Berkreasi Dari Potensi Desa Pandansari Lor - Jabung, Malang. - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

NAWA BIKA SUFA

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 28 Juni 2020

Minggu, 5 Juli 2020 06:52 WIB
  • Peristiwa
  • Berita Utama
  • Berkreasi Dari Potensi Desa Pandansari Lor - Jabung, Malang.

    Dibaca : 236 kali

    Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilaksanakan oleh Universitas Negeri Malang tahun ini (2020) dilakukan dengan sistem yang berbeda karena adanya pandemi Covid-19. KKN tetap dilakukan sesuai prosedur dan protokol kesehatan yang telah ditetapkan kampus dan pemerintah, salah satunya seperti tidak mengadakan kegiatan yang mengumpulkan banyak orang.

    Selain itu program kerja yang dilakukan setidaknya dapat membantu dalam pencegahan penyebaran Covid-19. KKN yang dilaksanakan di Desa Pandansari Lor, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang memiliki 5 program kerja, salah satunya mengenai “Cake Tape Singkong sebagai Olahan Produk UMKM”.

    Desa Pandansari Lor merupakan salah satu desa yang memiliki potensi hasil pertanian yang melimpah salah satunya singkong. Singkong yang selama ini hanya di ditrubusikan ke pengepul dan sebagian diolah oleh warga desa menjadi kripik dalam bentuk matang ataupun mentah.

    Singkong merupakan salah satu bahan dasar olahan makanan yang dapat dikreasikan menjadi berbagai jenis kudapan, salah satunya berupa cake. Diharapkan dengan adanya jenis olahan baru berupa cake ini, dapat membantu desa terlebih pelaku UMKM dalam masalah keterbatasan pengolahan lebih lanjut hasil potensi desa yang ada dan mengembangkan hasil tersebut ke tingkat lebih lanjut.

    Saat singkong telah melewati proses olah menuju cake, harga jual dari singkong itu sendiri pun akan meningkat. Dimana saat harga jual meningkat, artinya hal ini akan membawa profit untuk warga desa, khususnya pelaku UMKM sektor pertanian singkong.

    Untuk menginfomasikan kepada masyarakat Desa Pandansari Lor mengenai olahan cake tape singkong, kami anggota KKN melakukan demo pembuatan cake tape singkong melalui video tutorial pembuatan cake tape singkong dan membagikan brosur yang berisi resep cake tape singkong kepada warga Desa Pandansari Lor. Pembuatan video tutorial dilakukan karena KKN tidak dapat dilakukan dengan mengumpulkan banyak warga secara langsung, sehingga memanfaatkan media dengan membagikan video pembuatan caketape singkong melalui media sosial seperti WhatsApp dan Youtube. Dalam video tersebut ditampilkan secara jelas mulai dari alat, bahan dan cara mengolahnya.

    Bagi warga yang tidak bisa mengkases sosial media dapat menggunkan brosur resep cake tape singkong yang telah diberikan, brosur tersebut terdiri dari 100 lembar. Produk olahan ini juga diharapakan menambah variasi olahan UMKM dan menambah nilai jual singkong di Desa Pandansari Lor, Kecamatan Jabung.

    Cake tape singkong yang dirpoduksi warga nantinya diharapkan dapat dijadikan buah tangan atau oleh-oleh untuk masyarakat khusunya luar desa yang berkunjung di Coban Jahe sebagai salah satu destinasi wisata yang menarik di Desa Pandansari Lor.

     

     Pewarta : Azizah - Perwakilan mahasiswa UM.


    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.