x

Seorang warga tasikmalaya yang berprofesi sebagai buruh harian lepas atau peternak ayam

Iklan

cindy siti nurhaliza

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 11 April 2020

Senin, 13 April 2020 06:16 WIB

Harapan Peternak Ayam Pada Pemerintah dalam Hadapi Pandemi Corona

Sebuah artikel dampak pandemik covid-19 terhadap profesi peternak ayam

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Cindy siti nurhaliza (Ik2b)

Fakultas komunikasi dan desain

Universitas informatika dan bisnis Indonesia

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Virus covid-19 ini yang berasal dari negeri cina kini telah mewabah ke indonesia dan bahkan setiap harinya korban bertambah. Sejauh ini masyarakat di indonesia telah diimbau oleh pemerintah untuk tetap tenang dan tidak panik. Pemerintah pun telah menerapkan sistem social distancing/phsycal distancing untuk masyarakat diam dirumah saja karena dengan masyarakat diam dirumah saja bisa mengurangi korban sehingga dari kebijakan pemerintah tersebut dengan harus mengisolasi diri di rumah dan aktivitas dibatasi.

Ada beberapa pihak yang dirugikan terutama kalangan menengah ke bawah seperti buruh harian lepas. Salah satunya peternak ayam terpaksa menjual ayam ternak nya dengan harga yang sangat murah dikarenakan bahan pakan nya melonjak dratis dan sulit untuk mendapatkan nya.

Bapak Supriadi, peternak ayam di kabupaten Tasikmalaya mengaku penjualannya mengalami penurunan dratis dan mengharuskan dirinya menjual ayamnya dengan murah. ”Sampai saat ini, ya, jualan pun tidak ada yang beli bahkan selama sepekan terakhir penjualan sepi. Biasanya saya menjual ayam tersebut ke pasar-pasar, sekarang sulit sekali karena pasar pun sepi gara-gara adanya corona. Jadi saya harus menjual ayam-ayam tersebut ke kampung-kampung dengan harga murah Rp.10 ribu/ekor lalu juga bahan pakan ayam pun sudah melonjak drastis, Jika saya tidak menjual ayam tersebut dengan harga murah anak dan istri saya mau makan apa,” ujar dia (9/4)

Peternak ayam

Sementara itu, ada ketiga anak nya yang masih duduk di bangku sekolah yang harus ia biayai dan kebutuhan lain nya untuk makan sehari-hari. “Seharusnya pemerintah bantu uang makan pekerja harian lepas.” ujarnya lagi (9/4) 

Masyarakat berharap pemerintah mencari solusi atas hal tersebut guna menghindari hal-hal yang tidak diharapkan bila situasi tersebut berkepanjangan “Semoga pemerintah mendapatkan solusi dalam melakukan pencegahan virus corona, tanpa menghentikan roda perekonomian rakyat.” kata dia.

 

Ikuti tulisan menarik cindy siti nurhaliza lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler