x

By: seotechman.com

Iklan

Seo Techman

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 28 Februari 2020

Sabtu, 29 Februari 2020 17:56 WIB

Pengertian, Tujuan Utama, dan Sejarah SEO yang Sudah Ada Sejak Dulu

Inilah pengertian dan sejarah SEO yang sudah ada sejak dulu kala.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pada umumnya, pengertian SEO atau biasa disebut "Search Engine Optimization" adalah salah satu serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan algoritma mesin pencari tersebut.

 

Tujuan Utama Dari SEO

#1. Meningkatkan Trafik

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Tujuan utamanya dari SEO yaitu menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan trafik pengunjung (Audiens).

#2. Meningkatkan Penjualan

Bagi sebagian situs yang menjalankan bisnisnya di bidang online shop tentunya dengan memanfaatkan SEO sangatlah menguntungkan, seperti contohnya: Lazada dan Bukalapak yang menjual berbagai produk macam alat-alat seperti laptop, gitar, jam, handphone dan masih banyak lagi. 

Ketika seseorang hendak mencari sebuah produk dengan mengetikkan kata kunci "Beli Laptop", karena kebanyakan dari olshop jaman sekarang sudah menggunakan Optimasi SEO yang sempurna maka sangat mudah situs tersebut muncul dengan kata kunci yang diketik tadi pada urutan teratas.

 

Sejarah SEO (Search Engine Optimization) Yang Sudah Terlahir Sejak Dulu

Mungkin ini sudah menjadi sangat familiar belakang ini, kenapa? Karena dengan meningkatnya perkembangan teknologi dan semakin banyaknya persaingan dalam dunia marketing, dan tidak sedikit juga para pebisnis yang mulai merambah ke dunia online marketing. Berbagai macam cara di lakukan untuk menjalankan online marketing walau dengan kursus SEO yang mempelajari mengenai teknik dari digital marketing.

Nah ternyata, SEO sudah ada sejak dulu yang di pergunakan oleh para blogger. Menurut Danny Sullivan, teknik SEO ini pertama kali muncul melalui pesan spam yang terposting di Usenet. Pada saat Algoritma mesin pencari masih sederhana sehingga dengan sangat mudah dimanipulasi oleh webmaster.

Sejarah awal terlahir nya SEO ini pertama kali di gunakan pada tanggal 26 Juli 1997, yang pada saat itu sistem Algoritma masih sepenuhnya bergantung pada Meta Tag di Kode Html maka memudahkan para webmaster untuk memanipulasi meta tag dengan menuliskan kata kunci yang tidak relevan dengan konten situs yang sebenarnya. Hal ini menimbulkan kesalahan pemeringkatan dan penempatan situs tersebut pada mesin pencari.

Dalam kasus ketidakakuratan hasil pencarian tersebut yang menimbulkan kerugian di mesin pencari dan juga bagi para pengguna internet yang ingin mencari informasi yang berkualitas dan relevan. Dengan adanya masalah ini, maka dua mahasiswa doktoral dari ilmu komputer dari Universitas Stanvord yaitu Larry Page dan Sergey Brin berusaha untuk mengatasi masalah tersebut dengan membangun Backrup.

Apa itu Backrup?

Backrup adalah sebuah mesin pencari sederhana yang mengandalkan perhitungan matematika untuk meningkatkan halaman Web. Algoritma tersebut yang akhirnya di kenal dengan nama PageRank. Sedangkan Backrup sendiri hanyalah sebuah permulaan pada tahun 1998, Page dan Brin mendirikan Google yang merupakan versi tingkat lanjut dari Backrup.

Kurang lebih seperti itulah sejarah singkat tentang SEO. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan Anda semua.

Ikuti tulisan menarik Seo Techman lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler