Tip Mudah Merawat dan Membersihkan Souvenir Kulit Asli dengan Bahan Sederhana - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

HAIKI INDONESIA

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 24 Juni 2020

Kamis, 2 Juli 2020 05:53 WIB
  • Gaya Hidup
  • Berita Utama
  • Tip Mudah Merawat dan Membersihkan Souvenir Kulit Asli dengan Bahan Sederhana

    Dibaca : 410 kali

    Bagaimana tip mudah merawat dan membersihkan souvenir kulit asli? Merawat dan menjaga suatu pemberian yang berkesan sekaligus menjadi pengingat pada seseorang, suatu acara, atau momentum.

    Kenang-kenangan, cinderamata, atau souvenir yang kita miliki terkadang dan umumnya menjadi barang yang berarti. Apalagi pemberian itu dari orang yang istimewa dalam hidup kita, orang tua atau mungkin kekasih. Souvenir, cinderamata dan kenang-kenangan begitu beragam bentuk dan jenisnya. Bahan yang digunakan untuk membuat souvenir tersebut pun beraneka macam, bergantung pada souvenir untuk acara apa, cinderamata itu dibuat. 

    Souvenir berbahan kulit sangat banyak ragam dan bentuknya, mulai dari pouch, dompet kulit panjang, tas selempang kulit, tas jinjing kulit, ikat pinggang kulit, hingga sepatu kulit. Umumnya para pemilik produk berbahan kulit merawat produknya dengan cara membersihkan bagian-bagian hingga keseluruhan secara berkala. Mungkin hal yang sama juga terjadi pada Anda yang memiliki dompet kulit atau jaket kulit.

    Membersihkan produk berbahan kulit pastinya tidak sama dengan cara membersihkan kulit manusia. Oleh karenanya dalam tips merawat dan membersihkan souvenir kulit kali ini kami ingin berbagi sesuatu yang berguna untuk Anda.

    Cara Membersihkan Souvenir Kulit Menggunakan Larutan 

    Salah satu souvenir atau cinderamata favorit dan berkesan untuk diberikan pada seseorang adalah dompet dan tas kulit. Selain karena memiliki keunikan, klasik, dan kesan elegan, produk kulit ini memiliki nilai estetika yang tinggi. Oleh karenanya perlu cara khusus untuk merawat dan menjaga produk ini agar tetap awet dan tampak seperti baru. Berikut tips ampuh merawat souvenir kulit yang bersumber dari haikiindonesia dengan bahan simple.

    • Menggunakan semprotan larutan air dan sabun yang lembut untuk membersihkan bagian-bagiannya. Anda dapat membuat larutan ini sendiri atau membelinya di toko-toko yang menyediakan peralatan kebersihan rumah tangga. Caranya adalah dengan mencampurkan air bersih dengan sabun yang lembut, bisa sabun cuci muka atau deterjen untuk pakaian halus. Gunakanlah perbandingan 8:1 agar larutan yang dihasilkan tidak terlalu kental. Tuangkan pada botol semprot, lalu semprotkan pada kain atau spons bersih. Hindari untuk menyemprotkan larutan secara langsung pada produk kulit demi keawetan produk.
    • Laplah noda yang menempel pada produk kulit Anda secara perlahan dan searah dengan alur serat bahan kulit. Hindari mengelap dengan cara melawan arah serat kulit karena dapat menyebabkan dompet atau tas kulit Anda menjadi kasar.
    • Setelah noda pada dompet atau tas kulit hilang, proses selanjutnya adalah mengeringkan bagian yang disemprot tadi. Biarkan bagian mengering dengan sendirinya tanpa terkena paparan sinar matahari agar produk lebih awet.
    • Jika telah dirasa kering Anda boleh memolesnya lagi menggunakan pelembab kulit untuk memberikan perlindungan maksimal.

    Tip merawat dan membersihkan souvenir kulit ini juga bisa Anda terapkan pula pada berbagai perabot dan produk berbahan kulit lainnya. Sadar atau tidak dalam kehidupan sehari-hari kita juga sering menggunakan perabot berbahan kulit, baik itu di dalam rumah maupun kendaraan kita. Jok atau tempat duduk mobil dan motor, misalnya. Tak ada salahnya jika Anda juga ingin mencoba tips di atas untuk membersihkan kulit jok mobil dan motor, atau sofa di ruang tamu. Harapannya adalah agar perabot rumah tangga yang Anda miliki juga lebih awet nantinya.

    Cara Membersihkan Produk Kulit Menggunakan Uap

    Selain cara membersihkan souvenir dan produk kulit menggunakan larutan yang dapat Anda buat sendiri, ada cara lain untuk membersihkan produk kulit. Dilansir dari haikiindonesia.com dengan menggunakan uap air panas yang tidak memiliki risiko merusak permukaan dan bagian kulit, Anda dapat mengaplikasikannya pada souvenir dan produk-produk kulit kesayangan Anda. Bagaimana caranya? Anda dapat menggunakan uap air panas rebusan menggunakan teko atau produk alat uap perabot rumah tangga yang tersedia di pasaran.

    Jangan lupa untuk memperhatikan dan mengikuti petunjuk pemakaian alat uap perabot tersebut terhadap produk berbahan kulit. Pada dasarnya teknik ini baik untuk membersihkan produk kulit, bahkan juga efektif untuk membunuh kuman-kuman yang ada. Namun Anda perlu melakukan langkah tambahan untuk menghilangkan noda yang menempel, karena proses penguapan tidak mampu menembus ke serat bahan kulit.

    Membersihkan produk berbahan kulit menggunakan uap disarankan untuk sofa dan jok mobil yang lebih sering serta lebih riskan terkena serangan kuman. Untuk hasil maksimal dan demi melindungi kesehatan keluarga, lakukan penguapan secara rutin dan berkala untuk menjaga rumah tetap higienis. Sebaliknya, untuk souvenir produk berbahan kulit, seperti dompet, tas, dan jaket kulit janganlah terlalu sering membersihkannya menggunakan uap.

    Merawat Produk Kulit dengan Bahan Alami

     

    Apakah di dapur Anda tersedia bahan-bahan untuk memasak? Cobalah memanfaatkan bahan (buah dan sayur) yang tersedia untuk membersihkan dan merawat produk kulit Anda. Bahan-bahan alami tersebut lebih aman untuk melakukan tips merawat dan membersihkan souvenir kulit asli Anda. Selain harganya lebih terjangkau Anda juga tak perlu khawatir produk kulit Anda akan rusak. Minim risiko dengan hasil optimal jika menggunakan bahan-bahan alami ini.

    Sediakan perasan jeruk lemon untuk membersihkan noda di bagian yang tersembunyi pada produk dan souvenir kulit Anda. Perasan jeruk lemon sangat baik untuk mengangkat noda dan kotoran pada kulit. Untuk hasil yang lebih maksimal Anda dapat menambahkan penggunaan cuka agar bahan kulit yang Anda gunakan tetap terlihat prima. Minyak alami seperti zaitun dan minyak kelapa, misalnya, juga bagus untuk membantu mempertahankan kilau dan lembutnya permukaan bahan kulit.

    Bagaimana, Anda sudah menemukan cara yang tepat untuk membersihkan souvenir dan produk kulit kesayangan Anda? Kombinasi teknik dari uraian tips di atas juga dapat Anda lakukan untuk membersihkan souvenir dan produk kulit Anda. Dengan menerapkan beberapa tips secara bergantian dalam waktu yang rutin bisa memberikan hasil maksimal perawatan produk kulit Anda. Selain itu Anda juga dapat merasakan pengalaman yang seru. Selamat mencoba.

    Kesimpulan

    Demikian mengenai beberapa tips yang cukup simple dan mudah untuk dipraktekkan pada barang-barang berbahan kulit asli yang anda miliki. Tidak perlu ribet dengan cairan khusus yang terkadang memiliki harga cukup mahal. Cukup menggunakan cara diatas dengan bahan alami atau cara sederhana kemudian dilakukan secara rutin. Tentu akan memberikan kualitas souvenir bahan kulit asli yang anda miliki seperti tas, dompet, pouch semakin tahan lama. Terimakasih sudah membaca.. semoga mudah untuk dipraktekkan!


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.