Manfaat Ikan bagi Kesehatan dan Tumbuh Kembang Anak - Urban - www.indonesiana.id
x

resep masakan rinaresep

Rini Novita Sari Celoteh Dini Hari

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 31 Mei 2020

Rabu, 1 Juli 2020 14:31 WIB

  • Urban
  • Topik Utama
  • Manfaat Ikan bagi Kesehatan dan Tumbuh Kembang Anak

    Manfaat Ikan bagi Kesehatan dan Tumbuh Kembang Anak yang perlu anda tahu

    Dibaca : 1.352 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Harga yang terjangkau, rasa yang lezat dan kaya akan nutrisi menjadi alasan bagi siapapun untuk mengkonsumsi ikan. Terlebih untuk anak-anak, manfaat ikan sangat besar, baik untuk membantu tumbuh kembang anak dari sisi fisik secara keseluruhan maupun untuk membantu perkembangan otak.

     

    Manfaat Ikan bagi Anak-anak

    Ikan laut memberikan banyak manfaat bagi tubuh, utamanya anak-anak yang sedang dalam masa tumbuh kembang. Berikut sejumlah manfaat yang bisa diperoleh dengan mengkonsumsi ikan secara rutin.

     

    1. Bantu Pertumbuhan Tulang

    Dengan kandungan kalsium dan vitamin D yang melimpah, mengkonsumsi ikan laut akan dapat membantu pertumbuhan tulang serta mencegah berbagai macam penyakit. Bahkan, cukup hanya dengan mengkonsumsi 8 gram ikan salmon sehari, 75% kebutuhan tubuh akan Vitamin D sudah dapat terpenuhi. 

     

    1. Memelihara Kesehatan Mata

    Kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi pada ikan laut menjadikannya sangat efektiv dalam membantu menjaga dan memelihara kesehatan mata. Berdasarkan hasil penelitian, mereka yang mengonsumsi ikan laut secara rutin atau meminum suplemen omega-3 500 gram perhari maka akan terhindar dari degenerasi makula serta gangguan retina mata.

     

    1. Meningkatkan Fungsi dan Memelihara Kesehatan Otak

    Manfaat ikan bagi tubuh lainnya utamanya bagi anak-anak adalah memacu pertumbuhan fungsi otak serta memelihara kesehatan otak. Selain itu ikan juga sangat dibutuhkan lansia karena kandungan asam lemak omega-3 dapat menurunkan depresi, demensia dan gangguan fungsi otak.

    Selain ketiga manfaat tersebut, manfaat ikan lainnya adalah mencegah risiko serangan jantung karena mengandung protein yang tinggi dan kadar kolesterol yang rendah, mencegah kerusakan dan memelihara fungsi tiroid berkat kandungan mineral berupa yodium dan selenium, serta berbagai manfaat yang lain. Dari sekian banyak manfaat ikan tersebut, sayangnya masih banyak anak yang tak mau dan tak suka makan ikan. Karena itu para ibu dan orang tua memang harus menyediakan resep masakan olahan ikan khusus yang divariasi agar bisa digemari oleh anak masing-masing.

     

    Ikuti tulisan menarik Rini Novita Sari Celoteh Dini Hari lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.