Pendampingan Pembuatan Sistem Hidroponik Tenaga Panel Surya di Kelurahan Kebonagung, Sukodono, Sidoarjo - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

pendampingan dalam perakitan sistem instalasi hidroponik

Hana Al Fatya

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 25 November 2021

Jumat, 26 November 2021 08:35 WIB

  • Peristiwa
  • Topik Utama
  • Pendampingan Pembuatan Sistem Hidroponik Tenaga Panel Surya di Kelurahan Kebonagung, Sukodono, Sidoarjo

    Kegiatan pengabdian kepada masyarakat tahun 2021 dilakukan di kelurahan Kebonagung Sukodono oleh Tim Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Surabaya tentang pembuatan sistem hidroponik tenaga panel surya. Kegiatan ini diikuti oleh 12 peserta yang terdiri dari ibu PKK dan pengurus RT 57 Setempat. Kegiatan pelatihan berupa pemberian materi tentang pengetahuan sistem hidroponik dan panel surya, cara pembenihan tanaman hingga pemindahan media tanam ke sistem hidroponik serta cara pemasangan instalasi sistem hidroponik.

    Dibaca : 188 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Kegiatan PKM Jurusan Fisika FMIPA dilakukan secara periodik setiap tahun. Salah satu warga binaan kegiatan PKM ini adalah warga Perumahan Sukodono Permai Kebonagung Sukodono Sidoarjo. Tahun ini kegiatan yang dilakukan mengangkat tema teknologi untuk mengatasi kejenuhan warga akibat masa pandemik covid 19 yang diterapkan PPKM di awal tahun. Kegiatan ini bertema pelatihan pembuatan hidroponik tenaga panel surya dengan tim pelaksana dari Jurusan Fisika FMIPA Unesa yakni Lydia Rohmawati, Suliyanah, Asnawi, Nugrahani Primary Putri dan Woro Setyarsih.

    Kegiatan PKM dilakukan tanggal 2 Agustus 2021 di Balai RT 57 RW 12 dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Masyarakat sangat antusias untuk mengikuti kegiatan PKM mulai dari awal hingga akhir kegiatan. Pertama, mereka diberi pengarahan tentang pengetahuan sistem hidroponik metode DFT (Deep Flow Technique), sistem dan mekanisme panel surya beserta keunggulannya. Kedua,  mereka dilatih tata cara penyemaian benih di media rockwool, pemasangan kain flanel pada netpot.  Ketiga, pemasangan instalasi hidroponik dan panel surya yang dilengkapi dengan baterai/aki, SCC (Solar Charge Controller), pompa DC dan bak penampungan. Mereka juga diberi pemahaman cara menggunakan TDS meter untuk mengukur ppm air yang sudah diberi AB mix sebagai sumber nutrisi tanaman. Tahap terakhir, bersama tim PKM, mereka memindahkan media tanam ke sistem hidroponik. Hasilnya bisa diamati sekitar 4 minggu dihitung dari awal pemindahan media tanam. Menurut ketua RT Bapak Yudhi, hasilnya jauh lebih higenis, bersih, dan bebas pestisida sehingga bagus untuk kesehatan. Masa panen pun sangat singkat. Hasil panen dibagikan ke warga RT 57 RW 12. 



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.