x

Puskesmas Garuda bantu sediakan tes antigen bagi Tim PUSPA

Iklan

CISDI ID

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 8 September 2020

Jumat, 26 Maret 2021 10:13 WIB

Gerak Cepat Dukung Tim PUSPA Bertugas, Puskesmas Garuda Fasilitasi Tes PCR Gratis

Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) bersama Center for Indonesia’s Strategic Development Initiatives (CISDI) resmi meluncurkan Program Puskesmas Terpadu dan Juara (PUSPA) pada Selalu (16/3) lalu. Peluncuran PUSPA adalah momentum penguatan pelayanan kesehatan primer, khususnya puskesmas, dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Puskesmas Garuda memfasilitasi Tes PCR gratis bagi tenaga kesehatan PUSPA yang mulai melaksanakan intervensi di wilayah kerja penempatan. (Sumber gambar: Dok. Humas Kota Bandung)

Kota Bandung, 23 Maret 2021 – Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) bersama Center for Indonesia’s Strategic Development Initiatives (CISDI) resmi meluncurkan Program Puskesmas Terpadu dan Juara (PUSPA) pada Selalu (16/3) lalu. Peluncuran PUSPA adalah momentum penguatan pelayanan kesehatan primer, khususnya puskesmas, dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Mulai dari dinas kesehatan hingga pengurus puskesmas setempat menyambut baik kehadiran Tim PUSPA. Puskesmas Garuda Kota Bandung, sebagai contoh, memfasilitasi Tim PUSPA dengan tes PCR gratis. “Inisiatif tes ini untuk meningkatkan upaya 3T di wilayah Puskesmas Garuda. Seiring peningkatan kasus, kami lebih ketat melaksanakan 3T,” ujar Kepala UPT Puskesmas Garuda, dr. Nitta Kurniati.

Dalam lima hari waktu penempatan di Bandung Raya, Tim PUSPA masih melaksanakan intervensi terbatas melalui initial assessment melalui program orientasi puskesmas dan kunjungan lintas sektor. “Harapan kami, Tim PUSPA bisa membantu pelaksanaan surveilans berbasis masyarakat (SBM) dan pelaksaan program esensial kami,” tutur dr. Nitta kembali.

Walau belum efektif bertugas di lapangan, tim sudah kerap hadapi berbagai tantangan. “Beberapa pasien tidak jujur memberi informasi kesehatan, beberapa warga juga kurang kooperatif, dan berkembang pemahaman yang salah tentang Covid-19,” tutur drg. Yeny Ardine Rosalina, team leader PUSPA yang juga tenaga kesehatan Puskesmas Garuda.

Walau demikian, tim kerap dapatkan sambutan baik. “Dari pertemuan antara tim dengan perwakilan masing-masing kelurahan terlihat respons baik,” ujar drg. Yenny kembali. Harapan ke depan, ia menambahkan, tim bisa ikut meluaskan cakupan wilayah kerja Puskesmas Garuda.

Mepsa Putra, Regional Technical Advisor Program PUSPA untuk wilayah Bandung Raya menyebut inisiatif Puskesmas Garuda sangat patut diapresiasi. “Inisiatif ini diperlukan seluruh anggota tim di wilayah Bandung Raya maupun wilayah lain,” ujarnya.

Mepsa mengakui, inisiatif serupa sebenarnya telah dilakukan puskesmas-puskesmas di wilayah lain di Bandung Raya. “Beberapa puskesmas di Cimahi juga sudah menyambut Tim PUSPA dengan baik.” Namun Mepsa juga tidak menampik, inisiatif seperti ini perlu diketahui banyak orang sehingga mendorong puskesmas penempatan PUSPA lainnya melaksanakan hal serupa.

 

Tentang Program PUSPA

Program PUSPA (Puskesmas Terpadu dan Juara) merupakan kolaborasi Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat yang didukung oleh Center for Indonesia’s Strategic Development Initiatives (CISDI) dalam memperkuat respons penanganan Covid-19 di puskesmas. Program ini merekrut 500 tenaga kesehatan sebagai field officer yang akan ditugaskan di 100 puskesmas di 12 kota/kabupaten di Jawa Barat. Program PUSPA bertujuan menguatkan upaya deteksi, lacak kasus, edukasi publik terkait 3M, menyiapkan vaksinasi Covid-19 hingga memastikan pemenuhan layanan kesehatan esensial di Jawa Barat.

 

Tentang CISDI

Center for Indonesia’s Strategic Development Initiatives (CISDI) adalah think tank yang mendorong penerapan kebijakan kesehatan berbasis bukti ilmiah untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang berdaya, setara, dan sejahtera dengan paradigma sehat. CISDI melaksanakan advokasi, riset, dan manajemen program untuk mewujudkan tata kelola, pembiayaan, sumber daya manusia, dan layanan kesehatan yang transparan, adekuat, dan merata.

 

Penulis

 

Amru Sebayang

Ikuti tulisan menarik CISDI ID lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler