x

Sawah di Kampung Halaman. Foto oleh Heri Wiranata (Pixabay.com)

Iklan

Diani Feralia

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 31 Agustus 2020

Selasa, 1 September 2020 05:47 WIB

Gabungkan Dunia Pertanian dan Teknologi, Mahasiswa UM Ciptakan Inovasi Mesin Pengering Pintar Berbasis Ultrasonic Chill

Artikel ini bertujuan sebagai publikasi penelitian hasil karya TIM PKM-T Universitas Negeri Malang

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia sejak Maret lalu telah menyebabkan perubahan tatanan dalam segala bidang khususnya bidang pertanian. Banyaknya kebutuhan dan permintaan pasar berdampak pada tingginya daya beli masyarakat. Keadaan yang terjadi saat ini apabila tidak diimbangi dengan produktivitas yang tinggi maka pemilik usaha dapat berpotensi untuk mengalami kebangkrutan. Hal yang sama dirasakan oleh Kelompok Pengelola Hutan Rakyat Alam Makmur yang berlokasi di Desa Rejosari, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang. Sehari-hari mereka memanfaatkan tanaman potensi desa yakni Porang (Amorphophallus muelleri Blume).

        Porang (Amorphophallus muelleri Blume) merupakan salah satu tanaman umbi-umbian yang sangat potensial untuk dikembangkan baik dari segi komersial, industri maupun pangan salah satunya diolah menjadi tepung. Tingginya kadar zat glukomanan yang terkandung dalam tanaman Porang diyakini merupakan sumber gizi yang baik apabila proses pengolahan tepung porang dilakukan dengan metode yang tepat.

Faktanya, di dalam proses pembuatan tepung porang Kelompok Pengelola Hutan Rakyat Alam Makmur masih menggunakan metode konvensional dengan memanfaatkan panas matahari. Pengeringan dengan metode ini selain dapat mengurangi kadar zat glukomanan dalam Porang juga membutuhkan waktu yang lama yakni sekitar 6 hari. Padahal, tepung porang yang mempunyai kadar glukomanan tinggi yakni berkisar 60 persen memiliki nilai jual tinggi yaitu Rp. 250.000/kg.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

        Dengan kendala yang terjadi, maka Tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dari Universitas Negeri Malang yang beranggotakan Firmansah Dwi (Fakultas Teknik), Fahru Riza (Fakultas Teknik), Fauzi Andi Finzaqi (Fakultas Teknik), Risky Kristyanto (Fakultas Teknik), Diani Feralia Rahmadani (Fakultas MIPA), dan Tsurroya Adibah (Fakultas Sastra) di bawah bimbingan Dr. Retno Wulandari, S.T., M.T berinovasi menggabungkan konsep antara dunia pertanian dan kecanggihan teknologi membuat AMORSON yaitu Mesin Pengering Pintar Berbasis Mobile Controller dengan Metode Ultrasonic Chill. Inovasi mesin ini, masih dalam tahap rancangan karena terkendala dengan adanya pandemi Covid-19.

        Harapannya nanti ketika pandemic ini telah berakhir dan kondisi sudah memungkinkan untuk melakukan implementasi produk ke mitra AMORSON yaitu Kelompok Pengelola Hutan Rakyat Alam Makmur, mesin ini dapat membantu produksi tepung porang menjadi lebih maksimal. Karena dengan menggunakan metode Ultrasonic Chill, proses pengeringan tepung yang semula dibutuhkan 6 hari bisa dilakukan dalam waktu 8 jam dengan hasil mencapai 1200 kg setiap bulannya. Hal ini dapat meningkatkan produktivitas serta perekonomian  masyarakat di Desa Rejosari nantinya.

Ikuti tulisan menarik Diani Feralia lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler