Si Anak Laut dari Lampung Berjuang untuk Pendidikan hingga ke Kalimantan Tengah - Pendidikan - www.indonesiana.id
x

Asep Perdiansyah, S.Pd., M.Pd., Gr.

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 23 November 2021

Rabu, 24 November 2021 18:34 WIB

  • Pendidikan
  • Topik Utama
  • Si Anak Laut dari Lampung Berjuang untuk Pendidikan hingga ke Kalimantan Tengah

    INSPIRASI Si Anak Laut dari Lampung Berjuang untuk Pendidikan hingga ke Kalimantan Tengah Asep Perdiansyah, S.Pd., M.Pd., Gr.

    Dibaca : 410 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Oleh: Asep Perdiansyah, S.Pd., M.Pd., Gr.

     

    Si Anak Laut atau lebih akrab di sapa dengan Pak Asep adalah Kepala SMK MAHARATI di daerah Kab. Kapuas, Provinsi Kalimantan Tengah. Asep lahir di Panjang, 03 Februari 1989. Asep adalah anak pertama dari 4 bersaudara. Ibu bernama Marliyana dan Ayah Daryo Heryanto. Asep sangat mencintai dunia pendidikan. Guru adalah cita-cita sejak masih kecil. Rumah orang tua Asep dekat sekali dengan Pantai Pasir Putih sehingga sering sekali bermain menikmati masa kecil di laut sehingga mendapat julukan Si anak laut. Waktu masih kecil pernah berjualan dan menjaga perahu di tempat wisata pantai Pasir Putih. Menempuh pendidikan S1 pada program studi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia di Universitas Lampung lulus pada tahun 2011. Mulai tahun 2009 sudah menjadi seorang guru hingga saat ini. Kecintaan dalam dunia pendidikan menjadikan Asep seorang guru. Asep pernah mengajar secara sukarela tanpa di bayar sedikitpun, untuk menyiapkan bahan ajar, tansportasi harus menggunakan biaya dari tabungan pribadi semua itu dijalani dengan ikhlas dan senang hati, bisa memberi pelayanan pendidikan mempunyai kepuasan tersendiri. Asep mengabdikan diri sebagai guru dengan mengajar dibeberapa sekolah seperti SMK Dharmapala, SMK Bani Sueb, Lazuardi GIS, Sekolah Darma Bangsa, SMP Gula Putih Mataram, SD 2 GPM, SMA Sugar Group, Dosen Universitas Teknokrat, dan saat ini sebagai Kepala SMK Maharati Kalimantan Tengah.

     

    Dalam menggapai cita-cita menjadi seorang guru tidak mudah. Asep terlahir dari keluarga sederhana namun mempunyai tekad dan keinginan kuat untuk menjadi seorang guru. Setelah lulus SMK melanjutkan kuliah S1 pada Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Lampung. Demi mencukupi biaya kuliah Asep kuliah sambil bekerja sebagai sales penerbit buku, waiters Yoza Cafe Bandar Lampung, model, berjualan, dsb. Semua itu dilakukan untuk memenuhi biaya kuliah. Beberapa kali mendapatkan beasiswa sehingga meringankan biaya kuliah. Walapun demikian Asep tetap semangat. Setelah lulus kuliah pada tahun 2011 mengajar di Sekolah Darma Bangsa Bandar Lampung, selanjutnya pada tahun 2012 mengajar di Sekolah Sugar Group yang ada di daerah Lampung Tengah. Sekolah Sugar Group adalah sekolah milik PT. Sugar Group Companies. Sebagai tanda jasa karayawan maka PT. Sugar Group Companies memberikan pendidikan gratis kepada anak karyawan. Mengajar di tengah kebun tebu untuk membantu siswa dalam menggapai cita-citanya. Pada tahun 2017 melanjutkan pendidikan Pasca Sarjana mengambil Program Studi Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Lulus pada tahun 2019 sebagai lulusan terbaik Cumloade. Setelah lulus S2 menjadi seorang dosen MKU Bahasa Indonesia di Universitas Teknokrat Indonesia. Asep telah mengajar dari semua jenjang pendidikan mulai dari SD, SMP, SMA, SMK, dan Perguruan Tinggi.

     

    Guru adalah cita-cita sejak kecil, Asep sangat cinta kepada dunia pendidikan sekarang menjadi kepala SMK Maharati di Kalimantan Tengah. Berasal dari Lampung merantau ke Kalimantan untuk memberikan kontribusi terhadap pendidikan  di Indonesia.Pertama kali datang ke Kalimantan Tengah di Bandara Cilik Riwut sesampainya di Bandara lanjut perjalanan dengan menggunakan mobil kurang lebih 7 jam ke SMK Maharati di Desa Buhut Jaya RT 05, Kec. Kapuas Tengah, Kab. Kapuas, Provinsi Kalimantan Tengah. Perjalanan menuju SMK Maharati harus melewati jalan tanah dan jika hujan jalan sangat rusak. Perlu perjuangan lebih untuk sampai ke lokasi sekolah. Perjuangan untuk memajukan pendidikan, Asep mendapatkan Juara 1 dalam lomba kepala sekolah berprestasi jenjang SMK tahun 2021 di Palangka Raya yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah di Hotel Batu Suli International dari tanggal 16 – 18 September 2021. SMK Maharati merupakan sekolah vokasi yang didirikan oleh PT. Pama Persada Nusantara yang didukung oleh PT.TOP, PT. SMM, PT. SMM, PT. ABB, PT. KPP, dan PT. EPN di Desa Buhut Jaya. Kecamatan Kapuas Tengah, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah. Pendirian SMK Maharati ini merupakan salahsatu bagian dalam “Program Akselerasi Kualitas Pendidikan” di area MCIP Kalimantan Tengah. SMK Maharati di bangun di tengah hutan belantara dengan menggunakan dana Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan PT. Pama Persada Group. PT. Pama Persada Group mempunyai komitmen untuk memajukan pendidikan di Kalimantan Tengah.  SMK Maharati adalah sekolah yang dibangun oleh PT. Pama Group perusahaan  yang bergerak dibidang pertambangan batu bara. SMK Maharati di bangun di tengah hutan belantara dengan menggunakan dana Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan PT. Pama Persada Group. PT. Pama Persada Group mempunyai komitmen untuk memajukan pendidikan di Kalimantan Tengah.

    Kedatangan kloter 1 Asep datang ke SMK bersama 2 orang rekan guru. Pak Bagus guru Matematika dari Salatiga Jawa Tengah, dan Pak Joel guru Penjaskes dari Sumatera Utara. Pertama datang masih dalam proses pembangunan belum selesai bersama dengan Yayasan Bina Harati Pama menyelesaikan beberapa bangunan dan fasilitas. Kami bertiga pertama kali merasakan lebaran idulfitri jauh dari keluarga, semua itu rela kami korbankan demi memberikan pelayanan pendidikan terbaik untuk generasi penerus bangsa. Pada kloter 2 dan 3 datang guru hebat SMK Maharati. Asep sebagai Kepala SMK Maharati mulai bekerjasama dengan team untuk melakukan sosialisasi ke berbagai sekolah. Beberapa sekolah jaraknya ada yang sangat jauh dan harus melewati sungai. Perjalanan yang sangat mengesankan dengan pengalaman tersebut menjadi mengetahui beberapa potret yang ada di negeri ini. Beberapa jalan untuk menuju ke sekolah sangat rusak dan beberapa bangunan sekolah perlu perbaikan. Indonesia terdiri diri berbagai pulau, laut, kebudayaan, dan adat istiadat. Perlu perhatian segala aspek mulai dari pemerintah, tokoh masyarakat, pengusaha, dsb agar bisa memajukan pendidikan di Indonesia.

     

    Asep berjuang memberikan pelayanan terbaik, pengalaman, ilmu, pengetahuan, dan keterampilan yang dimiliki untuk maju dan berkembangnya SMK Maharati di Desa Buhut Jaya RT 05, Kec. Kapuas Tengah, Kab. Kapuas, Provinsi  Kalimantan Tengah. Semua profesi mempunyai kontribusi masing-masing. Asep mempunyai cita-cita memajukan pendidikan Indonesia. Maju dan berkembangnya sebuah bangsa terletak pada generasi penerus bangsa. Untuk mencetak generasi bangsa yang unggul perlu kualitas pendidikan yang baik. Kualitas sebuah pendidikan ada ditangan guru. Guru adalah motor penggerak kemajuan negeri ini. Asep membangun sistem pendidikan di SMK Maharati mulai dari nol.

    Sekolah SMK Maharati di bawah Yayasan Bina Harati Pama dengan ketua Besten Sitepu, Wakil Wiwin, Bendahara Didin Suryadin, dan Sekretaris Muhaemin, Anggota Mikael dan Viko dan masih banyak lagi pengurus yayasan memberi dukungan penuh terhadap program dan pembangunan fasilitas SMK Maharati. Dukungan terus mengalir dari Kepala Desa Buhut Jaya Huyeng Najan dan Pic. Kalimantan Tengah Yayasan Pendidikan Astra Michael D. Ruslim Soleh Ahmad Nugraha dan Arfael juga membantu dalam program dan pembangunan insfrastrukur SMK Maharati.

     

    Visi SMK Maharati yaitu, mewujudkan sekolah yang kompeten secara profesional dan cakap dalam karakter. Misi SMK Maharati yaitu 1) Membentuk insan yang berkarakter mulia; 2) Menciptakan insan yang memiliki kompetensi tinggi sesuai standar nasional; 3) Menghadirkan insan yang berguna bagi bangsa, masyarakat, lingkungan, dan Industri.

    Beberapa program pada SMK Maharati adalah penanaman karakter baik, penanaman karakter baik sangat penting sebagai pondasi awal. Harapan siswa setelah lulus dari SMK Maharati mempunyai prilaku dan karakter baik. Dunia kerja sekarang salah satu aspek seleksi sebagai pegawai salah adalah karakter calon karyawan. Pada dunia kerja karakter baik sangat diperlukan. Banyak pegawai yang baik dalam kompetensi akan tetapi tidak baik dalam karakter. Jadi yang dicari dunia industri adalah karayawan yang baik dalam karakter juga kompetensi.

     

    SMK Maharati selain karakter juga mempunyai program kompetensi keahlian unggul terdapat 2 program keahlian Teknik Alat Berat dan Multimedia. Jadi lulusan SMK Maharati diharapkan mempunyai kompetensi yang baik. SMK Maharati juga mengajarkan Entreprenuer / Kewirausahaan berbagai bidang seperti pertanian, peternakan, jurnalistik, perdagangan, dsb. Jadi harapannya dapat mencetak wirausaha muda. Semoga lulusan SMK Maharati menjadi orang yang berguna bagi nusa dan bangsa. Semoga pendidikan Indonesia menjadi lebih baik. Semoga kebaikan guru akan dibalas oleh Allah SWT.

     

    Ikuti tulisan menarik Asep Perdiansyah, S.Pd., M.Pd., Gr. lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.