Main Boleh Kecanduan Jangan - Gaya Hidup - www.indonesiana.id
x

Dampak seseorang yang mengalami kecanduan terhadap video atau permainan berbasis internet (game online) sangat besar. Seseorang yang mengalami adiksi, di samping mengalami keluhan secara fisik juga mengalami perubahan struktur dan fungsi otak.\xd \xd Demikian pernyataan salah seorang praktisi kesehatan jiwa, dr. Kristiana Siste, SpKJ(K) saat ditemui dari Departemen Psikiatri FK UI RSCM, Senin petang (2/7).\xd \xd \x201cStruktur dan fungsi otaknya mengalami perubahan. Jadi, kalau kita lihat otaknya pake MRI, ada perubahan di bagian otak pre-frontal cortex\x201d, tutur dr. Siste.\xd \xd Gangguan pada bagian otak tersebut mengakibatkan orang yang mengalami suatu ketergantungan atau kecanduan kehilangan beberapa kemampuan/fungsi otaknya, antara lain fungsi atensi (memusatkan perhatian terhadap sesuatu hal), fungsi eksekutif (merencanakan dan melakukan tindakan) dan fungsi inhibisi (kemampuan untuk membatasi).

Moh Hidayat

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 5 Januari 2021

Sabtu, 9 Januari 2021 06:46 WIB

  • Gaya Hidup
  • Berita Utama
  • Main Boleh Kecanduan Jangan

    Game online adalah game atau permainan digital yang hanya bisa dimainkan ketika perangkat terhubung dengan jaringan internet yang memungkinkan penggunanya untuk dapat berhubungan dengan pemainpemain lain yang mengakses game tersebut di waktu yang sama. Game ini semakin berkembang sejak zaman semakin modern, teknologi semakin berkembang.

    Dibaca : 150 kali

    Game online adalah game atau permainan digital yang hanya bisa dimainkan ketika perangkat terhubung dengan jaringan internet yang memungkinkan penggunanya untuk dapat berhubungan dengan pemainpemain lain yang mengakses game tersebut di waktu yang sama. Game ini semakin berkembang sejak zaman semakin modern, teknologi semakin berkembang. Pengguna-pengguna game online ini turut bertambah banyak pula, mulai dari berbagai kalangan, misalnya para remaja, orang dewasa bahkan anak-anak juga menjadi pengguna game online ini

    Dalam kehidupan sehari-hari, seseorang individu merupakan makhluk sosial yang berarti seseorang selalu membutuhkan bantuan orang lain untuk memenuhi kebutuhannya dan tidak dapat hidup dengan sendiri. Saat permainan online hadir hal ini terkadang membuat seorang individu menjadi seseorang yang anti sosial, karena ia merasa tidak membutuhkan lingkungan luar untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya.

    Faktanya seorang individu bisa berjam-jam bermain komputer dan memilih untuk tidak berinteraksi dengan lingkungan luar. Terkadang seseorang jika telah menjadi pecandu permainan online akan mempunyai indikator tertentu, misalnya seseorang tersebut lebih banyak menggunakan waktunya untuk bermain game daripada berinteraksi sosial dengan lingkungan luar.

    Gejala yang terjadi juga dapat menyerang secara fisik dan psikis, seseorang yang kurang mempunyai relasi sosial cenderung akan lebih mudah terbawa emosi dan tidak dapat mengendalikan perasaannya walaupun mungkin kecerdasan otaknya meningkat. Indikator ini dapat dilihat sejak dini saat awal-awal seseorang mulai kecanduan terhadap permainan online ini.

    Namun hal ini sedikit berbeda jika seseorang tersebut memang bekerja dalam bidang game, seseorang yang memenuhi kebutuhan ekonominya dengan game lebih memiliki tujuan yang jelas dan masih bisa mengontrol waktu dan sadar akan kebutuhan diri sendiri.

    Game online merupakan bagian dari internet yang sering dikunjungi dan sangat digemari saat ini terutama oleh kalangan remaja maupun dewasa. Bahkan anak kecil pun sekarang dapat mengaksesnya. Hal ini bisa menyebabkan kecanduan dengan intensitas yang tinggi. Kecanduan merupakan perasaan yang sangat kuat terhadap sesuatu yang diinginkannya sehingga akan selalu berusaha untuk mencari sesuatu yang sangat diinginkan itu, misalnya kecanduan internet, kecanduan menonton televisi, atau kecanduan bermain.

    Kecanduan game online merupakan salah satu jenis kecanduan yang disebabkan oleh teknologi internet atau yang lebih dikenal dengan internet addictive disorder terhadap permainan-permainan virtual. Internet dapat menyebabkan kecanduan, salah satunya adalah computer game dddiction (berlebihan dalam bermain game).

    Sumber:osf.io 

                   



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.