x

Iklan

Puji Handoko

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 13 November 2020

Minggu, 6 Desember 2020 13:10 WIB

Kado Indah dari Pertamina di Hari Ulang Tahunnya

Bantuan itu tentu sangat berarti bagi mereka, apalagi di tengah kondisi pandemi seperti ini. Banyak perusahaan yang menjadi donatur mereka sebelumnya, tentu akan mengurangi pengeluaran mereka. Oleh sebab itu, yayasan-yayasan itu tengah mengalami kesulitan yang berlipat ganda. Tekanan berat itu akan menjadi ringan jika banyak orang kembali memberikan santunan seperti sediakala.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Biasanya, mereka yang sedang ulang tahun yang mendapatkan kado. Tapi untuk perusahaan-perusahaan besar justru sebaliknya. Dengan dana Corporate Social Responsibility (CSR) mereka memberikan bantuan pada orang-orang yang membutuhkan. Itu merupakan bagian dari tanggung jawab sosial yang diemban oleh perusahaan. Dengan begitu akan tercipta hubungan harmonis antara masyarakat sekitar dengan perusahaan.

 

Pertamina misalnya, dalam menyongsong hari ulang tahunnya yang ke-63, perusahaan pelat merah itu membagikan santunan senilai Rp3,5 miliar. Bantuan itu diberikan kepada 105 yayasan di sekitar wilayah operasi. Mereka adalah pengelola panti asuhan, panti jompo, panti sosial, dan pondok pesantren. Bantuan tersebut diberikan dalam acara Energize Your Soul yang diselenggarakan secara virtual, dihadiri jajaran direksi dan komisaris Pertamina.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Bantuan itu tentu sangat berarti bagi mereka, apalagi di tengah kondisi pandemi seperti ini. Banyak perusahaan yang menjadi donatur mereka sebelumnya, tentu akan mengurangi pengeluaran mereka. Oleh sebab itu, yayasan-yayasan itu tengah mengalami kesulitan yang berlipat ganda. Tekanan berat itu akan menjadi ringan jika banyak orang kembali memberikan santunan seperti sediakala.

 

"Dalam kegiatan ini kami memberikan santunan, juga Perwira Pertamina melaksanakan volunteerism. Bisa kita lihat secara online ada yang beraktivitas sosial dalam bidang pendidikan dan santunan di 11 lokasi. Tentu ini tetap menerapkan protokol COVID-19, dan kita juga menyalurkan santunan Rp3,5 miliar kepada 105 yayasan," kata Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati, sebagaimana dikutip Republika, Rabu 2 Desember 2020.

 

Perwira Pertamina adalah sebutan untuk para pekerja di Pertamina. Sebutan itu melambangkan daya juang yang dimiliki oleh mereka. Diharapkan hal itu akan menumbuhkan semangat baru untuk mengabdi pada negeri. Hal yang sama juga hendaknya dimiliki oleh mereka, para penerima bantuan yang sedang berjuang menghadapi pandemi. Daya juang yang memunculkan harapan untuk lebih baik esok hari.

 

Ada banyak kegiatan yang dilakukan Pertamina menjelang hari ulang tahunnya, misalnya MyPertamina Fair yang merupakan rangkaian acara perayaan HUT Pertamina ke-63. Kegiatan itu dilaksanakan pada tanggal 27 November 2020 hingga 10 Desember 2020. Para pelanggan dapat menukarkan merchandise, e-voucher, dan juga hadiah istimewa mulai dari 63 poin dan juga diskon mulai 63%. Caranya adalah melalui aplikasi MyPertamina yang dapat di-download melalui Google Play atau App Store.

 

Pertamina juga terus menggenjot pembangunan SPBU BBM Satu Harga di banyak wilayah. Semua itu dilakukan sebagai wujud rasa syukur perusahaan dalam mengabdi pada negara. Di daerah-daerah terpencil harga eceran BBM meroket. Hal itu terjadi karena akses ke wilayah tersebut sangat sulit ditempuh. Untuk itulah program BBM Satu Harga dijalankan. Sesuai dengan program itu, Pertamina bekerja maksimal untuk menyelesaikannya sesuai rencana, hal itu dimaksudkan sebagai salah satu kado untuk mereka dari Pertamina.

 

Bagi Pertamina, rasa bahagia orang-orang yang diberikan bantuan itu mungkin menjadi kado indah bagi perusahaan. Sebab dengan memberikan bantuan, akan menjadi energi untuk menjadi lebih baik dan bermanfaat. Sebagaimana amanat kehidupan yang diberikan Tuhan kepada kita. Oleh sebab itu ada kata-kata bijak yang mengatakan, tidak akan berkurang harta bagi yang sedekah. Karena di dalamnya terkandung berkah.

 

 

Ikuti tulisan menarik Puji Handoko lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler