x

Kunjungan TNI ke PT IMIP. Sumber foto: mercusuar.web.id

Iklan

Chika Lestari

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 31 Juli 2020

Rabu, 22 September 2021 14:16 WIB

Alasan Mengapa Kawasan Industri Sebagai Obvitnas Harus Dilindungi

Obvitnas seperti kawasan industri PT IMIP di Morowali perlu dilindungi agar iklim investasi yang berada di dalamnya dapat berjalan dengan baik. Hal ini menjadi tugas bersama, termasuk TNI yang kerap melakukan kunjungan ke PT IMIP.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Objek vital nasional (obvitnas) menjadi perhatian pemerintah Indonesia kini. Dikatakan Objek Vital Nasional karena objek tersebut menyangkut iklim investasi Tanah Air untuk keberlangsungan hidup orang banyak. Objek Vital Nasional ini harus dilindungi dan yang termasuk Obvitnas salah satunya adalah IMIP (Indonesia Morowali Industrial Park).

Sebagai objek yang memiliki nilai investasi dan ekonomi untuk masyarakat sekitarnya bahkan hingga untuk negara, kawasan industri harus dilindungi dan dijamin keamanannya. Salah satu bentuk perlindungan bisa datang dari TNI.

Dukungan dari TNI untuk kawasan industri IMIP terlihat dari kunjungan Panglima Kodam (Pangdam) XIII/Merdeka, Mayjen TNI Wanti Waranei Franky Mamahit ke Kawasan Industri IMIP di Morowali, Kamis (16/9/).

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Mendampingi Pangdam XIII/Merdeka ada Ketua Persit KCK Daerah Kodam XIII/Merdeka, Yanti W.W.F Mamahit, Danrem 132/Tadulako, Brigjen TNI Farid Makruf dan turut hadir sejumlah perwira menengah Kodam XIII/Merdeka dan Korem 132/Tadulako.

Kunjungan yang berlangsung selama 2 jam itu membahas isu-isu strategis yang berkaitan dengan pengamanan terhadap Obvitnas. Perlindungan dari TNI terhadap Obvitnas seperti kawasan industri IMIP sangat dibutuhkan. Terutama untuk memastikan keamanan di pintu-pintu masuk kawasan industri. 

Misalnya, kawasan industri di IMIP salah satu pintu masuknya berada di Manado. Dan selama dijaga oleh TNI tidak ada masalah yang ditemukan. Jika masalah keamanan teratasi, iklim investasi yang berada di kawasan industri dapat berjalan dengan baik.  

Kunjungan TNI ke daerah-daerah yang di dalamnya terdapat Obvitnas memang kerap dilakukan. Sebelum ini, Pangdam Komando Daerah Militer (Pangdam) XIII Merdeka, Mayor Jenderal Santos Gunawan Matondang juga pernah berkunjung ke IMIP pada Desember 2020 silam dan menginstruksikan kepada seluruh anggota TNI yang bertugas di Kab. Morowali untuk membantu menjaga keamanan di salah satu urat nadi perekonomian RI yaitu PT IMIP.

Di tempat yang sama, Direktur Operasional PT IMIP, Irsan Widjaja mengatakan bahwa perlindungan dari instansi pemerintah, tidak hanya TNI namun juga Polri serta masyarakat sekitarnya sangat diharapkan. Terlebih KI PT MIP ini telah memiliki nilai investasi lebih dari US$8 miliar. 

Perlu diketahui, selain menjadi Obvitnas, kawasan industri PT IMIP di Morowali juga menjadi salah satu Proyek Strategis Nasional Indonesia.

Ikuti tulisan menarik Chika Lestari lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler