x

Usaha Rumahan Modal Kecil Cocok Untuk Anak Muda

Iklan

Siti Listyowati

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 8 Desember 2020

Kamis, 10 Desember 2020 11:00 WIB

6 Usaha Rumahan Modal Kecil Cocok untuk Anak Muda

Saat ini usaha rumahan merupakan cara yang efektif untuk meningkatkan pendapatan. Terlebih jika Anda merasa gaji bulanan saja tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Jika Anda melakukannya secara serius dan dengan plan yang cermat dan tepat, usaha rumahan yang biasanya dianggap sampingan berpotensi berkembang pesat. Bahkan bisa menjadi penghasilan utama Anda.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Saat ini usaha rumahan merupakan cara yang efektif untuk meningkatkan pendapatan.

Terlebih jika Anda merasa dengan gaji bulanan saja tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Sayangnya, banyak orang yang meremehkan pendapatan bisnis rumahan, terutama bagi para pemula. Padahal, jika Anda dapat melakukannya secara serius dengan plan yang cermat dan tepat, maka usaha rumahan yang biasanya dianggap sebagai sampingan akan berkembang pesat dan bahkan menjadi penghasilan utama Anda.

Anda tertarik untuk memulai usaha rumahan? Berikut ide bisnis rumahan modal kecil modal kecil dan cocok untuk Anak muda (kaum milenial). Simak di bawah ini, yuk!

1. Jasa Les Privat

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sebagai anak muda yang berpengalaman dan mempunyai pengetahuan luas, Anda dapat memberikan jasa les privat untuk siswa sekolah di sekitar rumah. Anda dapat focus pada satu bidang studi atau beberapa mata pelajaran sekaligus.

Dengan modal kecil sekitar 500 ribuan anda dapat menjalani bisnis ini. Anda dapat memanfaatkan salah satu ruangan dalam rumah anda.

Anda dapat memberikan tarif per jam, misalnya 50 ribu. Dan Jika Anda melakukan hingga 5 les dalam seminggu, maka bisa mendapatkan 1 juta lebih dalam sebulan. Lumayan kan?

2. Jasa Laundry

Jasa Laundry merupakan usaha rumahan yang tidak ada matinya, kenapa begitu? Sebab usaha ini selalu dibutuhkan setiap hari. Oleh karena itu, dapat dijadikan peluang usaha bagi kaum muda saat ini.

Usaha ini bisa Anda lakukan di rumah dengan memanfaatkan pekarangan atau area samping yang luas (terutama area kering). Hal lain yang perlu diperhatikan adalah menyiapkan mesin cuci, timbangan besi dan kantong plastic.

Sebaiknya, usaha ini anda tambahkan layanan antar-jemput sehingga pelanggan merasa dimanjakan. Jadi, dengan modal yang minim anda dapat menjalankan usaha ini.

3. Usaha kuliner

Selanjutnya usaha rumahan modal kecil yang bisa Anda coba adalah memulai usaha kuliner. Hampir sama dengan layanan laundry, bisnis dalam bidang makanan ini tidak akan pernah tergerus oleh perkembangan zaman.

Apalagi bagi yang suka memasak, tentunya ini sangat cocok untuk menghasilkan uang. Untuk memulai bisnis ini, Anda bisa menjual kue olahan sendiri dan bahan-bahan yang mudah didapat. Oleh karena itu, tidak diperlukan modal yang besar.

Untuk pemasarannya, Anda dapat menitipkan saja kue olahan di toko terdekat. Jika Anda merasa telah menarik banyak pelanggan, maka dapat menyewa toko atau kios dengan harga murah di sekitar tempat tinggal Anda. Dan Anda pun tidak akan pernah kehilangan pelanggan.

4. Beternak Ayam Kampung

Fakta membuktikan bahwa kualitas ayam kampung lebih baik dari ayam lain. Dari keamanan hingga kualitas nutrisi. Bagi banyak orang, memulai bisnis jenis ini bukanlah hal yang aneh.

Usaha rumahan ini juga sangat cocok untuk anak muda. Selain anak muda sekarang banyak yang gengsi dalam melakukan usaha ternak ini, permintaan ayam kampung saat ini juga semakin meningkat, terutama karena restoran menggunakan ayam lokal sebagai andalan utamanya.

Dengan hanya modal 1 jutaan anda sudah dapat menjalankan bisnis ini. Menarik kan?

5. Jualan Mainan

Bagi yang tinggal di lingkungan sekolah, khususnya sekolah dasar, menjual mainan menjadi salah satu pilihan. Atau Anda tinggal di dekat tempat yang banyak anak anak. Karena mainan sangat digemari oleh anak-anak, selain membantu kemampuan kognitifnya, mainan juga dapat meningkatkan kreativitas berpikir. Tetapi perlu dicatat bahwa bisnis ini mungkin musiman, jadi Anda harus dapat memplaning sedemikian rupa sehingga bisnis ini terus berjalan.

6. Ternak Ikan Cupang

Bisnis ikan cupang merupakan salah satu usaha rumahan yang lagi trend saat ini. Anda dapat memulai bisnis ini hanya dengan modal kecil yakni sekitar 1 jutaan. Anda beli ikan cupang jantan dan betina atau sepasang kemudian anda kembangkan melalui budidaya ikan cupang.

Nah, setelah berkembang dan menjadi banyak maka anda dapat menjualnya melalui online ataupun offline. Sangat gampang kan? Tunggu apa lagi.

Demikianlah usaha rumahan modal kecil yang cocok untuk anak muda, Semoga bisa menjadi inspirasi And dalam melakukan bisnis di usia muda. Apabila Anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan tekan tombol share, like dan bagikan ke teman teman sosial media Anda yang lain ya. 

Referensi Sumber: Gagego Media

Ikuti tulisan menarik Siti Listyowati lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu