Guru Hebat di Tengah Pandemi

Jumat, 26 November 2021 08:31 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Artikel ini saya tulis di hari Guru Nasional 25 November 2021 #Selamat Hari Guru Nasional

Guru Hebat Di Tengah Pandemi

HOS Cokroaminoto adalah Guru hebat sebelum kemerdekaan RI beliau pada masa itu menghasilkan murid yang luar biasa. Kita mengenal murid hasil didikan beliau seperti Soekarno, Semaun, dan SM Kartosuwiryo. Dari murid HOS Cokroaminoto menjadi landasan bagaimana Pendidikan yang seharusnya. Pada akhirnya hasil produk guru hebat beliau lahirlah Soekarno sebagai tokoh nasionalis, Semaun sebagai komunis, dan  SM Kartosuwiryo ingin menjadikan Indonesia Negara Islam. Ketiganya merupakan produk dari guru yang memberi ruang bagi muridnya untuk mengeksploitai, walaupun pada saat itu gagasan menjadi kontroversial.

Disituasi pandemi banyak guru merasa kaget dengan sistem belajar daring. Mereka dituntut menguasai teknologi, sementara kita semua tahu bahwa di Indonesia belum terbiasa dengan system pembelajaran daring.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sistem Pendidikan di Indonesia pun berubah drastis. Ditengah wabah yang melanda pemerintah bergerak cepat dalam mengambil kebijakan yaitu dari pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran jarak jauh atau daring sebagai altenatif agar anak kita tetap belajar. Perubahan sistem pembelajaran yang mendadak membuat masyarakat terutama guru yang  belum siap untuk melakukan pembelajaran. Dalam pelaksanan pembelajaran daring, bermunculan masalah baru. Indonesia yang kita kenal memiliki wilayah yang luas dengan berbagai macam suku, bangsa, dan tingkat kemiskinan serta fasilitas Pendidikan yang berfariasi ini menyebapkan maslah besar karena tidak semua murid memiliki HP dan akses yang sama terhadap internet. Sebab tidak semua seluruh terjangkau sinyal internet.

Pembelajaran daring pada hakikatnya tidak mampu menggantikan sistem belajar secara tatap muka. Pada sistem ini, pembentukan karakter  serta kasih sayang guru tidak bisa tersalurkan lewat media online. Banyak Guru kesulitan untuk mengontrol serta menilai sikap siswanya, Guru hanya bisa menerka dan memberikan motivasi kepada siswanya. Disituasi seperti inilah, maka peran guru hebat berinisiatif untuk tetap bertatap muka dengan muridnya mendidik mereka. Cara yang digunakan yaitu dengan menggunakan luar jaringan. Metode ini memberikan peluang kepada siswa untuk tetap berada di rumah dan guru berkunjung secara bergantian dengan memperhatikan protocol kesehatan. Pembelajaran seperti ini memberikan dampak positif ditenga-tengah pandemic yang melanda negara kita.. Dalam belajar daring, guru dan siswa berkolaborasi agar mampu menciptakan komunikasi yang baik media aplikasi seperti E-mail, Google Classroom, Zoom, atau forum diskuasi.

Belajar inovatif di masa pandemi covid-19 merupakan langkah tepat yang bisa diambil untuk saat ini. Dengan diterapkanya  pembelajaran secara online dan offline, berarti pendidikan dan pengajaran selama pandemi tetap berlangsung. Guru dan siswa diharapkan mampu untuk beradaptasi serta memiliki inisiatif untuk berinovasi dan mengakses dan menganalisis informasi guna mencapai pembelajaran daring yang sesungguhnya. Oleh sebab itu, guru yang hebat dapat merubah potret dan mampu menyelamatkan potert pendidikan di Indonesia saat ini. Oleh karena itu, sudah semestinya guru mendapatkan apresiasi yang sebesar-besarnya atas dedikasi yang tidak mengenal lelah dalam melakukan terobosan untuk terus memberikan pengajaran dan mendidik generasi Indonesia.

Guru merupakan tugas mulia yang tidak ada tandinganya sebagai ujung tombak bangsa dalam menentukan kualitas sumber daya manusia. Guru bertanggung jawab atas pendidikan anak bangsa yang bakal melanjutkan tongkat estafet bangsa ini di masa mendatang. Selain itu, guru yang hebat seperti mereka inilah yang memiliki peran strategis bagi dunia pendidikan, sebab dari semua standar pendidikan yang ada seperti kurikulum, sarana dan prasarana, metode pembelajaran, siswa, orang tua, yang paling menentukan kemajuan Pendidikan adalah guru. Didalam hati guru selalu terpatrih bahwa pendidikan itu wajib dilaksanakan sebagai bentuk pengabdian kepada negara tercinta yaitu Indonesia. Dalam situasi yang sulit seperti ini guru terus berjuang demi menyelamatkan bangsa Indonesia, demi terciptanya Indonesia sebagai bangsa yang kuat.

Akhirnya Guru-guru hebat inilah mempunyai peran yang andil untuk menjadikan Indonesia kuat dan mampu bertahan.

Disituasi sulit seperti ini guru hebat, guru kuat seperti merekalah sudah sepantasnya mendapatkan apresiasi yang setinggi-tingginya dari pemerintah.

Merdekakan Kesejatran Guru

Selamat Hari Guru untuk Seluruh Guru 

#BergerakDenganHati
#PulihkanPendidikan

 

 

 

Bagikan Artikel Ini
img-content
Main Ngadi

Penulis Indonesiana

0 Pengikut

img-content

Guru Hebat di Tengah Pandemi

Jumat, 26 November 2021 08:31 WIB
img-content

Terima Kasih Covid-19

Rabu, 24 November 2021 21:11 WIB

Baca Juga











Artikel Terpopuler