Berkat Setoran Pajak Royalti Rp5,38 T dari PT IMIP, CAD Indonesia Teratasi - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

Kawasan industri Morowali. Sumber foto: lokadata.id

Sri Kandhi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 9 Agustus 2020

Jumat, 24 September 2021 21:16 WIB

  • Peristiwa
  • Topik Utama
  • Berkat Setoran Pajak Royalti Rp5,38 T dari PT IMIP, CAD Indonesia Teratasi

    Pelaku industri bisa membantu perekonomian negara lewat besar setoran pajak dan royalti setiap tahunnya. Di 2020, pajak dan royalti IMIP yang diberikan kepada negara mencapai Rp5,38 triliun sehingga bisa menolong RI dari Current Account Deficit (CAD).

    Dibaca : 394 kali

    Dukung penulis indonesiana

    Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) sebagai salah satu pelaku industri juga berperan sebagai urat nadi perekonomian Indonesia. DIketahui, perusahaan ini telah berinvestasi sebanyak US$10,20 miliar atau sekitar Rp147 triliun hingga tahun 2020.

    Mempunyai investasi triliunan rupiah, PT IMIP tidak pernah lupa memberikan setoran kepada negara berupa pajak dan royalti dari tahun 2015 hingga terkini 2020. Dan setoran kepada negara ini terus mengalami peningkatan. 

    Alexander Barus selaku CEO PT IMIP menyatakan besaran pajak dan royalti yang diberikan oleh perusahaan kepada negara pada tahun 2015 dengan nilai investasi US$3,3 miliar dan ekspornya bernilai US$203 juta adalah sebesar Rp306,87 miliar.

    Meningkat, di tahun 2016, setoran pajak dan royalti menjadi Rp885 miliar, lalu 2017 berada di angka Rp2,1 triliun, 2018 menjadi 2 kali lipat yaitu Rp4 triliun dan 2019, setoran pajak dan royalti sebesar Rp4,86 triliun

    Hingga yang terkini, pada tahun 2020, besaran pajak dan royalti yang diberikan sebanyak Rp5,38 triliun.

    Besaran pajak royalti yang terus meningkat ini, kemudian, diungkap oleh CEO PT IMIP menjadi penolong Current Account Deficit (CAD) di RI yaitu kondisi keuangan negara dengan angka pertumbuhan impor yang lebih tinggi daripada angka pertumbuhan ekspor.

    CAD atau transaksi defisit berjalan tidak bisa dibiarkan terlalu tinggi karena nantinya rupiah bisa tertekan karena kebutuhan dolar AS menjadi tinggi. Lagi, IMIP yang telah menjadi ‘raja’ nikel RI yang baru sejak tahun 2018 dengan menguasai 50% industri nikel menjadi penyelamat perekonomian negara dengan setoran pajak dan royalti.

    Kedepannya, Alexander Barus berharap setoran pajak dan royalti PT IMIP ke negara bisa meningkat terus. Di tahun depan, IMIP memproyeksikan akan terjadi kenaikan setoran sekitar 10-15%. Apalagi, dikatakan oleh Irwandy, seorang Staf Khusus Menteri ESDM Bidang Tata Kelola Mineral dan Batu Bara, di tahun 2021, komposisi industri nikel akan berubah drastis. 



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.