x

Ilustrasi Permainan Anak-anak

Iklan

Danny Shevarivo

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 20 Desember 2021

Selasa, 21 Desember 2021 06:21 WIB

Gerakan Penerapan Sustainable Goals Quality Education Melalui Pembentukan Character Building, Budaya Literasi, dan Pemahaman Cinta Tanah Air Pada Rumah Belajar Kakek Aboe

Pengenalan terhadap quality education melalui agent of change mahasiswa UMM

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Malang (20/12/2021) – Indonesia dikenal sebagai negara yang masih berada pada tingkat pendidikan yang kurang terutama pada anak-anak yang berada pada lingkungan yang memiliki tingkat ekonomi yang kurang mampu. Dimana anak-anak tersebut juga memiliki kondisi lingkungan yang kurang memadai. Sebagai negara yang berkembang Indonesia memiliki tugas penting untuk memakmurkan bangsanya terutama generasi penerus bangsa yang akan meneruskan masa depan dari negara Indonesia ini. Upaya mencerdaskan generasi dari bangsa dimulai dari kesadaran diri sendiri yang nantinya akan diterapkan pada lingkungan yang lebih luas.

Melalui program Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM), kami Gelombang 16  kelompok 87 memiliki program kerja yang akan diterapkan pada salah satu rumah belajar yang berada di daerah Sukun. Tempat yang kami tuju yaitu Rumah Belajar Kakek Aboe, dimana tempat tersebut menjadi salah satu prasarana bagi anak-anak yang kurang mampu untuk mengemban ilmu dan juga penanaman moral. Kami ingin mewujudkan kualitas edukasi melalui beberapa program kerja pada anak-anak yang kurang memiliki kualitas pendidikan yang baik secara moral maupun karakter.

Program yang kami lakukan berupa pembelajaran di rumah belajar Kakek Aboe yang pertama adalah memperingati hari guru. Adanya keterikatan antara guru dan anak-anak akan menumbuhkan rasa ketertarikan untuk belajar. Kegiatan yang dilakukan di Rumah Belajar Kakek Aboe ini yaitu mengedukasi akan pentingnya guru dalam pembelajaran, dampak yang guru berikan pada siswanya, dan hal apa saja yang bisa didapatkan dari guru. Tidak hanya itu, untuk memperingati hari guru ini kami mengadakan beberapa lomba untuk membuat anak-anak lebih bersemangat, lomba tersebut terdiri dari lomba cerdas cermat dan lomba makan kerupuk.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Program kami berikutnya yakni penanaman character building kepada anak-anak di Rumah Belajar Kakek Aboe, dimana kami menanamkan sikap-sikap yang nantinya akan membantu anak-anak dalam perkembangan mereka sehingga ketika berada didunia luas mereka tetap dalam kendali diri mereka sendiri.  Selama kami melakukan pembelajaran sebagian besar anak-anak memiliki tingkat percaya diri yang tinggi namun mereka belum dapat mengontrol sikap kepada orang lain seperti rasa hormat kepada yang lebih tua, sehingga disini kami memberikan arahan dan bimbingan kepada anak-anak dimulai dengan anak diajarkan menjadi pemimpin, dimulai dengan memimpin doa didepan teman-temannya.

Program ketiga kami yakni budaya literasi, dalam program ini kami melakukan literasi membaca buku dan juga membaca huruf hijaiyah, rata-rata anak di Rumah Belajar Kakek Aboe baru belajar membaca Qur’an sehingga kita memberikan pembelajaran pengenalan huruf-huruf hijaiyah, menulis Arab dan membaca tulisan Arab selain itu di Rumah Belajar Kakek Aboe disediakan berbagai macam buku untuk dibaca sehingga anak-anak kami arahkan untuk membaca dengan baik dan benar sesuai tanda bacanya sebanyak minimal dua halaman.

Program kami yang terakhir yakni memberikan edukasi terkait pentingnya vaksinasi dan memakai masker. Selain itu kami juga membagikan masker dan Vitamin C kepada masyarakat disekitar Rumah Belajar Kakek Aboe. Anak-anak juga ikut membantu dalam membagikan masker kepada masyarakat mereka sangat senang ketika berbagi dengan masyarakat sekitar hal inipun dapat menanamkan sifat berbagi pada diri mereka.

Pelaksanaan kegiatan pengedukasian disana menjadikan anak-anak sekitar Rumah Belajar Kakek Aboe menjadi lebih baik dan memiliki peningkatan dalam segi intelektual, etika dan karakter. Mereka juga sudah menerapkan ilmu-ilmu yang telah kami berikan dan diimplementasikan secara bertahap dimulai dari keluarganya. Mereka juga sangat senang bila kami berada disana untuk memberikan edukasi dan permainan bagi mereka karena persepsi mereka tentang belajar itu menarik. Harapannya dari kegiatan pengabdian masyarakat oleh mahasiswa yang kelompok kami lakukan dapat menjadi acuan atau contoh bagi masyarakat yang ingin mengembangkan dan mewujudkan quality education untuk Bangsa Indonesia lebih baik di masa depan.

Ikuti tulisan menarik Danny Shevarivo lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Taman Pecinta

Oleh: Wahyu Kurniawan

Senin, 29 April 2024 12:26 WIB

Terkini

Terpopuler

Taman Pecinta

Oleh: Wahyu Kurniawan

Senin, 29 April 2024 12:26 WIB