Waspada Varian Baru Covid-19 - Analisis - www.indonesiana.id
x

Covid-19 Banyak menginfeksi orang-orang di seluruh dunia.

Sayyidina Aliudin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 22 Juli 2019

Rabu, 2 Juni 2021 05:54 WIB

  • Analisis
  • Topik Utama
  • Waspada Varian Baru Covid-19


    Dibaca : 452 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Varian baru virus Covid-19 sudah masuk ke Indoneisa dan sudah ditemukan kasunya. Pemerintah pun melakukan langkah untuk mengantipasi lonjakan kasus. Sebab, varian baru ini dinilai cukup ganas dan sangat cepat penularanya.

    Langkah pemerintah cepat melakukan antisipasi untuk menangani varian baru Covid-19 itu dinilai bagus. Dengan adanya varian baru ini, kita harap kasus tidak sama dengan negara lain. Maka dari itu, perlu ada kolaborasi antara pemerintah pusat dan daerah. Bahkan sampai tingkat RW.

    Menurut penulis anjuran Pak Menko PMK Muhadjir Effendy untuk waspada sudah tepat. Harap besar masyarakat harus patuh, kita tidak mau kasus Covid sama dengan India.

    Penulis salut dengan gerakan Menko PMK untuk bergerak melakukan pemantauan di sejumlah titik yang sering keluar masuk imigran. Langkah itu bentuk pencegahan agar varian baru ini tidak tertular ke masyarakat Indonesia. Masyarakat harus menyikapi ini. Masyarakat harus menerapkan protokol kesehatan.

    Lalu penulis harap pemerintah untuk memantau masuknya warga negara asing ke Indonesia. Artinya WNA yang masuk ke Indonesia harus diperketat. WNA yang masuk harus dipantau terus. Jangan sampai kita terkena dampaknya.

    Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy meminta masyarakat serta pemerintah daerah mewaspadai penyebaran virus Covid-19 varian baru.

    ”Sekarang sudah kita antisipasi. Namun, di lapangan harus dilihat betul apa yang diputuskan di rapat itu berjalan dengan baik. Termasuk varian ini harus kita waspadai, terutama ada tiga, dari Inggris, Afrika Selatan, dan India,” kata Muhadjir di sela-sela acara Milad Ke-56 Universitas Muhammadiyah Purwokerto di Banyumas, Jawa Tengah, Jumat (28/5/2021).

    Muhadjir mengatakan, virus varian baru, terutama dari India, dinilai ganas dan jangan sampai menyebar luas ke Indonesia.

    ”Yang sudah kelihatan sangat ganas, kan, India. Angka kematian di India harus diwaspadai betul, jangan sampai nanti merembet ke Indonesia. Setiap kali ada isu, ada kemungkinan potensi sumber penyebaran dari varian-varian baru harus segera ditangani. Sampai sekarang belum ada tanda-tanda penyebaran, proliferasi belum,” paparnya.

    Menurut Muhadjir, sumber-sumber penularan virus varian baru harus diwaspadai. Saat ini pemerintah memberi perhatian pada pergerakan orang dari Sumatera.

    ”Di Sumatera, banyak sekali pekerja migran kita maupun sanak-saudaranya yang melakukan penyeberangan lewat jalur tidak resmi atau di luar pengendalian kita,” katanya.

    Ikuti tulisan menarik Sayyidina Aliudin lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.