Cerita Hendro Mardika yang Meraup Puluhan Juta Rupiah Lewat Bisnis Try Out Online - Urban - www.indonesiana.id
x

Sumber: Hendro Mardika (Istimewa)

Maz Atca Berliando

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 5 April 2020

Minggu, 10 Mei 2020 12:32 WIB

  • Urban
  • Topik Utama
  • Cerita Hendro Mardika yang Meraup Puluhan Juta Rupiah Lewat Bisnis Try Out Online

    Bisnis Try Out Online

    Dibaca : 3.458 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    EdTech atau yang dikenal dengan lain sebagai "Edukasi Berbasis Online" telah memberi peluang bisnis yang sangat menjanjikan pada era digital saat ini. Hal ini sudah dibuktikan oleh seorang pengusaha muda dalam bidang pendidikan yang bernama Hendro Mardika. Hingga saat ini ia sudah memiliki 3 Platform EdTech berbasis website yang dapat diakses langsung melalui genggaman tangan kita.

    Peluang bisnis ini mulai dimanfaatkan dan mulai dikelola semenjak tahun 2016 silam, dimana saat itu platform pertama yang ia kelola bertujuan untuk memberikan pengalaman belajar berbasis online yang efektif dan fleksibel bagi siswa SMA yang akan memasuki perguruan tinggi. Dengan memanfaatkan sosial media Instagram, Hendro berhasil menyita perhatian pelajar siswa dan siswi melalui akun @SBMPTN.ID yang hingga saat ini sudah mencapai 800 ribu pengikut.

    Hendro menyediakan latihan soal dan try out online dengan beberapa opsi pilihan, ada yang gratis maupun berbayar dan tentu saja dengan memiliki keuntungan masing-masing. Diakuinya bahwa membangun semua ini bukanlah hal mudah yang dapat dikerjakan secara instan, banyak rintangan dan pembelajaran yang harus di lalui hingga mencapai tingkat kepercayaan pengguna seperti sekarang.

    "Platform berbasis online memang akan menjadi tempat yang memiliki daya jual yang tinggi jika kita bisa memanfaatkan dan mengelola dengan baik," ujar Hendro yang menargetkan platformnya terbuka untuk semua kalangan.

    Sebelum dikenal dan dipercaya oleh para pelajar, rintangan yang dihadapinya, misalnya, mulai dari keterbatasan dana untuk pengembangan bisnis, dan lain-lain. Seperti yang kita semua tahu untuk biaya pengembangan berbasis IT tidaklah murah, dirinya sempat mencari bantuan dari pihak-pihak yang dirasa dapat membantu, namun akhirnya ia  memutuskan untumenggunakan sebagian tabungan pribadinya untuk memulainya dari nol. 

    Di masa-masa awal pun, banyak trial and error yang terjadi, namun hal itu demi memberikan kualitas belajar yang efektif untuk target pasarnya. "Berkali-kali saya mengganti tim karena berbagai macam alasan, sempat merasa capek tapi karena ingat tekad dari awal saya berusaha terus belajar dari kesalahan-kesalahan tersebut," ujarnya.

    Saat ini jerih payah dan kerja kerasnya terbayar lunas. Tiga  platform yang dibangunnya sudah cukup dikenal kalangan pengguna Instagram.

    Selain memiliki platform untuk siswa SMA dalam mempersiapkan ujian masuk, ia juga memperkenalkan platform khusus persiapan ujian masuk sekolah kedinasan STAN dan yang paling teranyar yaitu platform persiapan penerimaan CPNS yang bernama @CPNSINDONESIA.ID yang sudah memiliki 890 ribu pengikut. Platform ini membantu calon ASN mengenal ragam soal dan memberikan gambaran materi sebagai persiapan menghadapi tes seleksi CPNS.

    Berkat usaha dan kerja kerasnyanya, platform yang sudah dirintis dari nol ini sudah mulai dikenal dan dipercaya oleh masyarakat, khususnya untuk pengguna Instagram. Dirinya bertekad dan memiliki keinginan membangun bisnis offline dikemudian hari, yaitu mendirikan tempat kursus atau bimbingan belajar baik untuk persiapan SBMPTN ataupun CPNS nantinya.

    Bisnis berbasis online ini pun kini telah sukses memberikan dampak bagi Hendro. Terbukti ia mampu membukukan omzet untuk setiap mengadakan Try Out SBMPTN atau CPNS online hingga puluhan juta rupiah.

    "Saya ingin terus mengembangkan bisnis ini agar semakin baik dari hari ke hari. Harus diakui, menjadi entrepreneur sekaligus karyawan swasta itu tidaklah mudah. Terutama dalam hal dalam membagi waktu, namun saya yakin kesempatan besar ini patut dicoba karena memang dari dulu sudah menjadi cita-cita saya untuk memiliki usaha di bidang ini," kata dia.

    Dengan berkembangnya platform tersebut, memberikan Hendro keuntungan tersendiri baginya untuk dapat memasarkan produk usahanya di akun Instagram pribadi yang telah memiliki 140 ribu pengikut sampai saat ini.

     

    Ikuti tulisan menarik Maz Atca Berliando lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.





    Oleh: Mulia Zachrie

    Jumat, 13 Januari 2023 21:58 WIB

    Digital Marketing di Era 4.0

    Dibaca : 447 kali