x

Iklan

Yehezkiel Novaldi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 1 Desember 2021

Kamis, 2 Desember 2021 17:51 WIB

Ergonomi Kenyamanan Bekerja di Dapur


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Dapur merupakan salah satu dari beberapa ruangan yang harus ada di rumah tinggal. Fungsi dapur rumah dapat dioptimalkan, selain harus ergonomis, juga harus interaktif, sehingga memungkinkan orang yang sedang memasak dapat melihat dengan mudah anggota keluarga yang lain dan memungkinkan aktivitas makan bersama.

Ergonomi memiliki hubungan terhadap kenyamanan aktivitas kegiatan di dalam dapur. Selain itu, efektivitas kerja yang baik di dapur memiliki standar ukuran yang benar, agar memberikan kenyamanan bagi pengguna karena pekerjaan di dapur termasuk pekerjaan setengah berat. 

Dalam hal ergonomi ternyata masih banyak peralatan dapur dari tinggi meja kerja sampai peralatan dapur yang kurang memenuhi persyaratan ergonomi sehingga tidak nyaman saat dipakai dan cepat menimbulkan rasa lelah. Dengan memperbaiki cara kerja dan peralatan kerja yang sesuai kebutuhan pemakai, maka kenyamanan kerja dan kelelahan tidak cepat timbul berarti keluhan dapat berkurang dan produktivitas di dapur meningkat 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Ada beberapa ukuran standar perabot dapur yang sering sekali diabaikan (Aini,2013)

Tinggi area kerja

Menurut Gilly Love (Aini,2013) tinggi area kerja idealnya sama dengan tinggi pinggang atau bisa jadi lebih rendah jika digunakan untuk pekerjaan seperti meracik bumbu. 

Jangkauan

Permukaan meja harus diperhatikan lebarnya. Daya jangkau tangan manusia, khususnya wanita, adalah 85 cm. sementara ke samping 42-62 cm. Ternyata daya jangkau bisa mempengaruhi efektivitas dalam bekerja lho.. selain itu bisa mempengaruhi ketahanan tubuh dalam bekerja. 

Tinggi lemari

Martin Edic dan Richard Edic (Aini, 2013) mengatakan bahwa tinggi lemari penyimpanan yang masih bisa dijangkau adalah 2meter. ukuran ideal adalah sekitar 65cm-180cm. ketinggian lemari yang melebihi akan mempersulit daya jangkau sehingga fungsi lemari kurang efektif

Sirkulasi 

Martin Edic dan Richard Edic (Aini, 2013) jarak optimal sebaiknya 94cm. hal tersebut dapat dilihat penerapannya pada bentuk layout dapur island. Perlu diperhatikan sirkulasi dapur agar aktivitas di dapur dapat berjalan dengan baik. 

Tinggi bak cuci (Kitchen Sink)

Ukuran tinggi bak cuci piring antara 70-80cm dari lantai. Sehingga pengguna tidak perlu membungkuk untuk menjangkau dasar bak.

Ikuti tulisan menarik Yehezkiel Novaldi lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler