Ziarahnya Sang Motivator Nasional di STIBA Ar-Raayah - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

Adam Dimyati

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 21 Januari 2020

Jumat, 19 November 2021 15:02 WIB

  • Peristiwa
  • Topik Utama
  • Ziarahnya Sang Motivator Nasional di STIBA Ar-Raayah

    pesona dakwah

    Dibaca : 182 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Ziarahnya sang Motivator Nasional di STIBA Ar-Raayah

    STIBA Ar-Raayah beralamat di Jl. Perintis Kemerdekaan RT 01/05, Kp. Cimenteng, Ds. Sukamulya, Kec. Cikembar, Sukamulya, Sukabumi, Jawa Barat 43157. Berdiri di atas lahan seluas 15 hektare. Berada di jalan poros Bogor-Pelabuhan Ratu.

    VISI dan MISI STIBA Ar-Raayah

    VISI

    "Mewujudkan Program Studi Pendidikan Bahasa Arab yang Unggul dan Berkualitas, serta Menjadi Lembaga Pendidikan Percontohan Penyelenggaraan  Pendidikan Bahasa Arab di Indonesia Pada Tahun 2025".

    MISI

    “Menyelenggarakan Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Arab yang unggul, kompetitif dan Profesional Melakukan penelitian dan pengembangan teknologi pendidikan dan pembelajaran Bahasa Arab. Melakukan pemberdayaan masyarakat dalam bidang Bahasa Arab”.

    Dengan dihadirkannya visi dan misi diatas menjadikan ketertarikan sang Motivator Nasional untuk berkunjung STIBA Ar-Raayah. Dan juga yang membuat keterkaitannya untuk berkunjung ke STIBA Ar-Raayah, ialah karena beliau sebelumnya pernah berkunjung ke pesantren/perkuliahan yang lainnya yang ada di Sukabumi dan sekitarnya.

    Biografi singkat sang Motivator Nasional sebagai berikut : Beliau Lahir di Tasikmalaya pada tanggal  14 April 1981. Pernah belajar di SDN Pamijahan 1994, lalu melanjutkan belajarnya di MTsN Sukamanah 1997. Setelah lulus beliau melanjutkan jenjang pendidikannya di Darussalam Gontor 1998-2001 - S1 Universitas Darussalam Gontor 2006 - S2 Komunikasi di Universitas Indonesia. Setelah lulus beliau mulai aktif di broadcasting yaitu di radio Suara Gontor FM juga di gontor tv selama mengabdi di almamaternya. sehingga beliau mempunyai pengalaman di bidang tersebut walaupun ketika di Gontor beliau kuliah di Tarbiyah (PAI). Setelah itu beliau melenggang ke Istana dan menjadi MC Istana, lalu bertemu dengan Tanthowi Yahya dan Kuliah Ilmu Komunikasi di Universitas Indonesia (UI) maka semakin matanglah ilmu beliau.

    Motivator Nasional yang dimaksudkan ialah Heppy Chandra, beliau mempunyai nilai lebih dibandingkan dengan motivator lainnya, sehingga beliau Heppy Chandra tidak hanya sekedar memberi motivasi, namun juga menggabungkan antara Komunikasi dan Motivasi, karena tidak bisa dipungkiri dalam kehidupan bermasyarakat khususnya di dunia kampus, dibutuhkan komunikasi yang baik, komunikasi antara mahasiswa dan Dosen, mahasiswa dan mahasiswa, dengan staff dan dengan semuanya, kita membutuhkan komunikasi yang baik, dengan komunikasi yang baik maka akan membuat suasana menjadi baik, sehingga mempengaruhi keadaan hati seseorang.

    Jejak yang pernah beliau lalui seperti  Trainer dan Motivator Nasional -  TV Voice Over  - Parenting Speaker - MC Kenegaraan di Istana Negara RI - Direktur Chandra Production Management - Leader of Chandra Event Organizer.

    Kedatangannya ke STIBA Ar-Raayah untuk mengisi acara : Pesona Dakwah dengan Retorika yang Berkarakter.

     Dimulainya acara dengan video singkat yang dimilikinya, yang mana dalam video tersebut tergambarlah pengalamannya jadi MC diseluruh penjuru Indonesia. Acara-acara seperti ceramah, pidato, pengajian sore dan lain sebagainya biasanya dilaksanakan selama setengah jam atau paling banyak satu jam, dikarenakan sang Pembawa acara menyampaikan pesan yang begitu mengesankan dan tidak membuat bosan mahasiswa yang hadir jadilah waktu acara tersebut lebih lama dari acara-acara lainnya.

    Sang Pembawa acara tidak hanya membuat para mahasiswa yang hadir bahagia, dilain waktu kadang dengan ucapannya dan beberapa suara pendukung membuat para mahasiswa bersedih, gelisah dan lain sebagainya. Dan dilain waktu juga membuat mereka serius dengan apa yang dikatakannya. Setelah acara selesai saya mewawancarai beberapa mahasiswa yang hadir dalam acara tersebut, diantaranya :

    Pendapat Amin Rais (Mahasiswa Prodi PBA semerter 7kuliah) : Pendapat saya tentang acara Smart publik speaking dengan tema " pesona dakwah dengan retorika yang berkarater".Yang dibawakan oleh Heppy Chandrayana, M. I. KOM. Acara ini yang sangat mengesankan bagi saya dan saya mengambil begitu banyak pelajaran terutama tentang public speaking, dari situ saya sadar bahwa berbicara di depan orang itu buka hanya sekedar bicara, tapi yang paling penting dari itu bagaimana cara kita dalam berbicara atau disebut juga How To Say.

     

    Salah satu kata yang beliau sampaikan ialah “Bicara itu penting, Jangan yang penting bicara” dari sinilah kita tahu bahwa hal terbesar yang membuat seorang pembicara itu sukses bukan pada materi yang di sampaikannya, Tapi  kesuksesan pembicara tersebut terletak kepada bagaimana pembicara tersebut menyampaikan materi tersebut.

    الطريقة أهم من المادة

    Dari acara tersebut saya juga mengambil hal yang juga sangat penting yaitu bagaimana kita berbicara bukan hanya dengan mulut, akan tetapi bagaimana kita berbicara dengan hati kita. Karena ketika kita berbicara dengan hati maka para pendengar juga akan menerimanya dengan hati.

    Alimuddin (Mahasiswa Prodi PBA semerter 5 kuliah): Pandapat saya acara tersebut sangat memuaskan. acara yg sangat luar biasa, banyak pelajaran dan ilmu yang kita dapatkan, pengalaman luar biasa bisa bertemu dengan MC istana dan acara tersebut menjadi modal ilmu yang sangat mahal bagi kita selaku da’i.

    Zuhri (Mahasiswa Prodi PBA semerter 3 kuliah) : Acara yang sangat banyak manfaatnya dan selama hidup asaya baru mendapatkan acara yang begitu mengesankan. Yang bisa merubah dan membangkitkan mahasiswa untuk berdakwah dengan hati.

    Shidqi (Mahasiswa Prodi PBA semerter 5 kuliah): Acaranya sangat mengesankan dan seru, serta memotivasi mahasiswa supaya berani berbicara didepan orang banyak, dan beretorika yang baik dalam berdakwah sehingga dakwah mudah untuk diterima masyarakat.

    Zola (Mahasiswa Prodi PBA semerter 1 kuliah): Acara yg bagus dan menarik, pembahasannya singkat, jelas, dan padat. Mudah dipahami dan friendly untuk semua kalangan.

    Septian : Acara yang di adakan pada hari minggu ialah acara yang sangat luar biasa karena didalamnya terdapat materi-materi yang belum pernah saya dengarkan sebelumnya  juga pembicara memberikan motivasi dan inovasi kepada seluruh mahasiswa bahwasanya disetiap kegiatan ataupun pekerjaan diperlukan yang namanya public speaking. Yang mana judul pada saat itu ialah smart public speaking mengajarkan kepada kita cerdasnya bagaimana berbicara didepan publik. Bukan hanya berbicara depan publik tetapi berbicara terhadap lawan berbicara kita satu orang atau dua orang karena ketika kita memberikan pembicaraan yang baik itu maka sisi positifnya akan datang kepada kita ataupun yang kita sampaikan kepada orang lain itu akan bermanfaat. Yang jelas acaranya luar biasa sangat menghibur tidak ada bosan – bosannya.

    Terimakasih ustadz Heppy Chandra yang telah berkenan datang di kampus kami STIBA Ar-Raayah Sukabumi, semoga ini menjadi awal pertemuan kita untuk bertemu lagi dilain waktu.

     

     

     

     



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.