Salad Tegal, Sehat Tidak Harus Mahal - Travel - www.indonesiana.id
x

Sayuran berbalur sambal singkong pedas.

Nastiti Rahayu

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 25 November 2020

Kamis, 26 November 2020 12:34 WIB

  • Travel
  • Berita Utama
  • Salad Tegal, Sehat Tidak Harus Mahal

    Kuliner Tegal. Makanan berbahan sayuran yang dikukus dan dibalur sambal singkong pedas.

    Dibaca : 1.289 kali

    Indonesia merupakan negara kaya akan kulinernya. Dari sabang sampai merauke untuk kulinernya memiliki ciri khas masing-masing. Salah satunya yaitu rujak teplak khas daerah Tegal, Provinsi Jawa Tengah.

    Apa sih rujak teplak itu? Keistimewaan apa yang ada dirujak teplak ini, sehingga menjadikan makanan ini masuk dalam kategori kuliner yang wajib dicicip jika berkunjung ke kota Tegal maupun Kabupaten Tegal?

    Menurut KBBI, Rujak (n) makanan yang dibuat dari buah-buahan kadang-kadang disertai sayuran yang diiris (ditumbuk dan sebagainya), kemudian diberi bumbu yang terdiri atas asam, gula, cabai, dan sebagainya. 

    Ya benar, rujak teplak adalah makanan yang berbahan dasar sayuran rebus atau kukus yang dibalur dengan sambal singkong pedas. Nah baluran sambal singkong pedas ini yang menjadikan kuliner khas Tegal ini berbeda dengan kuliner rujak dari daerah lain. Dimana biasanya kuliner rujak di daerah lain dibalur dengan sambal pecel yang berbahan dasar kacang tanah yang disangrai (digoreng tanpa minyak dengan api sedang) kemudian dihaluskan bersama dengan gula merah (gula jawa/gula aren) yang diberi rempah-rempah sebagai penyedap rasa.

    Sedangkan sambal singkong dibuat dari bahan singkong atau ubi kayu yang direbus kemudian dihaluskan bersama cabai dan rempah atau bumbu-bumbu penyedap rasa. Rasanya yang gurih,pulen,pedas,dan asin menjadi salah satu daya tarik nikmat tersendiri untuk salah satu makanan khas Tegal satu ini.

    Isian rujak teplak ini ada daun kangkung,daun singkong,ketimun,kubis,kecipir,jantung pisang,pare,tauge,daun lembayung atau daun lengguk,dan kembang turi. Semua bahan sayuran tersebut dikukus atau direbus hingga matang kemudian ditiriskan.

    Bahan untuk sambal singkong yaitu singkong kukus,cabe merah kukus,cabe rawit kukus,terasi,asam jawa,gula jawa,dan garam secukupnya. kemudian haluskan singkong kukus tadi dan haluskan pula bahan-bahan pelengkapnya. Tahap terakhir campurkan kedua tumbukan bahan halus tadi dan tambahkan air secukupnya agar mudah tercampur dan sambal sedikit encer.

    Untuk penyajiannya, biasanya rujak teplak ini lebih nikmat disajikan menggunakan wadah yang teralasi daun pisang.Hal ini menambahkan rasa sedap dalam penyantapan rujak teplak itu sendiri. Ambil secukupnya sayuran yang telah direbus atau dikukus tadi kemudian siram dengan sambal pecel berbahan singkong kukus tadi.

    Rujak teplak ini dapat disajikan diwaktu kapan saja dan teman rujak teplak ini biasanya kerupuk mie pasir khas Tegal. Namun sebenarnya tidak hanya kerupuk mie pasir saja,bisa yang lainnya. karena sambal singkong ini sangat cocok sebagai cocolan beraneka kerupuk dan gorengan.

     



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.