5 Keuntungan Budidaya Lele di Tengah Pandemi   - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

Wafiq Zuhair

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 8 Januari 2020

Rabu, 13 Mei 2020 14:58 WIB
  • Gaya Hidup
  • Berita Utama
  • 5 Keuntungan Budidaya Lele di Tengah Pandemi  

    Dibaca : 375 kali

     

    Memasuki minggu kesembilan sejak ditetapkannya aturan Work From Home (WFH), masyarakat mulai jenuh karena tidak bisa ke mana-mana. Tempat liburan ditutup, mall-mall juga sebagian ditutup kecuali yang menjual kebutuhan sehari-hari.

    Bagaimana dengan Anda? Apakah merasakan hal yang sama? Nah, meskipun berada di rumah, Anda dapat melakukan kegiatan-kegiatan bermanfaat dan tetap produktif, loh. Sebut saja berkebun, belajar memasak, ataupun berolahraga. 

    Namun, jika ingin mencari kesibukan yang juga bisa menghasilkan, Anda dapat mencoba salah satu peluang usaha yang menguntungkan dan sangat cocok untuk dilakukan di rumah, yaitu ternak lele dalam ember atau dikenal dengan istilah Budidaya Ikan dalam Ember (Budikdamber).

    Apa saja keunggulannya? Mari kita simak ulasannya.

    1. Tak Butuh Lahan Luas

    Kebanyakan orang-orang yang ingin memulai bisnis ternak lele terhalang karena tidak memiliki lahan yang luas. Budikdamber lele memungkinkan Anda untuk menyiasati hal tersebut, khususnya bagi Anda yang tinggal di perkotaan atau daerah-daerah padat penduduk. Budikdamber lele menggunakan media yang kecil dan portable, sehingga bisa dilakukan di mana saja. Cukup dengan satu ember besar, bisa menampung 85 bibit ikan lele.

    Jabarnews.com: Jaga Ketahanan Pangan, Insan Bumi Mandiri Luncurkan Program Budidamber

    1. Modal Terjangkau

    Tak perlu risau memikirkan berapa jumlah modal yang akan dikeluarkan untuk budikdamber lele ini. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat budikdamber lele sangat mudah didapatkan. Selain itu, harga dari setiap bahan tersebut juga terjangkau. Anda hanya membutuhkan ember, probiotik, bibit ikan lele, dan pakan ikan lele. Jika dijumlahkan, modal untuk membeli bahan-bahan tersebut tidak sampai Rp200.000.

    Baca Juga: Ayo, Bantu Pejuang Keluarga yang Terdampak Covid-19

    1. Pemeliharaan Mudah

    Selain bahan yang terjangkau, budikdamber lele tergolong mudah dalam pemeliharaannya. Caranya dengan meletakkan ember di tempat yang terkena matahari maksimal, memberikan pakan kepada lele sebanyak 2-3 kali dengan waktu yang tepat, dan juga melakukan penyedotan atau ganti air apabila air sudah berbau busuk dan ikan lele menggantung (kepala di atas, ekor ke bawah).

    1. Solusi Ketahanan Pangan Masa Depan

    Bisa dibilang budikdamber lele adalah salah satu pilihan yang dapat diterapkan untuk solusi ketahanan pangan masa depan. Ternak lele seperti ini dapat meningkatkan kebutuhan akan protein hewani dan memudahkan masyarakat mendapatkan ikan di lingkungan tempat tinggal.

    Ditambah dengan kondisi pandemi seperti sekarang ini, Anda bisa memanfaatkan ternak lele yang sudah siap panen untuk dijual maupun untuk dikonsumsi sehari-hari. Apabila ingin lebih maksimal, Anda juga bisa menanam sayuran seperti kangkung di atasnya.

    Baca Juga : Budidaya Ternak Lele untuk Ketahanan Pangan

    1. Bisa Sambil Tanam Kangkung

    Ibarat pepatah zaman dulu, sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui. Nah, dengan budikdamber lele ini bukan hanya ternak lele yang bisa Anda dapatkan, tapi juga memanen hasil kebun. Anda bisa memanfaatkan kotoran lele yang ada dalam air budikdamber dengan menanam kangkung di atasnya. Cukup dengan gelas air mineral yang dilubangi, lalu diisi media untuk tanam benih kangkung, maka Anda sudah bisa memanfaatkan budikdamber lele sebagai lahan berkebun.

    Nah bagaimana, menarik sekali bukan? Semoga Anda bisa terinspirasi dan tertarik untuk mencoba. Semoga berhasil ya! Kita dukung juga kegiatan budikdamber lele ini untuk para buruh yang terpaksa dirumahkan karena covid-19.

    Kita bisa bantu mereka melalui link di sini

     

     

     

     


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.