Apa itu Cloud VMware? Simak Fungsi dan Kegunaannya - Urban - www.indonesiana.id
x

Ash Aura

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 19 April 2021

Sabtu, 24 Juli 2021 19:17 WIB

  • Urban
  • Topik Utama
  • Apa itu Cloud VMware? Simak Fungsi dan Kegunaannya

    Sebelum membahas terkait VMware, ada lebih baiknya jika kamu mengenal lebih dahulu apa itu Cloud Server. Simak penjelasan lengkapnya di bawah, ya!

    Dibaca : 441 kali

    Sebelum membahas terkait VMware, ada lebih baiknya jika kamu mengenal lebih dahulu apa itu Cloud Server. Simak penjelasan lengkapnya di bawah, ya!

    Apa itu Cloud Server?

    Sebuah awan server adalah dikumpulkan, terpusat sumber daya server yang host dan dikirimkan melalui jaringan-biasanya internet dan diakses pada permintaan oleh beberapa pengguna. Server cloud dapat melakukan semua fungsi yang sama dari server fisik tradisional, memberikan kekuatan pemrosesan, penyimpanan, dan aplikasi.

    Server cloud dapat ditempatkan di mana saja di dunia dan memberikan layanan dari jarak jauh melalui lingkungan komputasi awan. Sebaliknya, perangkat keras dedicated server tradisional biasanya dipasang di tempat untuk penggunaan eksklusif oleh satu organisasi.

    Bagaimana Cara Kerja Cloud Server?

    Server cloud dimungkinkan melalui virtualisasi. Perangkat lunak manajemen yang disebut hypervisor diinstal pada server fisik untuk menghubungkan dan memvirtualisasikannya: mengabstraksi sumber daya gabungan mereka dan menyatukannya untuk membuat server virtual. Sumber daya virtual ini kemudian dapat diotomatisasi dan dikirimkan melalui cloud untuk digunakan bersama dalam satu organisasi atau di beberapa organisasi.

    Pendekatan ini dikenal sebagai model infrastruktur sebagai layanan (IaaS). Contoh server cloud yang umum adalah menggunakan cloud publik untuk beban kerja sementara, musiman, atau variabel yang harus ditingkatkan dengan cepat sesuai kebutuhan.

    Namun, dalam beberapa kasus, server cloud juga dapat dikonfigurasi sebagai server khusus oleh penyedia cloud. Dalam pengaturan ini, terkadang disebut server bare-metal, penyedia mendedikasikan server cloud fisik untuk satu pelanggan yang mungkin memiliki kinerja atau persyaratan penyimpanan tertentu

    Mengapa Disebut dengan Cloud Server?

    Ketika sumber daya komputasi dikatakan "cloud", itu berarti bahwa sumber daya tersebut dikirimkan melalui jaringan seperti Internet, bukan ditempatkan di tempat dan diakses secara langsung. Server cloud adalah salah satu contoh sumber daya komputasi awan yang paling menonjol, bersama dengan penyimpanan cloud , basis data, jaringan, dan perangkat lunak.

    Apa itu Cloud VMware?

    VMware adalah vendor perangkat lunak virtualisasi dan komputasi awan yang berbasis di Palo Alto, California. Didirikan pada tahun 1998, VMware sekarang menjadi anak perusahaan dari Dell Technologies. VMware mendasarkan teknologi virtualisasinya pada hypervisor bare-metal ESX/ESXi dalam arsitektur x86. Hypervisor tertanam bare-metal dapat berjalan langsung di perangkat keras server tanpa memerlukan sistem operasi utama. Dengan virtualisasi server VMware, hypervisor diinstal pada server fisik untuk memungkinkan beberapa mesin virtual (VM) berjalan di server fisik yang sama. Setiap VM dapat menjalankan sistem operasinya sendiri, memungkinkan beberapa OS berjalan di satu server fisik. Semua VM di server fisik yang sama berbagi sumber daya, seperti jaringan dan RAM.

    Produk VMware mencakup virtualisasi, alat manajemen jaringan dan keamanan, perangkat lunak pusat data yang ditentukan perangkat lunak, dan perangkat lunak penyimpanan. VMware vSphere adalah platform virtualisasi server untuk mengimplementasikan dan mengelola infrastruktur VM dalam skala besar. VMware vSphere, juga disebut sebagai sistem operasi cloud atau platform pusat data tervirtualisasi, memungkinkan departemen TI untuk menempatkan beban kerja aplikasi pada sumber daya komputasi paling hemat biaya yang tersedia.

    VMware menawarkan aplikasi untuk desktop dan juga server. Perangkat lunak desktop VMware kompatibel dengan Linux, Microsoft Windows, dan Mac OS X. Produk desktop termasuk VMware Workstation, VMware Fusion, dan VMware Player. Jajaran perangkat lunak server VMware termasuk VMware ESX Server, VMware ESXi Server dan VMware Server. VMware telah menjadi Mitra Aliansi SUSE sejak tahun 2004, mendukung Linux pada perangkat lunak VMware, di tempat atau di cloud. Selain menyediakan solusi virtualisasi pusat data yang andal, SUSE dan VMware telah berkolaborasi untuk menyediakan solusi cloud baik untuk cloud pribadi maupun cloud publik. SUSE Linux Enterprise Server disertifikasi dan didukung pada rilis vSphere terbaru.

    VMware Cloud memungkinkan Anda menjalankan, mengelola, menghubungkan, dan melindungi semua aplikasi Anda di cloud apa pun, memungkinkan Anda memilih cloud atau cloud yang paling sesuai dengan kebutuhan aplikasi dan bisnis Anda untuk fleksibilitas komputasi cloud terbaik.

    Apa yang Cloud VMware tawarkan?

    VMware menjelaskan bahwa programnya terdiri dari penawaran perangkat lunak sebagai layanan VMware dan ekosistem global Mitra Penyedia Layanan VMware. Ini disebut sebagai “solusi ideal untuk semua perusahaan yang menawarkan layanan yang dihosting kepada pihak ketiga, termasuk penyedia infrastruktur sebagai layanan (IaaS), penyedia layanan cloud (CSP), penyedia layanan aplikasi (ASP), penyedia layanan Internet (ISP) dan platform sebagai penyedia layanan (PaaS).

    Perusahaan mengatakan VMware Cloud Provider Program adalah jaringan terbesar di dunia untuk layanan cloud tervalidasi berdasarkan teknologi VMware, dan memungkinkan mitra untuk menggunakan produk VMware dengan model langganan bulanan bayar sesuai penggunaan, bayar sesuai pertumbuhan, dan bulanan. 

    Dengan menawarkan berbagai layanan cloud berbasis VMware secara geografis, VMware Cloud Service Providers dapat menawarkan layanan cloud hybrid yang dengan cepat dan mulus memperluas pusat data pelanggan ke cloud menggunakan produk dan alat VMware yang sama yang telah mereka gunakan di lokasi.

     



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.