x

Iklan

Siti Maemunah

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 25 Desember 2021

Sabtu, 25 Desember 2021 14:06 WIB

Healing Menjadi Salah Satu Cara untuk Menghilangkan Stres


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Stress bisa menimbulkan bahaya kepada seseorang ketika mereka tidak bisa mengontrolnya. Manusia didalam kehidupannya pasti tidak jauh dari kata sibuk, kegiatan yang dilakukan tentunya ada aja yang membuatnya stress. Mulai dari pekerjaan yang tidak selesai-selesai, kena omelan atasan, tugas yang semakin menumpuk, diputusin pacar dan lain sebagainya.

Stres juga bisa ditimbulkan kejenuhan memainkan sebuah media. Stres yang ditimbulkan dari media ini dapat berupa seperti seseorang mempunyai konflik di dalam media dan mempunyai rasa kesal maupun stres yang diakibatkannya maka dari itu seseorang tersebut dapat melakukan proses healing.

Healing adalah suatu proses untuk menyembuhkan luka batin ataupun mental yang diakibatkan dari berbagai hal. Proses healing harus dilakukan sesuai niat kita untuk berproses menyembuhkan luka. Healing untuk stres yang ditimbulkan dari non media, diantaranya nongkrong di cafe, angkringan dan lain sebagainya. Cara itu tanpa disadari juga termasuk proses healing karena pikiran hanya akan memikirkan hal yang membuat kita senang.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Selain nongkrong kita juga bisa melakukan Hangout atau me time (menghabiskan waktu sendiri). Proses healing dilakukan sesuai dengan keinginan kita masing-masing tanpa adanya paksaan dari seseorang. Dengan proses ini kita dapat meminimalisirkan pikiran jenuh kita, karena dengan kita keluar dari ruang lingkup yang membuat jenuh maka pikiran kita akan lebih fresh. Pikiran dan mata kita juga butuh ketenangan dan kesegaran agar stres yang ditimbulkan bisa terkontrol. Stres yang diakibatkan dari sebuah media juga dapat dilakukan proses healing seperti  mengurangi penggunaan media atau membatasi penggunaan sebuah media yang menimbulkan stres atau kejenuhan, dengan cara ini kita dapat membuka pikiran kita dan dapat menyembuhkan luka yang ditimbulkannya tersebut. Dengan cara ini juga akan sangat membantu sekali karena dengan kita tidak membuka sebuah media artinya kita tidak menambah sebuah konflik dalam kehidupan kita, yang disebut konflik dalam media ini adalah ketika seseorang mempunyai sebuah konflik dengan seseorang di media seperti konflik dengan teman media sosial atau komentar-komentar negatif dari postingan yang dibuat dan lain sebagainya. Dengan kita vakum dari media tersebut maka kita akan berpikir jernih dari permasalahan-permasalahan yang ditimbulkan dan akan tahu perbedaan rasa dari penggunaan media setiap hari dengan tidak menggunakan media.

Ketika melakukan proses Healing pikiran dan batin harus bisa dikondisikan atau tidak sedang dalam pikiran yang kurang tenang karena akan menimbulkan suasana yang tidak seharusnya terjadi atau bisa disebut badmood. Kemudian ketika pikiran dan batin sedang bergelut maka luapkanlah semua itu dan selesaikanlah dengan diri kita sendiri, ini biasa terjadi kepada seseorang yang merasakan kesedihan, kekecewaan, kepenatan, dan mental sudah merasa tidak berdaya.

Tetaplah tenang karena itu kunci dari kedamaian, kedamaian diri sendiri dan juga orang lain. Jangan terlalu menyesali apa yang sudah terjadi, yang lalu biarlah berlalu dan jangan terlalu luput dalam kesedihan. Healing lah ketika merasa penat hilangkan semua pikiran yang membuat kita tidak tenang walaupun sesaat karena itu sangat penting untuk kesehatan mental kita.

Ikuti tulisan menarik Siti Maemunah lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terkini