Cara Milenial Hadapi Covid-19 dengan Gizi dan Olahraga - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

Muhammad Khairur Rasyid

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Senin, 1 Juni 2020 08:23 WIB
  • Gaya Hidup
  • Berita Utama
  • Cara Milenial Hadapi Covid-19 dengan Gizi dan Olahraga

    Dibaca : 903 kali

    Esaunggul.ac.id, Bermacam-macam cara dilakukan oleh lapisan masyarakat untuk menghindari penyebaran COVID-19, termasuk anak muda zaman now atau biasa disebut generasi milenial. Dalam membahas hal tersebut Universitas Esa Unggul menggelar seminar Webinar Young Talk yang mengambil judul “Remaja Millenial Menghadapi COVID-19 dengan Gizi dan Olahraga,” Rabu (06/05).

    Salah satu pembicara yakni Dosen Prodi Gizi Universitas Esa Unggul, Rachmanida Nuzrina, S.Gz., M.Gizi menerangkan dari segi pola makanan yang dapat diterapkan oleh para anak muda selama pandemi berlangsung. Pertama, menurut Rachmanida pola makanan anak muda dapat berupa makanan yang beranekaragam asalkan tidak berlebihan.

    “Kemudian anak muda juga harus memperbanyak mengkonsumsi sayur dan buah sebagai sumber vitamin serta mineral karena tubuh sangat butuh hal tersebut, dan mengkonsumsi air putih minimal 2 liter perhari dan kurangi juga makanan tinggi gula, garam dan lemak,” tuturnya.

    Sementara itu pembicara kedua Dosen Gizi Olahraga dan Kebugaran Universitas Esa Unggul, Mury Kuswari, membagikan sejumlah tips untuk tetap sehat dan menghindari kegemukan selama menjalani PSBB di Rumah:

    1. Lakukan Olahraga dengan Intensitas Sedang

    Aktivitas selama PSBB membuat seseorang semakin mager untuk berolahraga, padahal olahraga yang dilakukan dapat dilakukan dengan intensitas sedang. yang dimaksudkan oleh Mury dengan Intensitas sedang yakni berolahraga 60 persen sampai 85 persen dari denyut nadi kita bagaimana cara mengetahuinya? yakni kita dapat menghitung dengan menjumlahkan Umur kita dikurangi 220. nah hasilnya merupakan 100 persen dari kemampuan kita untuk berolahraga.

    2. Atur durasi latihan 30 -60 menit persesi

    Berolahraga saat dirumah dianjurkan selama 30–60 Menit persesi. Mury melanjutkan gerakan-gerakan yang dilakukan dengan volume yang panjang umumnya sederhana dan yang mungkin kita familiar melakukanya.

    3. Merutinkan Olahraga 3–5 Seminggu

    Menurut mury tidak perlu mebebankan tubuh untuk setiap hari berolahraga selama di rumah, namun harus diatur agar tubuh dapat menyesuaikan. Paling Efektif jika seseorang menjalani self Quarantine atau WFH yakni rutin olahraga 3–5 kali seminggu atau jika dijumlahkan maka 150 menit seminggu.

    4. Kombinasikan latihan kardio dengan latihan beban

    Untuk lebih efektif menjalani olahraga selama dirumah, akan lebih baiknya mengkombinasikan berbagai jenis latihan. Dalam hal ini mengkombinasikan antara latihan kardio, latihan Endurance dengan latihan Strange atau beban.
    Tujuan dari kombinasi ini ialah meningkatkan kebugaran tubuh, meningkatkan kemampuan otot dan ujung-ujungnya meningkatkan sistem Imun dalam tubuh.

    5. Olahraga sambil terpapar sinar matahari

    Tidak lupa sinar matahari sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk meningkatkan daya tahan tubuh, untuk itu , ketika kita sedang berolahraga baiknya sambil terpapar sinar matahari. waktu yang bisa dimaksimalkan bisa jam 9, 10 atau 11 tentunya disesuaikan dengan kebutuhan.

    6. Manfaatkan Tubuh Sebagai Beban ketika Berolahraga

    Misalnya dengan melakukan lari ditempat, jumping jack, loncat tali , push up, plank atau berbagai gerakan menggunakan berat badan.

    7. Maksimalkan Peralatan di Rumah

    Jika dalam berolahraga membutuhkan peralatan, dapat memanfaatkan alat alat dirumah seperti tangga, sofa, galon ataupun Gas LPG.

    Itulah tips menjaga pla makanan dan Berolahraga saat menjalani PSBB dan Self Quarantine kalian bisa tetap sehat dan nyaman selama WFH. Pekerjaan pun tidak terbengkalai plus berat badan tetap stabil.


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.