x

Iklan

aldhi fajar

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 11 Juni 2020

Senin, 15 Juni 2020 15:48 WIB

Strategi Pemasaran UKM dengan Media Promosi Online

Media Promosi Online menjadi sebuah hal baru dalam dunia marketing. Perkembangan ekonomi dan teknologi yang cepat membuat bisnis UKM (Usaha Kecil dan menegah) harus mengaplikasikan kreatifitas dan inovasi dalam merencanakan strategi pemasaran melalui media promosi online.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Media Promosi Online menjadi sebuah hal baru dalam dunia marketing. Perkembangan ekonomi dan teknologi yang cepat membuat bisnis UKM (Usaha Kecil dan menegah) harus mengaplikasikan kreatifitas dan inovasi dalam merencanakan strategi pemasaran melalui media promosi online. Sebuah UKM tentunya harus melek teknologi karena memang perubahan jaman ini mengharuskan UKM terjun ke ranah melek digital.

Tapi bagaimana jika pelaku bisnis UKM belum begitu familiar dengan dunia teknologi? Semua memang harus dilakukan secara bertahap. Jangan terlalu khawatir jika kalian belum begitu mengetahui cara tepat pemasaran UKM. Ada beberapa media promosi yang bisa dilakukan oleh para pelaku UKM. Sepertinya lebih menarik jika kita bahas satu per satu.

Media Promosi Online

Pengembangan Bisnis UKM melalui Pemanfaatan Teknologi

Bisnis UKM menjadi salah satu sektor bisnis yang sedang naik daun, ini merupakan kabar baik untuk perekonomian di Indonesia. Sektor usaha kecil yang mulai menggeliat mempengaruhi sektor usaha lain untuk lebih kreatif dalam menyediakan produk dan layanannya. Dengan adanya keadaan new normal diharapkan bisnis UKM akan semakin produktif saat pandemi ini.

Tak terkecuali di bidang teknologi, mungkin yang sering kita tahu bahwa bisnis UKM hanya bisa berkembang di sektor lokal saja. Jangan salah, dengan pemanfaatan teknologi mereka bisa berkembang dan mulai membangun branding bahkan dari nol sekalipun.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 Bukan berarti UKM tidak pernah mencicipi pemasaran digital yang mungkin bagi sebagian dari mereka mengandalkan branding lokal untuk menarik para calon konsumen agar tertarik terhadap produk mereka.

Strategi Pemasaran untuk Bisnis UKM

Perlunya sosialisasi dan pemahaman yang mudah dicerna oleh para pelaku UKM selalu menjadi perhatian penting pemerintah dalam upaya mendukung kegiatan bisnis UKM di Indonesia. Oleh karena itu para pelaku bisnis UKM dituntut memiliki kreatifitas dan inovasi untuk bisa bersaing di dunia teknologi ini.

Perlunya strategi cara pemasaran yang tepat untuk sebuah usaha menjadi kebutuhan yang paling utama untuk saat ini. Mengapa? karena sebuah usaha tidak akan berkembang lebih cepat tanpa dibarengi dengan promosi. Baik melalui media promosi online dan offline.

Jenis Media Promosi untuk Pemasaran Bisnis UKM

Ada banyak cara untuk mengenalkan produk kalian kepada calon konsumen. Mungkin cara konvensional selalu menjadi pilihan mereka karena lebih simple. Tetapi akan lebih baik jika UKM dipasarkan melalui media promosi yang tepat bukan?

Untuk memasarkan produk tentunya dibutuhkan riset terlebih dahulu tentang target market yang akan kita bidik. Setelah itu kita bisa menentukan, melalui media yang seperti apa UKM itu bisa berkembang dengan cepat dan tertuju.

 Media promosi online dan offline

Sesuai kebutuhannya, ada 2 jenis media promosi yang bisa kita pilih untuk memasarkan produk kepada calon konsumen. Diantaranya adalah:

Pemasaran dengan Media Promosi Online

Pemasaran promosi online atau lebih sering disebut online marketing adalah suatu kegiatan promosi dengan tujuan mengenalkan dan menawarkan sebuah produk atau jasa secara online menggunakan internet dan teknologi digital kepada calon konsumen.

Sepertinya istilah ini sudah sering terdengar di jaman teknologi yang semakin maju ini. Hampir setiap orang memiliki perangkat digital untuk menunjang keseharian. Inilah sebuah peluang untuk pemasaran online, dimana setiap orang memiliki kecenderungan mencari sesuai menggunakan perangkat digital yang mereka miliki.

Bagi setiap orang yang melek teknologi, menggunakan gadget merupakan hal bisa dikatakan sudah menjadi kecanduan di kehidupan sehari-hari. Tapi memang jaman sudah bergeser, teknologi akan diproyeksikan untuk memudahkan segala urusan manusia.

Jadi, pemasaran online ini adalah salah satu cara untuk bisa lebih fokus mengenalkan produk UKM kepada audience yang tertarget. Selain mudah, media online ini memiliki jaringan yang sangat luas untuk diterlusuri lebih dalam.

Pemasaran dengan Media Promosi Offline

Pemasaran promosi offline atau biasa disebut media promosi luar ruang adalah suatu kegiatan promosi dengan tujuan mengenalkan dan menawarkan sebuah produk secara offline. Cara promosi offline ini sudah lama dilakukan oleh para pelaku bisnis sebelum mengenal internet.

Pergeseran jaman dan berkembangnya teknologi membuat strategi pemasaran offline ini sedikit ditinggalkan oleh para pelaku bisnis. Tapi jangan salah, promosi secara offline juga terbukti efektif untuk menarik perhatian calon konsumen langsung dihadapan mereka.

Media promosi luar ruang ini lebih cocok digunakan saat mengadakan acara event di sebuah tempat dengan massa yang banyak, ataupun di spot khusus di tengah keramaian seperti papan nama baliho yang berada di median jalan raya.

Promosi offline versi sederhana seperti brosur, spanduk, banner, backdrop dan lainnya masih sering digunakan sampai saat ini oleh para pelaku usaha baik perusahaan besar maupun UKM.

Pentingnya Media Promosi Online untuk UKM

Dengan kemajuan teknologi internet media promosi secara online bisa dikatakan pilihan yang paling fleksibel bagi mengembangkan brand awareness bisnis UKM. Seperti contoh: usaha warung kopi dan lainnya bisa menggunakan promosi online. Selain itu untuk menyebarluaskan ilmu bagi para barista seperti pelatihan barista online juga bisa menggunakan media promosi.

Penentuan media promosi online adalah keputusan terbaik strategi pemasaran untuk saat ini. Dengan manfaat promosi online yang sangat banyak, pastinya akan menjadikan bisnis UKM akan lebih dikenal masyarakat luas.

Bisnis UKM akan lebih berkembang dengan pemilihan tepat strategi pemasarannya, salah satunya dengan memilih media sosial, blogger atau influencer sebagai media untuk memasarkan produk mereka kepada calon konsumen.

Semoga bisnis UKM di Indonesia semakin terus berkembang seiring meningkatkan penggunaan internet dan media promosi online. Bukan hal yang tidak mungkin bahwa seluruh bisnis UKM di indonesia akan memilih cara pemasaran online untuk strategi pemasaran mereka.

selengkapnya di https://aldhifajar.com

Ikuti tulisan menarik aldhi fajar lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Sabtu, 27 April 2024 14:25 WIB

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Sabtu, 27 April 2024 14:25 WIB