi harus mencoba.

Lalu bagaimana solusinya?

Anda bisa coba mulai mengikutsertakan anak Anda ke program public speaking yang memang dirancang khusus untuk anak remaja.

Dengan Anda terus memperlengkapi anak Anda melalui program berkualitas, anak Anda akan memiliki skill public speaking yang baik dan semakin percaya diri.

 

Semoga bermanfaat.

 

Ikuti tulisan menarik Elvanius Brilliant lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB