x

Iklan

Gamer Ferdi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 23 Agustus 2021

Senin, 6 September 2021 06:53 WIB

Pemberdayaan Pembuat Kue Rumahan Tegar Berusaha di Tengah Pageblug ala Mahasiswa KKN Unej

KKN BTV 3 Kelompok 14 dilaksanakan di Desa Sukosari Lor, Kecamatan Sukosari, Kabupaten Bondowoso

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Bondowoso - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Jember Back to Village III Kelompok 14 dengan DPL dr. Yudha Nurdian, M.Kes. melakukan aksi pengabdian kepada masyarakat yang terdampak Covid-19. Kegiatan KKN dilaksanakan pada tanggal 11 Agustus – 9 September di Desa Sukosari Lor, Sukosari, Bondowoso. Tema dari kegiatan tersebut adalah “Pemberdayaan Wirausaha Masyarakat Terdampak Covid-19.”

Virus Corona atau Covid-19 saat ini  menjadi pandemi. Semua sektor kehidupan terdampak termasuk pelaku UMKM. Adanya pandemi saat ini UMKM tentu harus mendapat perhatian yang serius. Karena UMKM merupakan pilar penting bagi perekonomian masyarakat. Dampak dari pandemi ini turut dirasakan oleh seorang pelaku usaha kue rumahan yang berada di Desa Sukosari Lor.

Usaha kue rumahan tersebut sudah berdiri sejak tahun 2007 sampai saat ini dengan Ibu Umiyati sebagai pemiliknya. Awalnya usaha kue rumahan tersebut hanya menyediakan berbagai macam roti saja dan sejak saat itu dinamakan Anugerah Roti. Seiring perkembangan zaman dan permintaan dari customer, ibu umiyati tidak hanya membuat roti saja tetapi juga membuat berbagai macam kue basah dan kering. Kemampuan yang dimiliknya membuat usaha ibu umiyati tersebut bisa memenuhi kebutuhan masyarakat.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dari hasil observasi yang dilakukan, banyak dari para pelanggan atau customer yang membatalkan pesanan. Menurut ibu Umiyati, mereka (Pelanggan) membatalkan pesanannya akibat tidak bisa melakukan acara karena aturan PPKM saat ini. Dari hal tersebut tentu omset usaha kue rumahan ibu Umiyati menjadi turun dan sepi pelanggan.

Dengan permasalahan yang dihadapi, saya Muhammad Ferdi Syaifullah sebagai peserta KKN BTV 3 turut peduli dan ingin mengembangkan usaha kue rumahan tersebut di era pandemi saat ini. Adapun implementasi program kerja yang saya lakukan seperti branding, yaitu membuat logo usaha, membuat media sosial sebagai peluasan pemasaran dan customer serta melakukan edukasi-edukasi yang bermanfaat.

Saat ini usaha kue rumahan ibu Umiyati sudah memiliki brand usaha resmi. Dengan logo yang modern diharapkan dapat menarik minat dan kepercayaan masyarakat akan usaha kue rumahan tersebut. Untuk lebih memperluas media pemasaran dan customer serta memudahkan masyarakat, Anugerah Roti sekarang dapat diakses di berbagai media seperti WhatsApp, Facebook, dan Instagram.

Ikuti tulisan menarik Gamer Ferdi lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

12 jam lalu

Terpopuler