x

Pernah Alami Windows 10 Tidak Bisa Shutdown? Ini dia Tips untuk Mengatasinya

Iklan

Siti Listyowati

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 8 Desember 2020

Selasa, 29 Desember 2020 06:05 WIB

Pernah Alami Windows 10 Tidak Bisa Shutdown? Ini dia Tip untuk Mengatasinya

Pernah Alami Windows 10 Tidak Bisa Shutdown? Lalu apa yang mesti dilakukan? Tekan tombol power dan melakukan Hard Booting kah? Nah, Ini dia Tips untuk Mengatasinya. Simak yuk!

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Windows 10 hadir belakangan untuk memanjakan pengguna desktop dengan segudang fitur yang makin canggih. Sistem operasi (OS) berbasis windows ini memang sangat populer di berbagai kalangan, terutama untuk masyarakat Indonesia.

Meski tergolong versi teranyar windows, dan ditengarai cukup stabil, pada waktu tertentu pengguna juga masih mengeluhkan adanya sedikit masalah.

Salah satu masalah yang umum dihadapi pengguna seperti misalnya sewaktu selesai melakukan update, dan kemudian muncul pesan,”Getting Windows ready, Don’t turn Off Your Computer”, tapi setelah ditunggu selama sekian waktu ternyata PC atau Laptop kita masih saja menyala dan muncul notitikasi tersebut.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Kalau masa tunggunya belum terlalu lama, mungkin bisa jadi orang masih sabar. Tetapi, kalau menunggu sudah hampir hitungan diatas 30 menit saja, sudah pasti pengguna tidak akan sabar lagi.

Lalu apa yang mesti dilakukan? Tekan tombol power dan melakukan Hard Booting kah?

Bila itu yang terlintas di kepala sebaiknya pikir ulang, sebab arti dari kata yang tampil adalah,”Mempersiapkan Windows, Jangan Matikan Komputer Anda”. Nah loh, sudah jelas kan kalau seandainya ada apa-apa setelah pengguna menginterupsi proses tersebut dengan melakukah hard booting atau hard shutdown, setiap kerusakan menjadi tanggung jawab pengguna sendiri?

Atau sebenarnya, meski kita melakukan cara ekstrim dengan langsung mematikan laptop atau komputer secara paksa sebenarnya tidak terjadi masalah apapun? Mari kita simak sebuah studi kasus berikut ini.

  • Studi Kasus Pertama

Sebuah update windows besar yang dilakukan yaitu Fall Creators Update dan komputer dimatikan saat masih muncul tulisan “Configuring update for Windows 10, Do not Turn off Your Computer”, yang artinya kurang lebih sama seperti pada pertanyaan di ulasan kali ini, ternyata menunjukan kalau setelah dimatikan paksa lalu komputer dihidupkan kembali, hanya muncul sebuah tulisan “please wait”, setelah sign in kembali ditemukan sebuah notifikasi “we couldn’t finishing installing updates”, atau kurang lebih bisa diartikan, instalasi proses update tidak berhasil.

  • Studi Kasus Kedua

Untuk studi kasus kali ini, udpate minor yang dilakukan. Selanjutnya, saat muncul notifikasi menunggu dan jangan matikan komputer, maka tombol power ditekan selama beberapa detik. Saat komputer dihidupkan kembali, semua tampak dalam kondisi baik-baik saja. Hanya muncul notifikasi update tidak berhasil, sama seperti studi kasus kedua.

  • Studi Kasus Ketiga

Untuk studi kasus ketiga, dilakukan percobaan yang lebih ekstrem. Major update dilakukan, dan selanjutnya menunggu hingga proses berjalan sampai 48%. Komputer kembali dimatikan secara paksa. Dan hasilnya, saat komputer kembali dinyalakan hanya ada notifikasi,”restoring your previous version of windows” yang artinya mengembalikan ke setelan windows semula.

Dari ketiga percobaan diatas bisa disimpulkan bahwa dengan melakukan hard shutdown untuk mengatasi windows 10 yang tidak bisa shutdown juga sebenarnya tidak ada masalah berarti. Hanya saja sebelum benar-benar memutuskan hard shutdown, sebaiknya berpikir ulang, dengan menunggu minimal hitungan jam.

Ikuti tulisan menarik Siti Listyowati lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu