Inilah Jenis Truk Berdasarkan Kapasitas dan Bentuknya - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

foto untuk jenis jenis truk dan kapasitasnya

ruben ambarita

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 27 Mei 2020

Rabu, 27 Mei 2020 14:48 WIB
  • Gaya Hidup
  • Berita Utama
  • Inilah Jenis Truk Berdasarkan Kapasitas dan Bentuknya

    Dibaca : 422 kali

    Truk merupakan kendaraan yang sering dipakai untuk mengangkut kargo atau barang dalam jumlah yang besar. Jumlah yang besar ini, membuat truk harus menggunakan mesin diesel agar mampu membawa beban yang besar.

    Pada saat ini, banyak pelaku ekosistem logistik membutuhkan jasa angkutan truk untuk memindahkan barang dari satu tempat ke tempat lain sehingga barang tersebut memiliki value atau nilai dalam bentuk harga. Jenis truk juga membedakan jenis SIM untuk para pengemudi dan harga yang beda pula untuk para pelaku logistik yang menyewanya.

    Melalui artikel ini, akan dibahas jenis jenis truk yang dibedakan berdasarkan kapasitas dan bentuknya :

     

    1. Truk Trailer

    Jenis truk yang satu ini merupakan jenis truk yang paling besar dari antara truk lainnya. Jumlah ban dari truc jenis ini paling sedikit 16 buah bahkan bisa mencapai 26 buah. Beban yang bisa diangkat oleh truck ini mencapai 26 Ton bahkan lebih. Biasanya,  jenis truk ini digunakan oleh para pelaku dunia logistik untuk membawa peti kemas (kontainer)  atau benda berat lainnya.

     

    1. Wingbox

    Jenis berikutnya yaitu truck wingbox. Truk ini dikatakan wingbox karena sisi kanan kiri dan belakangnya bisa dibuka semuanya. Jenis truk ini memudahkan pihak warehouse untuk bongkar dan muat karena bentuknya yang wingbox. Untuk muatan truk ini berbeda-beda, tergantung dari jenis wingbox yang mana.

     

    1. Tronton

    Jenis truk selanjutnya yaitu jenis truk tronton yang memiliki jumlah ban sebanyak 10 buah. Dimana, pada bagian depan terdapat 2 buah ban dan pada bagian belakang terdapat 8 buah ban. Untuk daya angkut dari truk ini memiliki kapasitas 20 sampai 30 ton.

     

    1. Colt Diesel Double

    Truk ini merupakan jenis truk yang berukuran kecil, yang mana truk ini memiliki 4 ban pada sumbu belakangnya dan 2 ban untuk sumbu depannya. Kapasitas beban yang dapat diangkut oleh truk in yaitu mencapai 4 ton. Didunia logistik, jenis truk ini sering disebut juga dengan truck CDD.

     

    1. Cold Diesel Engkel

    Pada umumnya, masyarakat menyebut jenis truk ini sebagai truk colt diesel. Jenis truck ini merupakan jenis truk yang memiliki ukuran paling kecil diantara jenis truk lainnya. Truck ini juga memiliki ban sebanyak 4 buah dimana 2 berada didepan dan 2 lagi berada dibelakang. Truk ini juga dapat membawa beban maksimum 2 ton atau dengan kata lain mampu membawa beban dibawa 2 ton. Para pelaku logistik sering memakai jenis truck ini karena dapat melewati jalan yang berukuran kecil dan dapat lewat dari pusat kota.

     

    Demikian jenis jenis truk yang sering dipakai oleh pelaku logistik untuk mengangkut kargo, semoga kedepannya jenis truk baru muncul dengan biaya sewa yang minim, sehingga dapat menekan biaya logistik Indonesia.

    Jenis Jenis Truk dan kapasitasnya


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.