Pentingnya Integritas dalam Hubungan - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

ilustr: PureMatter

Suko Waspodo

... an ordinary man ...
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Senin, 23 Maret 2020 16:00 WIB
  • Gaya Hidup
  • Berita Utama
  • Pentingnya Integritas dalam Hubungan

    Dibaca : 561 kali

    Kita memberi tahu orang lain bagaimana memperlakukan diri kita dengan menerima atau menolak cara perilaku tertentu serta dengan menunjukkan cara kita memperlakukan diri sendiri.

    Ini adalah tipe perilaku tertentu yang kita ingin orang-orang adopsi untuk kita. Dengan cara yang sama, orang lain memiliki perilaku spesifik mereka sendiri yang mereka harapkan dari kita.

    Integritas

    Integritas pada dasarnya berarti kualitas jujur dan memiliki prinsip moral yang kuat atau kebenaran moral.

    Secara etis, integritas dianggap sebagai kejujuran dan kebenaran atau ketepatan tindakan seseorang.

    Integritas diri sangat penting untuk menghargai diri sendiri terlebih dahulu jika kita ingin orang lain memberi kita rasa hormat.

    Integritas Diri

    Integritas diri dapat digambarkan sebagai seberapa banyak kita menerapkan etika pada diri sendiri. "Apa yang ada di belakang kita dan apa yang ada di hadapan kita adalah hal-hal kecil dibandingkan dengan apa yang ada di dalam diri kita". Ini juga dapat digambarkan sebagai rasa hormat dan cinta yang kita berikan kepada diri sendiri.

    Sangat penting untuk menghargai diri sendiri terlebih dahulu jika kita ingin orang lain memberi kita rasa hormat.

    Cintai diri kita dan jangan berpikir negatif tentang diri kita dan memotivasi serta mengagumi diri kita dalam setiap situasi.

    Jika kita melakukannya, itu berarti kitaa menghormati diri sendiri dan kita jujur pada diri sendiri.

    Integritas dalam Hubungan

    Karena integritas adalah kualitas keadilan pribadi, tidak diragukan lagi, integritas memengaruhi hubungan orang. Ini mencakup semua jenis hubungan termasuk hubungan romantis atau persahabatan atau bahkan dalam kehidupan profesional.

    Integritas dalam suatu hubungan berarti melakukan hal yang benar pada waktu yang tepat. Ini semua tentang jujur satu sama lain.

    Bukan hanya ini, itu adalah perjalanan berbagai fase yang harus kita lalui seperti persahabatan, bersikap lembut satu sama lain, menerima pengaruh satu sama lain dan saling menyukai dan mengagumi. Fase-fase ini mengarah pada hubungan yang abadi dan stabil.

    Pentingnya Integritas dalam Hubungan

    Integritas sebenarnya adalah prinsip kepemimpinan yang paling penting karena menuntut kejujuran.

    Integritas berarti mengatakan kebenaran, bahkan apabila kita pikir itu akan merugikan kita.

    Dalam hubungan profesional, itu memiliki kepentingan yang sama. Seorang pria berintegritas membela nilai-nilainya dan berbicara menentang perilaku tidak etis. Jadi orang menaruh kepercayaan besar pada orang-orang seperti itu. Melakukan hal yang benar.

    Integritas dalam hubungan menuntut kejujuran, kesetiaan, rasa hormat, dan kebenaran. Jadi, untuk bertahan lama dalam suatu hubungan, seseorang harus memiliki perilaku yang tidak terpisahkan. Lakukan hal yang benar pada waktu yang tepat. Ikuti intuisi kita.

    Berikut ini beberapa cara untuk menjadi orang berintegritas:

    1. Rekatkan Diri Kita pada Landasan Moral

    Kuat secara moral. Kita harus belajar menghargai orang lain, apa pun situasi dan kondisinya. Jujur dan tulus sehingga kita tampak dapat dipercaya orang lain.

    2. Bersikap Optimis

    Jadilah pemikir positif. Tanam kesadaran kita ke arah yang positif. Berhentilah bergunjing atau bergosip tentang orang lain atau skandal. Jadikan kata-kata positif sebagai bagian dari pembicaraan kita.

    Jangan pernah menggunakan kata-kata yang mencela untuk diri sendiri atau orang lain, melainkan gunakan kata-kata yang memotivasi dan menginspirasi diri sendiri dan orang lain untuk membuatnya merasa percaya diri dan bahagia.

    3. Jangan Memisah-misahkan Hidup Kita

    Jadilah diri sendiri. Jadilah sesempurna yang kita bayangkan. Jadilah orang berintegritas dengan cara kita sendiri dan kukuh. Kita tidak perlu bertindak berbeda di tempat yang berbeda.

    4. Jangan Mementingkan Diri Sendiri

    Bekerja tanpa pamrih. Cinta tanpa pamrih. Perlakukan orang lain dengan cara yang sama seperti kita ingin orang lain memperlakukan kita. Bersikap baik hati dan lembut. Ini adalah kunci penting cara integritas.

    5. Kelilingi Diri Kita dengan Dukungan

    Seperti kata pepatah; "Seorang dikenal oleh persahabatan yang dia pelihara". Pepatah ini memberi tahu bahwa kehadiran dan keberadaan kita sangat berpengaruh.

    Jadi, untuk menjadi orang yang berintegritas, kita harus memilih persahabatan yang mendukung kitaa dalam setiap perjuangan. Temukan motivasi pada sahabat dan keluarga.

    6. Bagikan Semuanya dengan Pasangan Kita

    Untuk kehidupan pernikahan kitaa, tipnya adalah jangan menyembunyikan apa pun atau menyimpan rahasia terhadap pasangan kita. Ini cenderung berdampak pada siapa kita.

    Bagikan masing-masing dan semuanya dengan istri atau pasangan kita. Ini akan membangun lingkungan yang dapat dipercaya di antara pasangan. Saling mencintai dan menginspirasi. Bersikap hormat dan setia.

    Kurangnya Integritas dalam Hubungan

    Banyak hubungan gagal karena kurangnya integritas. Kurangnya integritas hanya menyiratkan ketidakjujuran atau tidak jujur secara moral. Ini juga berarti menurunkan atau memotivasi seseorang.  Ciri-ciri orang yang kurang integritas:
    • tidak mau berkompromi
    • menunjukkan ketidakjujuran
    • menunjukkan perilaku buruk dengan orang lain
    • menyimpan rahasia
    • ada perbedaan antara apa yang dikatakan dengan apa yang dilakukan
    Jika kita menemukan kekurangan tersebut dalam hubungan kita, kita harus memahami bahwa ada kurangnya integritas dalam hubungan kita. Cobalah untuk memulihkan hubungan itu.
     
    ***
    Solo, Senin, 23 Maret 2020. 2:21 pm
    'salam hangat penuh cinta'
    Suko Waspodo
    suka idea
    antologi puisi suko


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.