x

keluarga bahagia

Iklan

Sahran

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 9 Desember 2021

Senin, 27 Desember 2021 08:49 WIB

Rumah Impian

Setiap orang menginginkan bahkan walaupun sekedar menghayal memiliki tempat tinggal yang baik dan layak, sebuah tempat tinggal yang memberikan rasa aman dan nyaman.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

RUMAH TERBAIK

 

Setiap orang menginginkan bahkan walaupun sekedar menghayal memiliki tempat tinggal yang baik dan layak, sebuah tempat tinggal yang memberikan rasa aman dan nyaman. Demi memenuhi keinginan ini berbagai macam cara dilakukan manusia, tidak cukup dengan cara baik ternyata banyak juga yang manggunakan cara salah, semua itu hanya demi satu tujuan yang bernama kepuasan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Bangunan tempat tinggal tersederhana hingga termegah berdiri dengan bahan dan desain mengikuti selera pemilik masing-masing. Pemilik  harta berlomba-lomba membangun tempat tinggal yang megah dengan desain dan berbagai fasilitas wah yang terkadang membuat iri sebagian tetangga. Di sisi lain mereka yang kurang dalam hal materi hanya mampu membangun tempat tinggal ala kadarnya, yah sekedar memayungi badan dari terik dan hujan, sebuah bangunan yang secara manusia sudah tidak pantas untuk dihuni. Tapi itulah yang terjadi, setiap kita seakan sibuk dengan pemenuhan kepuasan masing-masing.

Setelah memiliki rumah, hal pertama yang kita lakukan adalah memasukkan atau mungkin memindahkan barang-barang yang akan digunakan di rumah baru tersebut. Yah seperti itulah jika kita memiliki rumah baru. Tapi sadar atau tidak rumah sederhana bahkan megah termegah dengan segala fasilias terwah sekalipun adalah rumah sementara dan akan kita tinggalkan mau atau tidak mau.

Karena bangunan rumah kita bersifat sementara tentunya kita menginginkan rumah/tempat tinggal yang layak, aman, penuh kenikmatan, dan tentunya kekal. Lalu bagaimana membuatnya? Sadar atau tidak perjalanan hidup kita sebenarnya sedang membangun rumah yang jauh di taman akhirat. Terbangunnya rumah yang baik dan nyaman sepenuhnya tergantung pada diri kita masing-masing. Semakin baik bahan-bahan yang kita kirim akan semakin baik pula bangunan kita kelak di akhirat sana (surga nih), namun sebaliknya jika kiriman bahan bangunan kita ala kadarnya bahkan mengirimkan bahan bangunan yang kurang baik atau jelek maka pastikanlah bangunan rumah kita di akhirat pun akan memberikan rasa tidak aman dan nyaman (kayaknya golongan seperti ini neraka).

Sekali lagi, bangunan kita akan menjadi hunian aman dan nyaman atau tidak sangat tergantung dari bahan-bahan yang kita kirim. Jika menginginkan rumah baik aman dan nyaman maka kirimlah amalan-amalan kebajikan keakhirat. Apa amalan-amalan kebajikan itu??? Islam sangat detail menjelaskan bagaimana seorang muslim berperan dalam kehidupan yang sementara ini. Islam mengajarkan perkuatlah hubunganmu dengan sang pencipta, perbaikilah akhlakmu, perindahlah sosialmu dan teruslah belajar.

Memperkuat hubungan dengan sang pencipta adalah tauhid . Seseorang yang hatinya dihiasi dengan keimanan dalam tindakannya selalu didorong semata-mata karena mencari keridhoaan dan kecintaan sang penciptanya, dalam bertindak perilaku seperti ini akan selalu waspada dari perilaku-perilaku berlebihan yang terkadang membuatnya lupa sama pencipta sesungguhnya. Segala aktifitasnya akan terkontrol karena nyakin bahwa segala sesuatu yang dilakukannya tidak pernah lepas dari penglihatan Allah. kegiatan apapun yang dilakukan kan selalu diniatkan untuk beribadah kepada Allah swt. Jika ini yang terjadi selamat anda sudah mengirim bahan bangunan terbaik ke akhirat.

Rasulullah Muhammad SAW di utus salah satu misinya adalah memperbaiki akhlak ummat manusia. Dalam masalah akhlak Rasulullah saw banyak memberika pelajaran kepada ummatnya baik melalui ucapan maupun tingkah laku beliau. Dalam berbicara misalnya Islam mengajarkan berkatalah yang baik, berkatalah yang mulia, jangan berkata-kata yang tidak baik dan tidak penting/tidak memberi manfaat, begitu pula dalam hal bersosial Islam mengajarkan sebarkan keselamatan, utamakanlah memberi dan jangan meminta dengan memberi Islam mengajarkan pemeluknya untuk memiliki kepekaan terhadap sesama manusia. Perbanyaklah shodoqah, shodaqah adalah salah satu cara terbaik menumbuhkan kepekaan sosial diantara sesama. Dengan shodaqah akan tumbuh rasa saling persaudaraan dan kepekaan untuk tolong menolong. aktifitas sosial sedemikian rupa ini jika dilakukan dengan ahsan dan niatan tuk beribadah kepada Allah nyakinlah bahan bangunan terbaik kedua sudah anda kirim ke akhirat

Teruslah belajar, Islam dengan kemuliyaannya telah memberikan pencerahan luar biasa bagi kelangsungan kehidupan saat ini. Kemajuan-kemajuan yang kita rasakan adalah hasil kajian-kajian keilmuan Islam di masa keemasan Islam yang diadopsi dan dikembangkan oleh saudara-saudara kita non muslim di Barat  (ya Allah berikanlah hidayahMu kepada mereka). Islam dengan konsep iqro’ dan ayat-ayat yang merangsang nalar tuk menciptakan pengetahuan yang banyak tersebar dalam al-Qur’an telah menggugah pikiran-pikiran ilmuan saat ini. Namun sayang konsep yang diajarkan Islam ini lebih diminati peneliti-peneliti non Islam dibandingkan kita ummat Islam itu sendiri. Semoga ini menggugah kita dan kembali membuka peta kehidupan kita (al-Qur’an) untuk kemudian kita jadikan rujukan dalam membangun dunia dengan sains dan spiritual.  

Allah swt merangsang manusia tuk memikirkan ciptaanNya sebenarnya adalah perintah bagi ummat manusia khususnya ummat Islam tuk terus belajar dan mencari. Dengan terus belajar akan terungkaplah berbagai macam rahasia yang esensinya akan semakin mendekatkan kita pada kekuatan keimanan bahwa hanya Allah lah yang benar-benar pencipta yang pantas di sembah. La ilaha illallah… dengan terungkapnya berbagai rahasia di dunia ini semakin mudah pulalah kita dalam menjalani kehidupan. Berbagai fasilitas yang diberikan pengetahuan semakin memudahkan kita dalam menjalani kehidupan. kemudahan sedemikian rupa jika kita gunakan untuk beribadah dan mendekatkan diri kepada Allah. nyakinlah anda mengirim bahan bengunan terbaik ke akhirat. 

Ikuti tulisan menarik Sahran lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB

Terkini

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB