Mahasiswa UM Mengembangkan A-Skippo, Sebuah Inovasi Skipping Otomatis untuk Anak Disabilitas - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

ilustr: Brilio.net

lidiyyah

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 27 Juli 2021

Rabu, 28 Juli 2021 12:17 WIB

  • Peristiwa
  • Topik Utama
  • Mahasiswa UM Mengembangkan A-Skippo, Sebuah Inovasi Skipping Otomatis untuk Anak Disabilitas


    Dibaca : 327 kali

    Kreativitas lima mahasiswa Universitas Negeri Malang yang berasal dari beberapa jurusan ditunjukan dengan sebuah produk inovatif berupa alat skipping otomatis (A-Skippo) yang diperuntukkan bagi siswa disabilitas. Penyandang disabilitas merupakan salah satu aset bangsa dan memiliki hak yang sama dengan siswa lainnya untuk mendapatkan layanan maksimal dalam rangka mengembangkan potensinya untuk berkontribusi pada masyarakat, bangsa dan negara. A-Skippo merupakah media skipping otomatis yang dapat digunakan oleh anak berkebetuhan khusus khususnya tuna daksa tangan agar dapat melatih sensori motoric sebagai salah satu modal untuk dapat mengoptimalisasi potensi dirinya.

    Melalui skema Program Kreativitas Mahasiswa – Karya Cipta (PKM KC) Tim yang diketuai oleh Adefa Sekti W (Matematika 2018) dan beranggotakan Retna Ayub B (PLB 2018), Refah Maulidiyah (Matematika 2018), Qurrota A’yun (Fisika 2018), dan Sunaryo (Matematika 2018) berhasil mendapatkan dana dari Kementerian Pendidikan Nasional setelah melalui seleksi yang sangat ketat. Ide pengembangan produk ini diinisiasi dalam perkuliahan Manajemen Inovasi yang diampu oleh Habiddin, S.Pd., M.Pd., Ph.D dari Jurusan Kimia UM dan selanjutnya menjadi pembimbing kelompok ini dalam memanifestasikan ide inovatif mahasiswa dalam bentuk produk nyata dan siap diimplementasikan.

    A – Skippo merupakan alat skipping yang dapat menganyunkan tali secara otomatis dengan kecepatan putaran yang dapat diseting sesuai kebutuhan. Ukuran panjang tali, tinggi tiang, dan kecepatan putaran pada A – Skippo diatur secara otomatis melalui tombol fungsi yang disediakan pada rangkaian A – Skippo. Alat ini bersifat portable dan menggunakan baterai recharger dengan desain yang moduler dan dapat dibawa dengan mudah. Untuk menjaga keamanan pengguna, A – Skippo dilengkapi dengan tombol emergency sehingga ketika terjadi hal yang tidak dinginkan pendamping dapat menekan tombol emergency dan secara otomatis sistem A – Skippo akan berhenti.

    Ide ini dikembangkan sebagai alat bantu adaptif bagi guru maupun orangtua untuk pendampingan anak disabilitas dalam melatih sensor motorik. Sasaran utama penggunaan alat ini dikhususkan bagi anak disabilitas tunadaksa (bagian tangan) sehingga dengan adanya keterbatasan mereka, A-Skippo mampu membantu dalam merangsang sensor motorik yang dimiliki melalui olahraga skipping yang menyenangkan. A – Skippo juga dilengkapi dengan audio relaxing system yang dapat menghadirkan musik pada saat olahraga dilakukan sehingga mampu melatih kerja sistem saraf otak pada anak sekaligus menghadirkan suasana yang menyenangkan dalam berolahraga. Semoga produk A-Skippo ini bermanfaat dan dapat diaplikasikan secara luas dalam rangka membantu perkembangan motorik siswa disabilitas tunadaksa tangan.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.