x

Iklan

Fauzia Kusuma

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 22 Oktober 2020

Jumat, 6 November 2020 18:50 WIB

Lebih Dalam Mengenal Produk UMKM Jahe Wangi Kedungwadas, Semarang

Berisi tentang produk umkm jahe wangi kedungwadas

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Jahe merupakan salah satu rempah yang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Jahe sudah dikenal dari seantero nusantara maupun dunia. Rempah yang berasal dari Asia Tenggara ini mengandung banyak vitamin, mineral dan nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan. Dalam artikel Fitri Chaeroni menyebutkan bahwa manfaat jahe untuk kesehatan diantaranya meredakan flu, menghilangkan mual, mengurangi nyeri otot, mengurangi gula darah dan masih banyak lagi. Pada masa pandemi seperti sekarang ini, jahe banyak diburu oleh masyarakat untuk menjaga kekebalan tubuh.

Salah satu daerah di Semarang tepatnya di Kampung Kedungwadas, terdapat UMKM Jahe Wangi yang dipelopori oleh 4 ibu-ibu warga Kampung Kedungwadas. Produksi jahe wangi sudah ada sejak bulan Januari 2020 dan sampai sekarang masih berjalan. Produk ini berbentuk serbuk jahe. Produksi pertama menghasilkan 20 kantong jahe wangi, namun karena permintaan jahe wangi yang banyak karena masa pandemi dalam sehari dapat menghasilkan 40 kantong jahe wangi. “Biasanya kita memproduksi 20 kantong saja mbak, tapi karena pesanan membludak, sehari kita bisa produksi sampai 40 kantong dan kami kirim ke luar kota juga,” kata Bu Yanti (salah satu Ibu Penggerak UMKM Jahe Wangi)

Salah satu anggota KKN Reguler DR 75 Kelompok 63 berkesempatan untuk belajar cara mengolah jahe menjadi produk jahe wangi yang diminati banyak orang. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 2 November 2020 di rumah salah satu ibu penggerak UMKM jahe wangi. Kegiatan mengolah produk jahe wangi dimulai dari membersihkan jahe mentah, penggilingan jahe menggunakan mesin, penyaringan air jahe, proses pemasakan jahe, pengayakan serbuk jahe wangi, dan diakhiri dengan proses pengemasan kedalam kantong.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Oleh : Fauzia Kusuma Ramadhani (1701016130)

Peserta KKN Reguler DR 75 UIN Walisongo Semarang

Kelompok 63

Ikuti tulisan menarik Fauzia Kusuma lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

14 jam lalu

Terpopuler