Inovasi dan Pengembangan Produk Baru, Mengapa Itu Penting?

Senin, 29 Maret 2021 07:26 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
img-content
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Yang menjadi topik utama dalam artikel ini adalah membahas mengenai inovasi dan pengembangan produk yang menjadi topik utama. Dimana inovasi dan pengembangan produk yang dilakukan perusahaan harus menyesuaikan dengan perkembangan zaman.

Jika membahas inovasi dan pengembangan produk baru pasti tidak akan ada habisnya. Sebab, inovasi dan pengembangan produk terus dilakukan dari waktu ke waktu dan jaman ke jaman sebagai upaya menciptakan produk-produk yang menarik. Inovasi dan pengembangan produk terus dilakukan seiring berkembangnya teknologi, gaya hidup, kebutuhan serta keinginan agar dapat memberi kemudahan serta mengikuti trend yang sedang menguasai dunia saat ini. 

Perubahan teknologi, kebutuhan dan gaya hidup yang disebabkan perkembangan zaman ini memacu perusahaan dan pelaku usaha untuk terus berinovasi.  Tuntutan konsumen dan persaingan pasar yang mengikuti perkembangan zaman menuntut perusahaan untuk melakukan inovasi dan pengembangan produk. Inovasi dan pengembang produk mempunyai peran yang besar dalam meningkatkan volume penjualan. Maka, perusahaan harus selalu mengikuti perkembangan selera konsumen ataupun keluhan-keluhan dari pelanggan. Perusahaan juga harus mengawasi perubahan gaya hidup, tren, dan strategi dari pesaing agar dapat mengantisipasi terlebih dahulu tindakan-tindakan yang perlu dilakukan.

Inovasi dan pengembangan produk baru sangat penting untuk membantu perusahaan dan para pelaku usaha dalam menjalankan usahanya. Perusahaan berlomba-lomba melakukan inovasi dan pengembangan produk agar usaha mereka berbeda dan unik serta dapat bersaing dengan kompetitor dimana sekarang persaingan semakin ketat. Menurut Trott (2008), pengembangan produk dan inovasi merupakan sebuah hal penting yang dibutuhkan oleh perusahaan. Perusahaan menjalankan bisnis pasti dengan adanya pesaing di luar perusahaan. Oleh karena itu, inovasi dan pengembangan produk ini penting agar produk maupun jasa memiliki ciri khas yang berbeda dengan pesaing dapat memiliki keunggulan yang menonjol, sehingga membuat orang tertarik dengan produknya.

Inovasi dan pengembangan produk sendiri dapat dikatakan sebagai, produk baru yang inovatif dan berbeda dari produk yang sudah ada, pengembangan produk dengan melakukan riset dan desain, atau juga dapat dikatakan memodifikasi produk dengan kualitas, desain, dan fitur yang baru dibandingkan dengan produk sebelumnya. Inovasi dan pengembangan usaha juga dilakukan untuk memberikan nilai yang lebih terhadap suatu produk dan jasa yang dimiliki oleh perusahaan maupun para pelaku usaha. 

Membahas pentingnya inovasi dan pengembangan produk, tujuan dilakukannya pengembangan produk juga tidak boleh terlupakan. Menurut Buchari (2000:101), tujuan dilakukannya pengembangan produk:

  1. Untuk memenuhi keinginan konsumen yang belum puas
  2. Untuk menambah omzet penjualan
  3. Untuk memenangkan persaingan
  4. Untuk meningkatkan keuntungan 
  5. Untuk mencegah kebosanan konsumen

Maka dari itu, inovasi dan pengembangan produk penting karena perusahaan dapat menjadikan inovasi dan pengembangan produk sebagai senjata atau strategi perusahaan untuk dapat bersaing dengan kompetitor dan meningkatkan keuntungan perusahaan. Perusahaan juga harus terus mengikuti perkembangan zaman dan tren masa kini agar dapat terus menciptakan inovasi-inovasi baru bagi produknya. Inovasi dan pengembangan produk juga dapat menjadi ciri khas dan karakter perusahaan yang membedakan perusahaan dengan kompetitior.

Bagikan Artikel Ini
img-content
melanie

Penulis Indonesiana

0 Pengikut

Baca Juga











Artikel Terpopuler