Donasi Buku ke Taman Bacaan, Inilah 5 Manfaat yang Akan Kamu Peroleh - Humaniora - www.indonesiana.id
x

Syarifudin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 April 2019

Sabtu, 8 Januari 2022 06:38 WIB

  • Humaniora
  • Topik Utama
  • Donasi Buku ke Taman Bacaan, Inilah 5 Manfaat yang Akan Kamu Peroleh

    Sedekah itu tidak harus uang atau harta. Tapi buku bacaan pun oke. Inilah 5 manfaat donasi buku ke taman bacaan yang wajib kamu ketahui. Rasakanlah!

    Dibaca : 438 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Hidup itu bukan tentang bagaimana mencari dan menikmati, melainkan juga berbagi. Begitu nasihat orang tua dulu. Terkadang kita sering lupa. Akan kewajiban untuk berbagi kepada sesama. Berbagi apapun, termasuk buku-buku bacaan yang didonasikan.

     

    Berbagi atau sedekah pun tidak melulu soal uang atau harta. Berbagi tawa dan canda, waktu, tenaga, dan pikiran pun sedekah. Donasi buku ke taman bacaan pun boleh. Hal-hal kecil dan sederhana yang bisa diberikan kepada orang lain. Asal bermanfaat dan menjadi amal perbuatan yang baik. Dan sepanjang sejarah peradaban, tidak satu pun orang yang menyesal bila mampu berbagi atau bersedekah. Justru akan merasakan kebahagiaan dan kepuasan batin tersendiri saat bisa berbagi.

     

    Berbagi bukan hanya aktivitas mulia sebagai bukti kepedulian. Tapi memberi energi positif kepada diri sendiri dan orang lain. Karena sebagai maklhuk sosial, siapapun ditakdirkan untuk saling tolong-menolong. Saling peduli satu sama lainnya. Sekaligus menjad bentuk terbaik mensyukuri apa yang telah diperoleh.

     

    Berbagi di taman bacaan, sama dengan donasi buku. Menyedekahkan buku-buku yan sudah tidak lagi dibaca tapi bisa dimanfaatkan untuk dbaca orang lain. Karena buku lama sejatinya adalah buku baru bagi siapapun yang belum membacanya. Maka siapapun, sangat pantas untuk mengecek buku-buku di rumah atau bersama komunitas berkampanye untuk donasi buku. Untuk disedekahkan ke taman bacaan, di mana pun. Sebagai bukti kepedulian terhadap peningkatan tradisi baca dan budaya literasi  masyarakat yang kini kian langka. Akibat maraknya gempuran era digital atau tayangan televisi.

     

    Donasi buku bukan hal asing bagi siapapun. Tapi donasi buku ke taman bacaan butuh aksi nyata. Sebagai cara meningkatkan kepedulian, di samping merealisasikan perbuatan baik. Sekalipun hanya donasi buku. Setidaknya, ada 5 manfaat donasi buku ke taman bacaan:

    1. Menambah anugerah dan rezeki dari Allah SWT.

    2. Menyembuhkan berbagai penyakit hati atau medis.

    3. Meningkatkan jiwa sosial kepada sesama.

    4. Membahagiakan orang lain melalui bacaan.

    5. Mengundang keberkahan hidup dan kepuasan batin.

     

    Donasi buku itulah yang dialami Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Lentera Pustaka di kaki Gunung Salak Bogor. Hampir setiap minggu, taman bacaan yang dikenal kreatif ini selalu mendapat kiriman donasi buku. Di awal tahun 2022 ini saja, sudah ada 3 dus donasi buku dari para donator. Tentu bukan buku baru tapi buku-buku yang layak dibaca untuk anak-anak taman bacaan. Karena dengan tambahan buku-buku bacaan, maka sekitar 150 anak pembaca aktif di TBM Lentera Pustaka jadi lebih bersemangat datang ke taman bacaan dan lebih leluasa memilih judul buku yang akan dibacanya. Donasi buku adalah berkah taman bacaan dan berkah pula bagi donaturnya.

     

    Menariknya, pada tahun 2021 lalu, TBM Lentera Pustaka menerima tidak kurang 77 donasi buku/barang. Atau rata-rata ada 6,4 donasi yang diterima dalam sebulan. Totalnya mencapai 4.331 buku bacaan atau mencapai 360 buku per bulan yang diterima. Bila divaluasi, nilainya setara Rp. 41.879.000,-. Selain itu, TBM Lentera Pustaka pun berdonasi pula ke 5 TBM lain di Indonesia, dengan jumlah 380 buku. Dengan tambahan donasi buku itu, kini TBM Lentera Pustaka memiliki koleksi buku lebih dari 10.000 buku bacaan. Itulah berkah di taman bacaan.

     

    Donasi buku ke taman bacaan, tentu sama dengan sedekah, Sebuah amal perbuatan yang penting demi tegaknya tradisi baca anak-anak dan budaya literasi masyarakat. Maka bersegeralah donasi buku. Cari dan temukan taman bacaan di dekat kita. Tebarkan terus kebaikan kepada sesama walau hanya donasi buku. Selagi bisa, selagi mampu.

     

    Untuk apa ber-ilmu tinggi tanpa diamalkan. Untuk apa pula ber-harta banyak tanpa disedekahkan. Dan untuk apa punya buku-buku di rumah tanpa didonasikan? Bila tidak mampu mendirikan taman bacaan, maka cukup berdonasi buku ke taman bacaan.

     

    Donasi buku, tentu jadi amal yang tidak akan putus hingga mati. Karena buku-buku itu dbaca oleh orang lain. Jangan takut berdonasi buku. Karena donasi buku akan mengundang seribu kebaikan kepada yang menyedekahkannya.  Salam literasi #TamanBacaan #PegiatLiterasi #TBMLenteraPustaka



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.