x

Iklan

Firda Amalia

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 15 Mei 2021

Minggu, 23 Mei 2021 05:55 WIB

Android 12 Tersedia Versi Beta Cek Fitur dan Kinerjanya

Android 12 akan terlihat sangat berbeda dari versi Android sebelumnya; ini lebih modern dan privasi dari sebelumnya. Android 12 memperkenalkan Dasbor Privasi baru yang memberi pengguna gambaran mendetail tentang cara aplikasi mengakses informasi mereka.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Google telah meningkatkan fitur privasi di Android selama beberapa tahun terakhir. Android 11 memperkenalkan beberapa peningkatan privasi yang berguna dengan secara otomatis mencabut izin aplikasi yang tidak digunakan, memperkenalkan penyimpanan terbatas, dan banyak lagi. Sekarang, Android 12 bertujuan untuk meningkatkan segalanya.

Android 12 sudah siap menjadi salah satu pembaruan paling signifikan untuk platform selama bertahun-tahun.

Google berfokus pada dua pilar utama Android 12: personalisasi dan privasi. Yang pertama adalah versi Android yang tidak pernah diadopsi Google sebagai fitur berita utama. Dan dengan fokus utama Apple pada transparansi pelacakan aplikasi di iOS 14.5, lebih penting dari sebelumnya bahwa Google menunjukkan kepada pengguna bahwa ia mendengarkan dan peduli dengan privasi orang-orang.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Ada banyak hal yang perlu dibicarakan, jadi mari kita mulai.

Perubahan desain dan fitur baru

Ini adalah salah satu pembaruan paling signifikan untuk Android sejak Desain Material pertama kali diperkenalkan. Akan ada perubahan visual utama, pembaruan privasi dan keamanan, mesin bertema baru, dan banyak lagi.

Kustomisasi dan tema

Android 12 akan terlihat sangat berbeda dari versi Android sebelumnya; ini lebih modern dan pribadi dari sebelumnya. Ada alasannya: Google mengembangkan mesin bertema baru untuk Android yang mengekstrak warna dari wallpaper perangkat Anda dan menerapkannya ke berbagai bagian OS, seperti layar kunci, panel pengaturan cepat, menu pengaturan, widget, dan banyak lagi.

Sistem mengidentifikasi warna primer dan warna pelengkap dari wallpaper yang akan diterapkan ke perangkat lunak. Dan jika Anda bukan penggemar skema warna tertentu, Anda dapat menyesuaikannya.

Sayangnya, Android 12 beta pertama tidak memiliki mesin bertema baru. Itu akan ditambahkan dalam rilis saat kita mendekati rilis final musim gugur ini. Itu akan datang, tapi kita harus bersabar. Sial! Anda dapat melihat seperti apa tampilannya pada video di atas.

Fitur privasi Android 12

Google mengumumkan fitur privasi baru untuk Android 12 agar pengumpulan data oleh aplikasi menjadi lebih transparan. Alat baru ini juga memberi pengguna kontrol yang lebih terperinci atas izin aplikasi untuk membantu mereka mengelola dengan lebih baik bagaimana dan kapan aplikasi mengakses informasi mereka.

Mengelola izin

Di dalam Dasbor Privasi baru di Android 12, pengguna akan dapat mengakses opsi untuk mengubah izin aplikasi. Anda akan melihat pengaturan Kelola Izin pada halaman tampilan garis waktu dari mana Anda akan dapat mencabut izin tertentu dari suatu aplikasi.

Dasbor Privasi

Android 12 memperkenalkan Dasbor Privasi baru yang memberi pengguna gambaran mendetail tentang cara aplikasi mengakses informasi mereka. Saat Anda membukanya, Anda akan melihat dasbor ringkasan yang menunjukkan gambaran umum tentang berapa banyak aplikasi yang mengakses lokasi, kamera, dan mikrofon Anda dalam 24 jam terakhir.

Anda bisa mendapatkan detail yang lebih terperinci dengan mengetuk opsi khusus untuk masing-masing dari tiga izin. Saat Anda melakukannya, Anda akan dapat melihat garis waktu yang luas tentang aplikasi mana yang menggunakan izin khusus itu sepanjang hari. Anda juga akan melihat berapa lama sebuah aplikasi menggunakan izin dan apakah itu digunakan di latar belakang atau latar depan.

Dasbor Privasi akan mempertimbangkan semua aplikasi di perangkat Anda, termasuk pihak ketiga dan aplikasi milik Google.

Pengaturan cepat yang dirubah dan bayangan pemberitahuan

Panel pengaturan cepat selalu menjadi salah satu alat paling fungsional di Android. Di sinilah Anda mengakses penggeser kecerahan, berbagai pengaturan perangkat, dan bahkan pemberitahuan kontrol media Anda setelah peluncuran Android 11 .

Sekarang saatnya untuk perubahan besar lainnya.

Panel pengaturan cepat masih ada, tetapi terlihat sangat berbeda. Hilang sudah ikon melingkar kecil dan slider kecerahan tipis. Setiap ikon adalah tombol persegi panjang yang berisi ikon pengaturan individual, deskripsi, dan status.

Tata letaknya juga berubah secara signifikan. Android 11 menunjukkan enam ikon pengaturan cepat dengan tarik-turun bayangan pertama, lalu tampilan yang diperluas dari enam ikon itu dalam tiga kolom. Android 12 hanya menampilkan empat pengaturan cepat pada pull-down pertama, lalu dua kolom dari empat ikon (total delapan) pada yang kedua. Ini adalah perubahan fungsional kecil, tetapi sejauh ini saya tidak melihat ada masalah apa pun.

Di atas ikon pengaturan cepat, penggeser kecerahan sekarang jauh lebih tebal dari sebelumnya. Anda tidak bisa melewatkannya. Di bawah ikon ada tiga tombol baru untuk kontrol sistem: edit, pengaturan, dan daya. Nah, akan ada tiga ikon. Di beta pertama, Anda hanya mendapatkan tombol edit dan pengaturan.

Notifikasi kontrol media masih ada di bagian bawah tetapi lebih bulat dari sebelumnya. Fungsinya sama seperti di Android 11. Sekarang, Android 12 menampilkan ikon kecil untuk mengubah perangkat keluaran media Anda. Di Android 11, ini adalah ikon yang jauh lebih besar dengan nama perangkat keluaran media, yang memakan lebih banyak ruang.

Google akan menambahkan kartu Google Pay dan smart home control di menu pengaturan cepat, yang berarti menu kontrol daya khusus Android 11 akan tenggelam dengan rilis ini.

Haruskah Anda menginstal Android 12?

Semua pratinjau dan beta pengembang Android harus dipasang dengan risiko Anda sendiri. Bangunan ini tidak siap untuk penggunaan pribadi dan mungkin berisi bug serius yang dapat menghentikan Anda melakukan fungsi penting dengan telepon Anda. Kami menyarankan agar tidak menginstal Android 12 beta pertama di ponsel cerdas utama Anda. Jauh lebih aman untuk menginstal Android 12 beta di perangkat sekunder atau perangkat yang tidak perlu Anda andalkan.

Apikpedia

Ikuti tulisan menarik Firda Amalia lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler