Tim PKM Unimed Gelar Pelatihan Pemanfaatan Media Pembelajaran Online Berbasis Learning Management System - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

Kezia Thessa Destine

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 12 Oktober 2020

Selasa, 26 Oktober 2021 07:11 WIB

  • Peristiwa
  • Topik Utama
  • Tim PKM Unimed Gelar Pelatihan Pemanfaatan Media Pembelajaran Online Berbasis Learning Management System

    Penulis : Lastama Sinaga, Kezia Thessa Destine Prodi : Dosen Jurusan Pendidikan IPA & Mahasiswa Pendidikan IPA Instansi : Universitas Negeri Medan

    Dibaca : 584 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Tim Program Kemitraan Masyarakat (PKM) yang bekerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Negeri Medan melaksanakan kegiatan kemitraan masyarakat yang berjudul “Sosialisasi Pemanfaatan Media Pembelajaran Online Berbasis Learning Management System (LMS) dengan Moodle di SMP Methodist 8 Medan” pada hari Kamis, 23 September 2021 Kelurahan Glugur Kota, Kecamatan Medan Barat Kota Medan.

    Kegiatan sosialisasi ini dihadiri oleh Ketua pelaksana PKM, Lastama Sinaga, S.Pd., M.Ed, anggota PKM Widia Ningsih, M.Pd, Aristo Hardinata,  M.Pd, Dr. Mariati Purnama Simanjuntak, M.Si, 5 orang mahasiswa-mahasiswi Pendidikan IPA Unimed, Pimpinan Keguruan PKMI-8 Drs. Jatongam Nainggolan, MM, Kepala Sekolah SMP Methodist 8 Dra. Lisda Raida Manurung, serta 20 guru-guru SMP Methodist 8 Medan. Acara ini diadakan secara hybrid.

    Berdasarkan surat edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam masa darurat penyebaran virus Corona, proses pembelajaran dilakukan secara daring / jarak jauh dengan memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Pemanfaatan TIK dalam pembelajaran jarak jauh menuntut guru harus meningkatkan kemampuan dan kompetensinya dalam mengintegrasikan teknologi ke dalam pengajaran dan pembelajaran di kelas. Salah satu strategi pembelajaran jarak jauh yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi adalah dengan menggunakan learning management system (LMS) dengan moodle.

    Pembelajaran daring yang cenderung monoton akan menyebabkan peserta didik bosan ataupun mengalami kejenuhan serta penurunan minat dan semangat belajar. Hal ini juga akan mengakibatkan guru sulit mendapatkan perhatian dari peserta didiknya saat pembelajaran daring. Oleh karena itu, tujuan inti dari kegiatan PKM ini adalah memberikan sosialisasi dan pelatihan untuk memanfaatkan media pembelajaran online berbasis LMS dengan moodle di SMP Methodist 8 Medan sehingga pembelajaran yang interaktif, menarik dan menyenangkan dapat dialami baik guru maupun peserta didik selama pembelajaran daring berlangsung.

    Pada kegiatan PKM ini, narasumber I, Ibu Widia Ningsih, M.Pd memberikan penjelasan tentang media pembelajaran yang menekankan pemanfaatannya dalam membangun pembelajaran yang efektif dan efisien terkhusus saat pembelajaran daring di masa pandemi ini. Dilanjutkan kemudian oleh narasumber II, Bapak Aristo Hardinata, M.Pd dalam materi pengenalan LMS dengan moodle. Pada sesi akhir kegiatan sosialisasi ini, narasumber III, Ibu Lastama Sinaga, S.Pd., M.Ed memberikan tutorial bagaimana cara memanfaatkan media pembelajaran online berbasis moodle dan bersama kelima mahasiswa-mahasiswi Pendidikan IPA memberikan pendampingan kepada 20 guru SMP Methodist 8 Medan dalam mempraktikkan langsung materi yang telah didapat pada akun masing-masing guru.

    Sementara itu pimpinan yayasan PKMI-8 Medan Bapak Drs. Jatongam Nainggolan, MM beserta Ibu Kepala Sekolah SMP Methodist 8 Dra. Lisda Raida Manurung mengucapkan banyak terima kasih kepada tim PKM Universitas Negeri Medan yang telah mendampingi dan memberikan sosialisasi serta pelatihan pemanfaatan media pembelajaran online berbasis LMS dengan moodle yang sangat bermanfaat untuk pembelajaran daring di SMP Methodist 8 Medan. Bapak Drs. Jatongam Nainggolan, MM juga menghimbau agar guru-guru SMP Methodist 8 Medan dapat langsung mengaplikasikan ilmu/pengetahuan yang telah didapat dalam pembelajaran di kelas masing-masing.

    Diakhir acara, dilakukan penandatanganan dokumen MoA sebagai bukti kerjasama yang sudah lama terjalin antara Pendidikan IPA Universitas Negeri Medan oleh Ibu Kepala Prodi Pendidikan IPA Dr. Mariati Purnama Simanjuntak, M.Si dengan PKMI-8 Medan yang diwakili oleh Ibu Kepala Sekolah Dra. Lisda Raida Manurung.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.