x

Iklan

Geovani Siallagan

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 16 Oktober 2020

Rabu, 21 Oktober 2020 16:05 WIB

Manfaat Campuran Alkohol 70% dan Baby Oil

Penulis adalah Mahasiswa Bilingual Pendidikan IPA Universitas Negeri Medan (UNIMED)

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Alkohol 70% dan Minyak Bayi (Baby Oil) Secara Umum

Banyak bahan disinfeksi yang beredar di pasaran, dari harga murah sampai yang mahal. Salah satu bahan disinfeksi yang banyak beredar, murah dan sering dipakai adalah bahan disinfeksi alkohol 70%. Alkohol berfungsi sebagai disinfektan dengan cara melarutkan lipid pada membran sel mikroorganisme dan juga mendenaturasi protein yang dimiliki oleh mikroorganisme tersebut

Ahli mikrobiologi mengatakan bahwa alcohol 70% bisa menjadi senjata untuk melumpuhkan virus dan bakteri.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Minyak bayi (baby oil) adalah minyak mineral yang mengandung lanolin. Lanolin adalah zat berminyak yang terdapat pada bulu domba dan digunakan sebagai salah satu bahan pembuat produk pelembab kulit. Dan masih banyak lagi kandungan pada minyak bayi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kebersihan.

 Oleh karena itu banyak sekali manfaat dari campuran alkohol 70% dengan baby oil. Manfaat tersebut ialah:

  1. Sebagai Disinfektan

Daya bunuh bakteri dalam suatu disinfektan dipengaruhi oleh beberapa factor, yaitu konsentrasi, waktu, suhu, dan keadaan medium sekeliling. Konsentrasi kadar yang digunakan akan bergantung kepada bahan yang akan didesinfeksi pada organisme yang akan dihancurkan, waktu yang diperlukan mungkin dipengaruhi oleh banyak variable. Suhu yang semakin tingi akan mempercepat laju reaksi kimia, dan keadaan medium sekeliling dimana ph medium dan adanya benda asing mungkin sangat mempengaruhi proses disinfeksi. Alcohol mengandung 70% etil alcohol mampu membunuh bakteri dengan 2 cara, yakni denaturasi protein dan pelarutan membrane lemak.

Protein merupakan salah satu penyusun dari sel bakteri. Jika diibaratkan protein adalah mesin dari sel. Maka sel bakteri ini bekerja dengan baik jika larut dalam air. Pada saat terdapat etanol di dalam lingkungan sel bakteri, maka kelarutan protein menurun karena etanol dapat larut dalam air. Gaya antara molekul etanol dengan molekul air mengalami interaksi yang cukup kuat. Interaksi ini cenderung lebih kuat dibandingkan gaya antar molekul etanol sendiri.

Kuatnya interaksi etanol dengan air disebabkan adanya gugus –OH yang terdapat di dalamnya. Gugus ini yang menyebabkan etanol bersifat hidrofilik (suka air). Meskipun di dalam molekul etanol terdapat rantai hidrokarbon (CH3CH2) yang juga menyebabkan interaksi antar molekul etanol sendiri. Tetapi interaksi itu tidaklah sekuat antara air dan etanol. Dengan kehadiran etanol tadi, maka kelarutan protein dalam air menurun. Sedikit demi sedikit protein mengalami denaturasi. Akibat denaturasi protein di dalam sel bakteri tidak dapat bekerja. Sehingga  mengakibatkan kerusakan sel-sel pada bakteri

  1. Sebagai Hand Sanitizer

Hand sanitizer sebagai pembersih tangan antiseptik inovatif saat ini, sering menjadi alternatif pengganti cuci tangan dengan alcohol dan baby oil. Mencuci tangan dengan hand sanitizer merupakan salah satu cara memelihara kebersihan tangan agar terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan virus.

Etil alcohol mampu membunuh bakteri, sedangkan baby oil yang mengandung ekstrak lidah buaya dapat menghilangkan reaksi kulit luar akibat bahan kimia yang memiliki alergi terhadap kulit sensitive. Oleh karena itu kombinasi ini baik digunakan sebagai hand sanitizer. Karena dapat mengurangi iritasi pada kulit dan membunuh kuman dan bakteri pada tangan.

  1. Sterilisasi Alat

Alcohol 70% merupakan cairan yang mengandung 70% etil alcohol (CH3CH2OH) dan 30% air. Oleh karena itu campuran ini dapat digunakan untuk mensterilkan peralatan rumah tangga, peralatan main anak-anak, gagang pintu, handphone dan peralatan lainnya yang sering dipakai dan sering kali diabaikan keberadaan bakteri pada alat tersebut.

  1. Dapat Membersihkan Buah dan Sayuran

Untuk kasus seperti ini sebaiknya menggunakan cairan alcohol dengan takaran yang lebih sedikit daripada baby oil. Supaya cairannya tidak terlalu keras dan tidak menimbulkan efek samping saat memakan buah atau sayuran tersebut. Oleh karena itu sebaiknya dibersihkan kembali dengan air yang mengalir setelah beberapa menit, supaya campuran ini tidak menempel pada buah dan sayuran. Sehingga aman untuk dikonsumsi.

  1. Sebagai Pewangi

Lalu dapat dijadikan sebagai pewangi. baik untuk pewangi pakaian atau setelah menyentuh sesuatu yang berbau amis. Hal ini terjadi jika menggunakan baby oil yang mengandung rose oil, minyak bunga matahari, lavender, dan bahan alami lainnya yang memiliki aroma wangi.

  1. Mengobati Luka

Membersihkan luka menggunakan alcohol cukup efektif untuk mencegah pertumbuhan bakteri pada luka ditangan maupun anggota tubuh lainnya. Namun, dapat menimbulkan sensasi terbakar dan menimbulkan iritasi pada kulit. Hal ini dapat terjadi jika hanya menggunkan alcohol saja. Tetapi jika dicampur dengan baby oil maka akan mengobati iritasi pada kulit karena kandungan lanolin yang dapat menyeimbangakan kereaktifan dari alcohol itu sendiri.

  1. Dapat Membersihkan Lantai Rumah

Selain itu campuran ini dapat digunakan untuk membersihkan lantai, karena mengandung etanol yang menghambat pertumbuhan mikroorganisme, dan menghilangkan bau amis pada lantai, karena mengandung baby oil.

  1. Menghapus Noda Cat dan Tinta

Noda cat yang menempel pada kulit sulit untuk dibersihkan, apalagi dalam keadaan terdesak. Entah itu cat tembok, tinta, ataupun cat untuk mewarnai rambut. Namun dengan menggunakan campuran alcohol dan baby oil ini dapat dengan mudah membersihkannya. Tinggal mengoleskannya pada noda dan diamkan beberapa menit, setelah itu noda pun hilang dengan mudah.

Jadi kandungan yang terdapat pada alcohol dan baby oil merupakan kombinasi yang sangat cocok digunakan dalam memelihara kesehatan. Selain mudah untuk didapat, campuran ini mudah untuk dibuat dan praktis digunakan serta biaya yang dikeluarkan pun terjangkau murah. 

Ikuti tulisan menarik Geovani Siallagan lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler