Cara Menghemat Energi dalam Kehidupan Sehari-hari - Analisa - www.indonesiana.id
x

Geovani Siallagan

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 16 Oktober 2020

Selasa, 20 Oktober 2020 21:55 WIB

  • Analisa
  • Berita Utama
  • Cara Menghemat Energi dalam Kehidupan Sehari-hari

    Tantangan bagi kinerja tinggi adalah mengatur energi dengan lebih efektif dalam setiap dimensi baik fisik, emosional, mental dan spiritual. Karena energi merupakan faktor yang lebih penting untuk meningkatkan kinerja daripada waktu.

    Dibaca : 681 kali

    Penulis adalah Mahasiswa Bilingual Pendidikan IPA Universitas Negeri Medan (UNIMED)

    Energi Secara Umum

    Energi adalah kemampuan untuk melakukan usaha atau suatu perubahan. Manusia membutuhkan energi untuk bekerja, bergerak, bernapas, dan mengerjakan banyak hal lainnya. Kita adalah manusia yang hidup di era milenial, yang tidak lepas dari teknologi. Banyak sekali manfaat energi bagi kehidupan, mulai dari alat transportasi, alat-alat industri, alat-alat listrik rumah tangga, dan masih banyak lagi alat teknologi yag membantu memudahkan kita untuk bekerja.

    Keterikatan kita terhadap teknologi tersebut membuat sumber energi terus menerus digunakan. Contoh, teknologi yang selalu digunakan oleh manusia adalah handphone. Dengan banyaknya pengguna handphone tidak sedikit pula yang boros dalam menggunakan energy. Banyak sekali ditemukan kelalaian dalam penggunaan energi atau pemborosan. Misalnya tidak melepas charger handphone saat baterai terisi penuh, tidak mematikan keran air, dan masih banyak lagi kelalaian- kelalaian yang mengakibatkan energy terbuang dengan sia-sia bahkan dapat merugikan lingkungan sekitar.  

    Tony Schwartz melakukan pelatihan manajemen energi untuk menghasilkan kinerja tinggi, dan mereka telah melatih ribuan orang. Tantangan bagi kinerja tinggi adalah mengatur energi dengan lebih efektif dalam setiap dimensi baik fisik, emosional, mental dan spiritual. Karena energi merupakan faktor yang lebih penting untuk meningkatkan kinerja daripada waktu.

    Setiap pemikiran, emosi dan perilaku kita membawa konsekuensi energi, baik atau buruk. Ukuran terpenting dalam hidup kita bukanlah seberapa waktu yang kita gunakan di dunia, tetapi lebih pada seberapa banyak energi yang kita investasikan dalam waktu kita. Dengan demikian kita akan dapat berkinerja baik, sehat, dan bahagia bila kita terampil mengelola energi kita.

    Oleh karena itu, kita sebagai pengguna energi haruslah sadar akan pentingnya menghemat energi. Ada berbagai macam cara menghemat energi yang bisa dilakukan, bahkan dengan melakukan hal-hal terkecil sekalipun. Dengan kita menghemat energy juga bisa menghemat biaya tagihan listrik, hingga mengurangi polusi dan dampak negatif dari emisi yang dihasilkan dari penggunaan energi yang berlebihan.

    Beberapa cara sederhana yang dapat kita lakukan untuk menghemat energi adalah:

    1. Mematikan Semua Peralatan Elektronik Jika Tidak Digunakan

    Dengan mematikan peralatan elektronik saat tidak digunakan adalah langkah sederhana yang mudah untuk kita lakukan. Karena sering kali kita lupa untuk mematikan peralatan elektronik ketika bepergian apalagi disaat ada kegiatan yang mendesak. Padahal hal ini tidak butuh waktu lama untuk melakukannya. Misalnya mematikan kipas angin, melepaskan kabel yang masih menancap pada stop kontak, dan lain-lain. Kelalaian ini akan membuat aliran listrik terus mengalir, sehingga terbuang dengan sia-sia dan menambah tagihan listrik.

    1. Menggunakan Alat Tranportasi Umum

    Cara sederhana lainnya adalah dengan menggunakan alat transportasi umum. Dengan menggunkan alat transportasi umum akan mengurangi bahan bakar, menghemat pengeluaran, atau menggunakan sepeda. Sepeda, tidak hanya mengehemat bahan bakar, juga memberikan dampak positif bagi tubuh, dan bahkan dapat mengurangi polusi yang akan berdampak pada lingkungan sekitar. Hal-hal sederhana ini banyak memberikan manfaat, oleh karena itu mari kita lakukan untuk mengehemat sumber energy dengan menggunakan fasilitas transportasi umum.

    1. Menggunakan Handphone Dengan Bijaksana

    Seperti yang kita ketahui, zaman semakin modern sehingga memaksa kita untuk mengikuti perkembangan teknologi yang semakin canggih. Dari perkembangan teknologi ini banyak dampak positif yang diperoleh. Tetapi tidak sedikit pula dampak negatif yang diperoleh. Misalnya menggunakan handphone android untuk melakukan hal-hal yang tidak berguna, bermain game sampai berjam jam, menonton video yang tidak beredukasi, dan masih banyak lagi kegiatan yang merugikan. Dengan hal-hal itu energy yang terpakai tidak digunakan dengan bijaksana. Oleh karena itu mari kita sebagai kaum milenial gunakanlah teknologi dengan sebaik mungkin agar sumber energi yang kita gunakan tidak terpakai untuk hal-hal yang sia-sia.

    1. Menggunakan Lampu LED

    Lampu LED (light emitting diode) merupakan salah satu jenis lampu yang sering digunakan. Karena lampu jenis ini menggunakan diode pancaran cahaya yang digabungkan menjadi sebuah lampu. Lampu jenis ini memiliki banyak fungsi dan mampu mengurangi penggunaan energy listrik. Secara umum lampu LED mengunakan daya listrik lebih sedikit dibandingkan dengan jenis lampu lainnya. Banyak riset menunjukkan bahwa lampu jenis ini memiliki efisiensi penggunaan daya hingga 60-70 % lebih baik dari lampu jenis lain. Hal ini tentunya dapat memberikan keuntungan pada tagihan listrik.

    1. Memberikan Sosialisasi Tentang Cara Menghemat Energy

    Cara sederhana lainnya adalah dengan memberikan sosialisasi tentang cara menghemat energy. Hal ini bisa langsung kita lakukan kepada para pelajar, kepada tetangga di lingkungan sekitar, kepada orang-orang yang kita jumpai, atau bahkan dapat kita lakukan dengan memanfaatkan media social. Kita juga dapat memberikan informasi tentang dampak negatif jika kita boros menggunakan energy.

    1. Menggunakan Sumber Energy Alternative

    Selain itu kita juga dapat menggunkan biodiesel sebagai sumber energy alternative. Dibeberapa negara maju, biodiesel telah berkembang menjadi bahan bakar utama. Biodiesel adalah salah satu energy alternative kendaraan bermotor selain energy listrik untuk menggantikan peran energy fosil yang tidak dapat terbarukan serta menghasilkan tingkat polusi yang lebih rendah daripada solar.  Menurut National Biodiesel Board, keuntungan yang didapatkan ketika menggunakan biodiesel adalah:

    • Biodiesel dapat langsung dipakai pada motor diesel tanpa melakukan modifikasi signifikan dan memiliki risiko kerusakan yang sangat kecil
    • Biodiesel mempunyai efek pelumasan yang lebih baik daripada solar. Berdasarkan perhitungan, penambahan 1% biodiesel dapat meningkatkan pelumasan sekitar 30%. Sehingga hal itu dapat mengurangi penggunaan solar.
    • Biodiesel memberikan konsumsi bahan bakar, horse power, dan torsi yang hampir sama dengan solar
    • Biodiesel dapat diperbarui dan memiliki siklus karbon yang tidak menyebabkan pemanasan global. Emisi CO2 secara keseluruhan berkurang sebesar 78% dibandingkan dengan mesin diesel yang menggunakan bahan bakar fosil. Sehingga dapat mengurangi polusi di udara.
    1. Mencabut Penanak Nasi Jika Sudah Tidak Digunakan

    Hal sederhana ini sering sekali dilupakan, sehingga membuat aliran listrik terus mengalir dan menyebabkan nasi menjadi kering karena telalu panas. Karena diketahui bahwa alat penghangat dapat menggunakan daya listrik yang cukup banyak. Oleh karena itu bijaklah dalam menggunakan alat-alat listrik, dengan memakai yang seperlunya saja, dan mencabutnya jika sudah tidak digunakan lagi.

    Dengan belajar untuk menghemat energy tentunya ada banyak manfaat dan keuntungan yang bisa kita dapatkan. Salah satu keuntungan yang bisa langsung dirasakan adalah berkurangnya pengeluaran untuk membayar tagihan listrik ataupun pemakaian air. Keuntungan berikutnya yang bisa dirasakan dalam jangka waktu yang panjang adalah untuk menjaga sumber daya alam yang jumlahnya saat ini sudah semakin sedikit dan dapat menyisakannya untuk generasi yang akan datang.

    Itulah beberapa cara untuk menghemat energy yang bisa dipraktekkan di rumah. Dengan belajar dan mengetahui cara menghemat energy tentunya akan membawa manfaat yang banyak bagi siap saja. 



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.