Donor Darah di Hari Sumpah Pemuda, Bentuk Kepedulian PT IMIP Membantu Sesama - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

Aksi donor darah PT IMIP di Hari Sumpah Pemuda. Sumber foto: iglobalnews.co.id

Chika Lestari

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 31 Juli 2020

Sabtu, 30 Oktober 2021 09:01 WIB

  • Peristiwa
  • Topik Utama
  • Donor Darah di Hari Sumpah Pemuda, Bentuk Kepedulian PT IMIP Membantu Sesama

    PT IMIP, pelaku industri di Morowali melakukan aksi donor darah di hari peringatan Sumpah Pemuda yang jatuh pada tanggal 28 oktober. Kegiatan kemanusiaan ini berlangsung selama 2 hari yaitu 28-29 Oktober 2021. Donor darah dilakukan untuk membantu lembaga PMI menyeimbangkan antara kebutuhan darah dengan stok.

    Dibaca : 720 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Aksi donor darah baru saja dilakukan oleh PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) dalam memperingati Hari Sumpah Pemuda yang setiap tahunnya jatuh pada tanggal 28 Oktober. Kegiatan tersebut digelar selama dua hari pada 28-29 Oktober 2021 yang bertempat di Aula Kantor Kecamatan Bahodopi. Aksi donor darah PT IMIP ini melibatkan PMI Kabupaten Morowali dan Kerukunan Keluarga Luwu Timur (KKLT).

    Diketahui, kebutuhan darah selama pandemi Covid-19 ini tidak seimbang dengan stok yang ada di PMI, terutama PMI Morowali. Salah satu faktornya dikarenakan kegiatan donor darah yang mulai berkurang.

    Ketua PMI Morowali Asnoni Taslim, Gunawan mengatakan bahwa fasilitas penunjang yang dimiliki oleh PMI Morowali disadari memang belum sepenuhnya memadai. Namun, masih dapat digunakan dengan daya tampung yang dibatasi. 

    "Hampir setiap hari, kita dapati postingan di sosial media yang membutuhkan darah. Hanya saja, kebutuhan dan stok yang ada itu tidak seimbang. Sehingga, melalui kegiatan-kegiatan seperti ini bisa menggerakkan nurani seluruh relawan untuk berkontribusi nyata demi kesehatan bersama. Kita sangat berharap aksi seperti ini bisa menjadi rutinitas paling kurang tiga bulan sekali," kata Gunawan.

    Sedangkan Camat Bahodopi, Tahir juga mengungkapkan bahwa karena adanya keterbatasan fasilitas penampungan darah di PMI Kabupaten Morowali pada aksi donor darah tersebut, pihak perusahaan ataupun organisasi masyarakat terkadang juga sering mengikutsertakan PMI dari Sulawesi Tenggara. 

    "Terkadang kita kelompok relawan dilema saat mau menggelar aksi donor darah karena daya tampung kita sangat terbatas. Sehingga, tahun-tahun sebelumnya kita selalu menggandeng PMI Sulawesi Tenggara karena keterbatasan itu. Olehnya itu, ini menjadi problem yang harus diselesaikan bersama. Baik dari pihak pemerintah, masyarakat dan perusahaan," kata Tahir.

    Maka dari itu, kegiatan donor darah yang dihelat PT IMIP secara rutin setiap tahun adalah wujud dari kepedulian sosial dan kemanusiaan dari pihak perusahaan kepada daerah sekitar Sulawesi Tengah.

    Sementara, Thomas Deni Bintoro, Koordinator Community Relation PT IMIP, mewakili manajemen PT IMIP mengatakan bahwa setetes darah yang telah disumbangkan oleh para relawan donor diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan. Ia juga menambahkan, dengan spirit sumpah pemuda yang dimiliki, kontribusi secara positif untuk majunya Bahodopi dapat dilakukan.

    "Sejatinya PT IMIP akan selalu ada di setiap aksi sosial baik yang dilakukan oleh masyarakat Bahodopi maupun Morowali secara umum. Melalui aksi ini, manajemen berharap bersama kita membangun daerah kita yang lebih maju dengan hal-hal yang positif tentunya," kata Deni.

    Ini bukanlah kali pertama, sebelumnya PT IMIP juga telah menggelar aksi donor darah pertamanya pada tahun 2018 dengan berhasil mengumpulkan 279 kantong darah dan 280 kantong  darah di tahun 2019. Sementara aksi donor darah di tahun ini ditargetkan dapat mengumpulkan sebanyak 500 kantong darah.

    Ikuti tulisan menarik Chika Lestari lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.